Kena Rubella Saat Hamil

Dear dr. Indra,

Saya sedang hamil 11 minggu, seminggu yang lalu (usia kehamilan 10 minggu) saya terkena rubela (bercak-bercak merah sekujur tubuh) setelah bercak hilang, saya langsung cek darah dan hasilnya IgG post 63, IgM post 8.

Saya sudah ke dokter kandungan di kota saya (Jember, Jawa Timur) dan dokter menyarankan tidak meneruskan kehamilan, mumpung masih kecil.

*gambar dari sini

Saya cenderung mempertahankan, tapi disini tidak ada yang bisa memberikan terapi. Saya butuh info tentang terapi rubela tersebut, bisa saya dapatkan dimana? Kalau bisa Jakarta/ Jogjakarta, karena kalau ada saya berpikir untuk pindah ke dua kota tersebut.

Terimakasih,

Henny

Hai Henny,

Memang Rubella adalah infeksi yang paling berbahaya untuk kehamilan terutama pada fase organogenesis (trimester 1). Dari kepustakaan dilaporkan hampir 90% bayi dengan infeksi Rubella akut bisa mendapatkan gangguan dikemudian hari. Contohnya kelainan jantung, Pendengaran terganggu, kebutaan dll.

Tapi apabila ibu tetap ingin meneruskan kehamilannya, itu pun menjadi hak penuh pasien. Untuk terapinya biasanya dapat diberikan anti viral selama 2 minggu. Selang 2 minggu diulang untuk 3x, sambil memonitor titer IgM dari RubellA. Untuk obatnya sendiri ada di mana saja kok, termasuk di Jember.

Demikian penjelasan dari saya mudah-mudahanan Ibu puas.

Salam, dr. Indra

 


6 Comments - Write a Comment

  1. aku kemrn juga gitu, bayi ku kembar sepasang laki-laki dan perampuan. yang parahnya lagi aku ga cek darah sampe umur 7 bulan baru ketahuan bayi ku kena, dan udah keliatan ada cairan di otaknya sebanyak 2 ml, dan aku pertahan kan sampe akhirnya 8 bulan harus dikeluarkan karena sungsang juga, alhamdulillahnya yang kena hanya salah satu bayi ku, namun Allah sudah berkehendak lain, bayiku yang perempuan hanya berumur 8 jam. dan alhamdulillah Allah juga memberiku kebahagiaan lain, anakku yang laki-laki, sehat hingga sekarang sudah berumur 4 bulan.

Post Comment