Serunya Jelajah Kota Tua

Tidak pernah ada kata terlambat atau terlalu cepat untuk mengajak anak ke museum. Minggu, 17 April lalu kami mengadakan acara Jelajah Kota Tua. Pesertanya sengaja dibatasi maksimal 20 keluarga, supaya lebih fokus mendengarkan penjelasan pemandu wisata dan lebih akrab satu sama lain.

Hari itu, kami berangkat mengggunakan bus bersama-sama, sepanjang jalan pemandu dari Komunitas Jelajah Budaya memberikan beragam info seru seputar kota Jakarta. Misalnya, saat kami melewati daerah Glodok, pemandu menceritakan asal kata Glodok. Begitupun ketika melewati Monumen Nasional, Patung Arjuna Wiwaha, dan lain sebagainya. Jadi selain bersenang-senang, anak-anak (dan orangtuanya) mendapatkan banyak pelajaran baru.

Tujuan pertama ketika sampai di kawasan Kota Tua adalah Museum Sejarah Jakarta atau dikenal dengan sebutan Museum Fatahillah. Setelah puas berkeliling melihat meriam sijagur, penjara bawah tanah, patung hermes (bukan merek ternama itu ya, hehehe) kami juga menyaksikan pertunjukan Mystery of Batavia. Ada beberapa anak  menangis di tengah pertunjukan, mungkin karena suasana gelap serta suara yang sedikit menggelegar. Tapi sisanya sangat menikmati.

Lalu kami menuju Museum Bank Mandiri untuk makan siang. Wah, di sini juga seru lho, moms! Ada mata uang pertama yang digunakan Indonesia, ada contoh buku besar bank yang ditulis tangan (ngebayangin jika harus menulis buku sebesar itu … rasanya sudah pegal) dan banyak diorama yang menggambarkan adegan transaksi perbankan.

Setelah puas, baru deh kami menuju halaman belakang yang ada playground-nya! Hore! Anak-anak sampai nggak mau pulang dari sana! Kalau pas berangkat kami mendapatkan banyak info, maka pulangnya di bus diadakan kuis berhadiah. Heboh dong pastinya! Hadiahnya juga macam-macam, ada buku dari buah hati books, kaus dari momsnmine, serta paket kecantikan untuk para mommies.

Ini ada beberapa tip jika mau mengajak anak ke kawasan Kota Tua:

  • Bawa topi dan pakaikan tabir surya
  • Jangan pernah melepaskan anak dari gandengan atau pandangan mata (untuk anak lebih besar), karena pada saat akhir minggu kawasan ini ramai sekali
  • Untuk makanan, lebih baik membawa konsumsi sendiri terutama jika bawa balita. Kemarin kami menyediakan macaroni schotel dari Bebitang yang sedap sekali untuk anak-anak serta camilan enak dari Otaru Cakes.
  • Membawa stroller agak merepotkan (karena kawasannya kurang stroller-friendly), lebih baik gunakan baby carrier
  • Buat mommies, pakai sepatu flats sangat disarankan. Karena jarak antara satu museum ke museum lainnya lumayan jauh kalau ditempuh dengan berjalan kaki. Dan pakai baju yang nyaman, untung kami kemarin memakai kaus yang dihadiahkan oleh teman-teman gravira. Nyaman baget.

Setelah acara, nggak lupa dong kita foto keluarga :D

Kesan yang didapat setelah acara ini, capek tapi nagih! Kita jadi berencana mau bikin family picnic lagi deh, enaknya kemana ya, moms?

 


18 Comments - Write a Comment

Post Comment