Belajar Mendongeng Bersama ‘Juki & Friends’

Rasanya, manfaat mendongeng untuk anak sudah nggak perlu dijabarkan lagi, ya—pastinya buanyaaak. Sayangnya, nggak semua orangtua ditakdirkan memiliki kemampuan mendongeng yang ciamik—termasuk saya, hohoho. Tapi jika kita mau, kemampuan mendongeng tentu bisa diasah. Belajarnya di mana? Nah, ini yang sering susah dijawab.

Secara kebetulan, beberapa hari lalu Tuhan mempertemukan saya dengan Mbak Salma Indria Rahman (benar-benar kebetulan, karena kami berkenalan di warung bakso di sebuah gang sempit kawasan padat penduduk di Jakarta… absurd banget, deh, tempatnya). Berawal dari basa-basi ngobrolin anak, belakangan saya tahu bahwa Mbak Salma adalah pendiri RumahPohon Activity.

Mungkin banyak yang belum familiar dengan RumahPohon Activity, ya? Saya pun baru tahu pas Mbak Salma cerita. Maaf, ya, mbak’e *sungkem*

Singkatnya, RumahPohon Activity dibentuk Mbak Salma tahun 2009. Awalnya, kegiatan RumahPohon Activity hanya sebatas membacakan dongeng untuk anak-anak di sekitar tempat tinggal Mbak Salma. Saat itu, Mbak Salma melihat tradisi mendongeng sudah makin jarang dilakukan. Padahal, selain penanaman budi pekerti, dongeng juga bisa membentuk karakter anak untuk menciptakan generasi berkualitas.

Saat mendongeng, Mbak Salma menggunakan media boneka jari ‘Juki & Friends’ yang diciptakannya sendiri. Masing-masing boneka memiliki karakter. Ada Juki si jerapah periang, ada Baya si buaya setia kawan, ada Risa si rusa ramah, ada Unyu si penyu penyabar, Rimo si harimau pemberani, dan lainnya. Nama-namanya sangat mudah diingat dan tentunya memiliki karakter positif—nggak seperti penggambaran tokoh di cerita Bang Maman dari Kali Pasir di sebuah buku pelajaran anak sekolah dasar yang beberapa hari lalu ramai dibicarakan itu -__-

Dari yang awalnya Mbak Salma sendirian, sekarang sudah banyak sukarelawan jaringan klub dongeng ‘Juki & Friends’ di berbagai kota. Selain di Jakarta, ada juga di Padang, Aceh, dan Medan.

Nah, bagi Mommies yang tertarik belajar mendongeng dan berkreasi membuat boneka jari, kebetulan Sabtu, 21 April 2012, RumahPohon Activity menggelar acara Piknik Sambil Beramal di Taman Kota.

Berlokasi di Taman Suropati (Menteng, Jakarta Pusat), pukul 10.00-13.00, siapa saja—pria, wanita, tua, muda—boleh ikutan. Syaratnya pun mudah, cukup mendaftar di sini dan membayar Rp 15.000 (untuk mengganti biaya bahan pembuatan boneka jari).

FYI, karena ide awal RumahPohon Activity memang untuk sosial, uang yang terkumpul pun nantinya akan diberikan ke kawasan bencana, terpencil, maupun permukiman marjinal di tanah air. Sumbangan diberikan lewat berbagai bentuk, mulai dari pembagian boneka jari, klub dongeng, hingga pendampingan pembuatan handycraft.

Wah, mulia sekali, ya, misi Mbak Salma dengan para sukarelawan RumahPohon Activity. Yuk, rame-rame kita belajar mendongeng dan datang ke Piknik Sambil Beramal di Taman Kota—jangan lupa ajak si kecil dan bawa bekal sendiri, ya, Mommies!


3 Comments - Write a Comment

Post Comment