Boleh Makan Es Krim atau Tidak, Sih?

Saat memperingati Hari Susu Sedunia kemarin, ada beberapa pertanyaan yang timbul di benak saya, antara lain apa yang harus dilakukan jika anak tidak suka susu. Bisa dibilang Langit tidak terlalu suka susu (menurun dari saya, ibunya). Untuk mengakali kondisi ini, saya sering memberikan Langit asupan makanan yang nutrisinya sama dengan susu seperti keju, yoghurt, atau es krim.

Es krim?

Ingat tidak, moms … zaman kita kecil dulu sering sekali diberitahu kalau tidak boleh terlalu banyak mengonsumsi es krim karena bisa mencetus pilek, batuk, dan karena jumlah kalorinya yang tinggi. Sebenarnya, pemberian es krim untuk anak tidak apa-apa, lho … tapi sebaiknya memang harus dipilah mana yang kandungannya sesuai untuk anak.

Sejak diajak ke bioskop untuk nonton film Paddle Pop beberapa bulan lalu, Langit tak hanya jadi fans berat tokoh dalam film tersebut tapi juga dengan es krimnya. Kalau ditanya mau es krim apa, dia dengan yakin menjawab, “Padel pop lenbow” alias Paddle Pop Rainbow Peak yaitu es krim susu rasa karamel.

Alasan awal saya memilih es krim Rainbow Peak ini adalah karena rasanya tidak terlalu manis seperti  es krim lainnya. Setelah mendapat informasi, saya baru tau bahwa semua es krim Paddle Pop sudah diformulasi khusus untuk anak-anak dengan kandungan kalori lebih kecil, yaitu kurang dari 110 kkal per stik.

Kebutuhan kalori anak usia 1-10 tahun adalah 100 kalori per kilogram berat badan anak. Sebagai contoh, anak usia 2 tahun dengan berat badan 10 kg, maka kalori yang dibutuhkan per harinya adalah 1000 kalori. Nah, dengan bekal pengetahuan ini, saya tak perlu was-was memberikan es krim Paddle Pop pada Langit karena kandungan kalorinya tidak besar.

Minggu lalu, Paddle Pop menambahkan lagi varian rasa yaitu Berry Choco Lava(es rasa cokelat dan stroberi ditambah dengan saus cokelat), Strawberry Spring (es krim susu paduan rasa karamel dan pisang yang di dalamnya ada saus stroberi), dan yang terakhir,  ini lucu deh, Friend and Foe (es krim susu rasa karamel dan cokelat dengan bentuk Paddle Pop Lion atau Shadow Master. Jadi,  sekarang  anak-anak bisa memilih … bukan hanya dua atau tiga tetapi delapan rasa superenak dari Paddle Pop! Tunggu apa lagi, mommiesgo grab them.

 


29 Comments - Write a Comment

  1. Kayaknya sedikit anak yang gak suka ice cream ya mam hehehe. Lha org dewasa aja suka. Kalau saya gak pernah ngelarang Dita makan ice cream krn ada kandungan susu (kalsium) didalmnya. Kalau lagi batuk pun kdg kalau minta saya kasih, tp dibatasin. Dan yang paling penting, Dita sudah ngerti kalau diperbolehkan makan ice cream, setelahnya harus gosok gigi. Soalnya Dita suka minta ice cream malem2 :D.

    1. nenglita

      Tos! Kalo gw batasin Langit hanya 1 es krim 1 hari, bkn apa2 sih cm krn es krim mengandung susu, ntar malah kekenyangan makan es krim nggak mau makan yg lain. Kalo batuk jg ga gw kasih dulu, takut manisnya itu mancing batuk lg :)

  2. emang benar makan es cream harus pilih2 jg jangan yg terlalu manis, begitu pula dengan susu, klo anakku sih doyan susu dan apa pun yg ada susunya termasuk es cream, jd yah alangkah baiknya di cek dl kandungannya ada zat gula tambahan ga

  3. betul banget…mencegah lebih baik dari mengobati…
    Udah biayanya lebih mahal..kasihan pula kan kalau meslihat anak sakit ^^
    jadi memang harus mengurangi yang manis2 nih.

  4. Mrs. Adi

    Ini promosi sufor ya??? Waduh ya bagus asi kmana – mana lah mbak2 yg diatas yg promosi sufor.. Konten yg di tulis di blog mommiesdaily itu kok ya jadi dikomenin sufor sih??

  5. Hihih,gue malah cenderung lbh cuek masalah es krim, kathleen&celine mah doyan bener sm magnum apalagi yg varian almond.slurp!
    Makan es krim ga setiap hari sih, kalau pun kebetulan ada stok wall’s atau campina yg 800ml di freezer,tetep dijatahin 2sdm sehari. Who can resist sweet? :D biar gigi anak2 ga knapa2, abis makan es krim langsung kasih air putih biar ‘nyuci’ giginya (ketahuan deh emaknya males ngajak sikat gigi haha)

  6. cuma numpang ngakak aja liat promosi sufor di komen atas. hahahaha

    Kalo Maliq (8 bulan) blom pernah dikasih es krim. walopun kata temen gw yang kerja di Nestle bilang boleh, tapi gw nya yang blom mau ngasih. mungkin nanti setelah 1 tahun. takut doyan, jadi ngurangin jatah ibunya lagi. hihihi

  7. Baby_ZK

    Anak gue Zahra (25 bulan) juga suka bgt es krim, mgkn keturunan emaknya :D gue jg menganggap es krim bisa sbg pengganti susu sih, sama hal nya dg yogurt, keju, dan dairy product lainnya. Tp baru tau nih kalo paddle pop kalorinya lebih sedikit. TFS ya!

    ikut nengapril, numpang ngakak sama komen2 promo sufor diatas. MDers disini udah pada tau kok mana “susu” yang terbaik, kalo mmg mau ngmgin sufor ke forum aja jeng.. IMO biar ga OOT

  8. hahaha pantesan kok rada aneh aja baca komen2 sebelumnya..

    btw, gw jg orgnya ga doyan susu, Laras jg bukan anak yg doyan2 amat ama susu, tp sehari minum 2 gelas sih. Kl eskrim dia doyan banget, ikut bapaknya deh. Tiap bapaknya beli eskrim pasti dia nodong jg. Jadi pgn nyobain paddle pop jg ah buat Laras, secara kl skrg2 msh ikut emak bapaknya makan apa ikut nimbrung

  9. anak gue yg gede(6th) ga terlalu demen es krim. waktu kecil pernah dibeliin es krim new zealand pas lg dimall, dia nunggu sampe meleleh br dia makan.
    adenya(2th) juga biasa aja sama es krim, pdhal gue hobby nyetok es krim dirumah. lumayan jdnya awet deh, hehehe :)

Post Comment