banner-detik
SCHOOL REVIEW

Memilih Sekolah Yang Realistis

author

sanetya09 Jul 2012

Memilih Sekolah Yang Realistis

Bisa dibilang saya dan suami cukup cuek soal sekolah awal Igo. Bukan tidak peduli, lho, tapi kami memang tidak memikirkan sampai detail di mana Igo akan bersekolah TK. Lalu bagaimana kami tahu dana yang harus disiapkan kalau tidak tahu Igo akan dimasukkan kemana? Kami kira-kira saja, kemampuan kami adalah sekolah dengan dana sekian, jadi investasi kami difokuskan untuk pendidikan TK yang harganya masuk. Tidak sesuai dengan ajaran banyak perencana keuangan, tapi kemampuan kamilah yang berbicara. Harus realistis.

Tanpa terasa (klise banget tapi benar adanya) datang juga waktu bagi kami untuk mendaftarkan Igo masuk Kelompok Bermain. Awalnya suami mengusulkan supaya kami langsung memasukkan Igo ke Kelas A alias skip Kelompok Bermain, yang artinya Igo baru akan masuk tahun depan. Kami pun berdiskusi sambil memerhatikan kesiapan Igo. Dan akhirnya, setelah beberapa waktu observasi, kami menyimpulkan Igo sudah siap. Yay! PR selanjutnya adalah menjajaki beberapa pilihan sekolah. Kami ingin sekolah Igo letaknya tidak terlalu jauh dari tempat tinggal kami. Sederhana saja, supaya Igo tidak capek di jalan. Beruntung di dalam komplek perumahan kami ada area sekolah: TK, SD, dan SMP. Jaraknya hanya 1 km dari rumah. Melipirlah kami ke sana. Kebetulan sepupu saya yang paling kecil juga sekolah TK di sana jadi saya juga bisa mendapat informasi tambahan dari tante saya. Menurut beliau, untuk yang beraliran “konservatif” dan “cetakan lama”, TK tersebut cukup oke.

gambar dari sini

Waktu ke sana untuk survei, kami bertemu dengan Ibu Kepala Sekolah, yang ramah dan langsung mengajukan pertanyaan cukup #jleb, “Apa yang membuat Bapak dan Ibu yakin anaknya sudah siap?” Setelah kami jelaskan, beliau melanjutkan, “Bukan apa-apa, soalnya sekarang, tuh, banyak orangtua yang menyekolahkan anaknya demi gengsi. Supaya tidak ketinggalan zaman, padahal anaknya belum tentu siap.” JRENG! Anyway, salah satu yang agak bikin sedikit parno adalah cerita dari teman-teman di kantor, yang lebih dulu menyekolahkan anaknya, di mana kebijakan tiap sekolah soal dana pendidikan itu berbeda-beda. Ada yang uang pangkalnya besar tapi mencakup beragam aktivitas sepanjang tahun ajaran, ada juga yang “nodong” di tengah tahun (biasanya membuat para ibu ketar-ketir, nih, hihi). Nah, untungnya TK pilihan kami ini sudah menjelaskan dari awal kalau jumlah sekian yang kami bayarkan di awal sudah termasuk beberapa kegiatan yang dijadwalkan dalam tahun ajaran berjalan. *lap keringat*

Saya akan coba share beberapa poin yang sebaiknya jadi pertimbangan orangtua saat memilih sekolah TK untuk anak:

-Lihat kemampuan dan minat anak. Kembali ke pertanyaan kepala sekolah TK Igo, apakah anak sudah siap sekolah? Kalau sudah, di Kelompok Bermain atau langsung masuk TK A?

-Lokasi sekolah. Ini, sih, “selera”, ya. Ada yang tidak masalah sekolah sedikit jauh dan kebetulan transportasi bukan kendala, tapi ada juga yang maunya dekat dengan alasan supaya antar-jemputnya gampang.

-Sesuai anggaran. Orangtua mana yang nggak mau anaknya sekolah di sekolah yang bagus? Tapi tetap harus realistis, sesuaikan dengan kemampuan. Tidak semua sekolah mahal itu bagus juga, lho, Mommies. Dan juga tidak perlu juga memikirkan gengsi, lebih penting mana ... masuk ke sekolah di luar kemampuan tapi menaikkan gengsi lantas kebingungan di tengah jalan karena susah bayar atau masuk ke sekolah yang sesuai kemampuan tapi pendidikan anak terjamin sampai akhir masanya?

-Komunikasi sekolah-orangtua. Penting juga, nih. Apalagi untuk ibu yang bekerja kantoran seperti saya, saya perlu sekolah yang memudahkan saya memantau perkembangan Igo.

Kalau Mommies lain gimana? Apa saja yang jadi pertimbangan Mommies dalam memilih sekolah anak? 

 

Share Article

author

sanetya

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan