Imunisasi MMR & Autisme

by: - Tuesday, October 5th, 2010 at 8:45 am

In: Family Doctor Health Kids 46 responses

0 share

Dear dr Ian,

Saya ingin bertanya, apakah ada kaitannya antara imunisasi MMR dan autisme? Umur berapa anak boleh imunisasi MMR dan apakah imunisasi ini penting?

Thank you dok.

- Rina

Dear Mommy Rina,

Autisme adalah suatu gangguan perkembangan anak berupa gangguan interaksi sosial dan komunikasi (bukan semata-mata gangguan berbicara). Penyebab autisme sampai sekarang belum diketahui, namun diperkirakan terjadi ketika proses kehamilan.

Autisme sering dihubungkan dengan imunisasi, namun berdasarkan banyak penelitian hal ini tidak dapat dibuktikan.

Imunisasi MMR adalah imunisasi untuk mencegah mumps = gondongan, measle = campak, rubella = campak jerman. Imunisasi ini diberikan sejak anak berumur 12 bulan (jika anak belum pernah mendapatkan imunisasi campak) atau ketika berumur 15 bulan dengan booster pada usia 4-6 tahun.

Imunisasi MMR ini penting sekali, khususnya ketika usia prasekolah. Memang, imunisasi ini tidak mencegah 100% timbulnya penyakit tersebut. Akan tetapi, pemberian imunisasi dapat meringankan perjalanan penyakit, juga mencegah komplikasi yang ditimbulkan dari penyakit tersebut, antara lain radang otak (ensefalitis) dan radang paru (pneumonia). Jadi bisa dikatakan imunisasi ini penting, karena angka kejadian infeksi MMR masih cukup tinggi di Indonesia.

Tidak ada hubungan antara imunisasi apapapun termasuk MMR dengan autisme. Autisme bukan suatu kondisi mendadak, akan tetapi sudah ada sejak anak tersebut dilahirkan. Hanya saja untuk mendeteksi autisme sangat sulit pada bayi kecil atau anak dibawah 1 tahun. Setidaknya gangguan perkembangan ini baru mulai terdeteksi saat anak mulai dapat berbicara, berkomunikasi, ataupun berinteraksi sosial.

Mengingat tidak ada kaitannya antara imunisasi dan autisme, maka berikanlah imunisasi ini sesuai dengan jadwal seharusnya seperti yang sudah dijelaskan di atas meski anak belum bisa berbicara (terkadang menjadi alasan penundaan imunisasi MMR).

Semoga jawabannya membantu ya.

* Foto diambil dari health.state.mn.us

Share this story:

Recommended for you:

46 thoughts on “Imunisasi MMR & Autisme

  1. Pingback: teta medianna
  2. Pingback: Anatasia Ersam
  3. Pingback: Dian Sigit
  4. Pingback: citra wulansari
  5. Pingback: Shinantya Shanty
  6. Pingback: wihanti maharani
  7. Pingback: Indri Wulantrisna
  8. Pingback: putri valwina
  9. Pingback: Anastasia Lumiu
  10. Pingback: [firman fabio]
  11. Pingback: Iyonie Narita
  12. Pingback: Riska Nyutan
  13. Pingback: ustari anjani
  14. Pingback: Vinni
  15. ehhhhhh.. pas bener nih artikelnya… akhir bulan ini Rakata genap 15 bulan.. baru aja diingetin DSAnya biar nggak lupa imunisasi MMR… emangnya selama ini ada isyu kalo MMR bikin autis ya? kok gw malah baru denger ya…

  16. isunya kenceng kok mel, tapi gw siy waktu itu tetap melakukannya. setelah tanya2 sana sini dan sama si DSA-nya Langit, yg kebetulan agak nyantai orgnya, jd lumayan menenangkan.

  17. Pingback: lita iqtianti
  18. sip sip.. 3 bulan lagi sikat aja ini MMR.. kata DSA gw ini juga imunisasi yg biasa2 aja, ga seperti yang ditakutkan orang tua pada umumnya.. harus dah bisa bicara dulu, biar ga autis..

    tapi DSA gw bilang, ya kembali ke ibu aja.. insyaAllah Bismillah ambil pas tifa 15 bulan..

    thx for sharing :)

  19. Di buku imunisasi anak gue sih ditulis umur 18 bulan baru vaksin MMR. Jadi sampe sekarang Oliver (15 bulan) blom vaksin juga. Paling lambat umur berapa yah anak balita harus vaksin MMR?

