Kids Can Cook Too

Suatu hari, saya dan Aira mengunjungi salah satu toko buku impor favorit kami. Saya berjanji padanya kalau kunjungan kali ini ia boleh membeli satu buku pilihan. Karena ternyata novel tidak ada yang menarik … Aira memilih jenis buku yang membuat saya kaget karena berbeda sekali dengan pilihan biasanya.  Ia memutuskan membeli buku masak, untuk tentunya. Buku yang dipilih, You Can Cook, disusun oleh Annabel Karmel.

Tadinya saya pikir buku ini akan menjadi salah satu buku masak yang pada akhirnya hanya akan berfungsi sebagai pajangan di rak alias tidak pernah dicoba resepnya. Hehe. Salah dugaan saya karena keesokan harinya Aira langsung semangat mencoba memasak dari buku barunya. Hanya masakan sederhana, sih, omelette & scramble eggs–masih dibantu tentunya–tapi si kakak bangga sekali dengan hasil masakannya. Tiga hari berikutnya pun kami disuguhi scramble eggs atau omelette terus untuk sarapan.

 

Setiap hari buku resep itu dibolak-balik oleh Aira,tak lupa ia membuat catatan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat masakan yang ingin ia coba. Setelah berbelanja bahan-bahan, kami pun mencoba resep yang lainnya, kali ini giliran muffins dan cupcakes. Saya sebenarnya agak “alergi” dengan urusan bikin kue, karena menurut saya membuat kue itu seperti kimia, kalau takaran atau urutan pengerjaannya salah, langsung bubar jalan, deh, tuh kue. Tapi ternyata resep muffin dan cupcake Annabel Karmel cukup mudah dan sederhana sehingga Aira bisa mudah membuatnya hanya dibantu saya, si bunda yang cemen dalam urusan masak terutama kue-kue.

Annabel Karmel memang sudah terkenal sebagai penulis buku masak-memasak untuk bayi dan anak-anak. Jadi selain mudah pembuatannya, rasa dari hasil masakannya pun enak, dan bisa dipastikan baik kandungan nutrisinya. Bahan-bahan yang tertera di dalam buku masak ini juga mudah dicari di Indonesia, tidak ada bahan yang terlalu aneh atau sulit.

 

Hal lain yang saya sukai, buku ini berisi banyak foto. Langkah-langkah pembuatan dijelaskan detail melalui tulisan dan foto. Memudahkan dan menarik. Dilengkapi juga dengan foto kitchen equipment, buah-buahan, sayuran, dan teknik memasak, semacam picture dictionary soal masak-memasak. Jadi selain bisa belajar memasak, buku ini juga memperkaya kosa-kata bahasa Inggris anak-anak. You Can Cook dibagi menjadi beberapa bagian: First Step, Light Bites, Main Meals, Sweet Treats, dan Techniques. Di bagian awal juga dilengkapi dengan penjelasan mengenai pola makan sehat, lho, moms.

 

Sepertinya buku ini akan berguna sekali untuk mengisi akhir minggu atau liburan dengan kegiatan memasak bersama anak :)

 


16 Comments - Write a Comment

Post Comment