Mengenal Kode Pada Kemasan Plastik

Hari gini, kemasan plastik rasanya memang tidak bisa lepas dari kehidupan kita sehari-hari, ya, Mommies. Mulai dari botol susu, botol air mineral, wadah menyimpan bumbu dapur, kotak makan anak, … wuih, mungkin ada puluhan kemasan plastik bertengger di rumah. Apalagi jika kita adalah tipe resik nan terorganisir, yang semua barang harus berada di wadah khusus sesuai jenisnya :D

Penggunaan kemasan plastik pada produk rumah tangga memang berkembang luar biasa. Mungkin karena sifatnya yang ringan dan tidak mudah pecah. Di sisi lain, kita pun mesti bijak menggunakannya, apalagi jika diperuntukkan untuk makanan/minuman. Pasti sudah sering dengar, kan, bahwa tidak semua kemasan plastik itu aman untuk makanan/minuman?

Jujur, meski sudah berulangkali baca tentang pentingnya mengecek kode pada kemasan plastik, saya suka malas lupa. Saya malah lebih fokus pada modelnya yang lucu atau harganya yang murah. Padahal, kode inilah yang menentukan tingkat keamanan sang kemasan plastik bila bersentuhan dengan makanan/minuman.

Btw, kode ini dikeluarkan oleh The Society of Plastic Industry pada tahun 1988, dan sejak itu digunakan secara internasional. Setiap kemasan plastik seharusnya, sih, memiliki kode ini yang biasanya terletak di bagian bawah. Kode berupa gambar segitiga daur ulang dengan angka (dari 1 sampai 7) di tengahnya, plus akronim dari bahan yang digunakan tepat di bawah segitiga.

Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat di tabel dari www.PlasticFreeBottles.com berikut ini:

Gambar diambil dari sini

Seperti yang tertulis di tabel tersebut, sebisa mungkin minimalkan penggunaan kemasan plastik kode 1, 3, 6, dan 7 untuk menyimpan makanan/minuman. Soalnya, jika kemasan plastik dengan kode tersebut bersentuhan dengan makanan/minuman panas, akan ada lapisan/kandungannya yang meleleh dan masuk ke dalam makanan/minuman. Dalam jangka panjang, tentu tidak baik bagi kesehatan, ya.

Dari berbagai sumber yang saya baca, paling aman itu adalah yang berkode 5. Selain daya tembus uap rendah dan memiliki ketahanan baik terhadap lemak, juga paling stabil terhadap suhu tinggi. Karenanya, kemasan plastik kode 5 paling direkomendasikan untuk tempat menyimpan makanan/minuman, dan yang terpenting untuk botol susu bayi.

Kalau tidak mau repot membaca kode, saran saya, sih, langsung beli saja merek ternama macam Tupperware atau Lock&Lock. Saya punya beberapa produk dengan dua merek tersebut, semua kemasan plastiknya memiliki kode 5. Amanlah, ya… *sumpah bukan marketing-nya*

*thumbnail dari sini


16 Comments - Write a Comment

  1. TSF mbak Amel :D, sekedar nambahin kalo ngga salah ada kampanye ya kalo untuk botol plastik dengan kode no. 1, yg notabene cuma buat single use, kayak botol air mineral, kalo sudah habis disarankan untuk lgs di remuk2in (duuhhh apa ya bahasa nya :p) biar ngga dipake ulang, suka ada oknum yg nakal ngumpulin dari pemulung, trus dicuci bersih dan dipakai ulang :(

Post Comment