  20. MMR di umur 15 bulan karena efektivitas vaksin campak 9 bulan mulai menurun *cmiiw*.

    Anak gw darrell 3y8m imun MMR simultan sama HIB, DTP, Polio (tetracHIB) di umur 15 bulan, alhamdulillah sampe sekarang ga ada masalah, bicara juga makin bawel. Gw mutusin MMR juga karena meminimalkan resiko terkenanya penyakit2 itu, meskipun gw tau ga bebas dari itu 100% kan *imho*

  21. Pingback: Mommies Daily
  22. Pingback: Dewi M. Putri
  23. Pingback: wihanti maharani
  24. Pingback: pandu gunawan
  25. Pingback: Female Circle
  26. Ada temen bilg katanya imunisasi selain Ɣªήğ pokok itu berbahaya , & mlh ada Ɣªήğ bs βυαƬ anak jd autis. Bnr ǥαƙ sih ? Mohon info-nya.. Mlh ktny ada mengandung “drugs”.. Mdh2an ǥαƙ bnr ya , stlh sy Ʈηўª dia tau dr mana , ktnya prnh ditayangkan investigasi nya di slh satu Tv swasta.

  27. Wah, aku termasuk mommy yang lagi bingung mau ambil MMR atau ga, DSA-nya my baby Daneen sih menyarankan ambil MMR di umurnya nanti 1,5thn (skr 13bln)tapi itupun katanya diliat lagi perkembangan anakku di bulan tersebut. mmmhhh,makanya sebelum waktu yang disarankan DSA-nya Daneen tiba,aku skr lg rajin2 tanya sana-sini n googling jg, ada perasaan ragu n panik, bismillah semoga apapun keputusan yg diambil nanti ga ada hal2 yg ga di inginkan, amin :)

  28. Pingback: Dewi M. Putri
  29. Pingback: Mommies Daily
  30. Pingback: Mommies Daily
  31. Pingback: Mommies Daily
  32. Pingback: erni adriyanti
  33. Hmm, saya jg masih bingung.. anakku br 12 bulan 8 hari.
    Ada yg saran tergantung apa mau di Imunisasi MMR ini ato ga?
    Indikasinya klo mo di beri Imunisasi MMR ini apa y?
    Efek setelah di vaksin, apakah demam atau bagaimana?
    Terjangkaukah, (maaf kabarnya sampe ratusan ribu)?
    Setau saya, Autis pd anak terjadi krn proses perkembangan kehamilan.

    Alhamdulillah, anak saya motorik & sensoriknya cukup, sudah bs bbrp kosakata, merespon aksi reaksi, berjalan di papah (blm brani lepas tangan)

  34. @fitri,
    1. saran gue tetep ambil. apalagi klo anaknya cowo. soalnya mumps (gondongan) klo sampe kena ke anak cowo efeknya fatal ke reproduksi dewasanya nanti.

    2. ngga ada indikasi apa2. berdasarkan jadwal aja, yg mana jadwal ini dibuat berdasarkan data kapan sebagian besar anak terkena penyakit2 ini.

    3. MMR bukan vaksin yg bikin demam, walo ga menutup kemungkinan anak akan sumeng. karena penerimaan anak beda2. anak gue sendiri 3 ngga ada yg panas setelah MMR.

    4. sayangnya iya, harganya memang mahal :( karena ngga termasuk yg disubsidi pemerintah.

  35. Moms… sedikit info, soal mmr dan autis pernah saya tanyakan dsa anak saya. MMR sering disangkutkan dgn autis krn pada saat pemberian vaksin di usia 15 mos, pada saat itu jg gejala autis juga terliaht, shg byk yg anaknya mengalami autis menyangkut pautkan mmr penyebab autisme.

  36. Kira2 kalau mau ambil vaksinasi MMR nanti pas 12-13 bulan, apakah perlu sekarang (10 bln) ambil vaksinasi campak? soalnya bukannya di dlm MMR itu sudah termasuk campak? persoalannya di buku vaksinasinya dicantumkan keduanya (campak pada 9 bln dan MMR pada 12 bln)…

  37. Pingback: Mommies Daily
  38. Pingback: Aku
  39. hello moms, anakku umur 20 bln mau di imunisasi MMR, kata DSA nya gpp diberi lebih cepat soalnya anakku sidah pintar bicaranya.. makanya jd agak bingung patokan diberikan MMR itu sebenernya apa..

  40. imunisasi mungkin ga ada kaitan langsung sama autisme, tapi ada anak autis yg aku tau penyebab autisnya karena vaksin imunisasi yg tidak sesuai standar yaitu vaksin yg udah dilarang di US karena kualitasnya jelek. gila jahat banget itu yg nyuntik n kliniknya,tapi penyebabnya diketahui setelah bertahun2 pas dna dibawa ke US jadi cuma bisa pasrah untuk membuat anaknya bisa hidup senormal mungkin. ada baiknya kalau mau imunisasi kita liat botol vaksin nya merk apa buatan mana dan expired kapan atau request mau vaksin merk apa buatan mana yg kualitasnya plg terjamin. mengingat penegakan hukum dan pengawasan yg lemah ada baiknya kita lebih parno. just to be save.

  41. Anakku kmrn diberikan imunisasi MMR.. usianya baru 1week to 12m… dianggap sudah pas 12 bulan… krn pada saat 9bulan terlewat imunisasi campaknya…kira2 kecepatan gak ya? efeknya apa kira2 jika mmg diberikan lebih cepat? lagi agak parno soalnya…

Leave a Reply