10 Tips Trekking Dengan Bayi!

Sudah baca cerita tentang bagaimana serunya saya memboyong anak ke alam bebas di sini?

Berikut tips dan trick yang sudah saya jalankan, siapa tau ada Mommies yang berniat untuk mengajak si kecil menghidup udara segar :)

  1. Hindari trekking di musim hujan—medannya akan lebih berat karena tanah yang becek dan licin. Tapi, tetap bawa payung dan jas hujan untuk berjaga-jaga.
  2. Jika trekking dilakukan di wilayah beriklim tropis, tanggalkan topi, kaos kaki, sepatu, dan jaket dari tubuh bayi. Cukup kenakan singlet dan celana pendek, agar bayi tidak rewel karena kegerahan.
  3. Jika ada jasa porter, manfaatkan jasanya untuk membawa ransel berisi makanan, tikar, dan perlengkapan lain, sehingga Anda bisa fokus menggendong bayi.
  4. Hindari menggendong bayi dengan tangan, karena bila Anda terpeleset bisa menyebabkan bayi terlepas dari gendongan. Paling aman, gendong bayi dengan baby carrier. Hindari juga baby sling, karena bobot bayi hanya bertumpu di satu pundak, sehingga Anda mudah pegal.
  5. Jangan lupa sering mengibaskan tangan di sekitar tubuh bayi, untuk mengusir nyamuk/serangga yang (mungkin) hinggap.
  6. Saat melewati pepohonan yang cukup rapat, pastikan tidak ada ranting yang mengenai bayi.
  7. Untuk MPASI bayi berusia 6 bulan ke atas, bawa bahan MPASI yang mudah disiapkan, misalnya pisang dan oatmeal. Jika perlu, bawa kompor gas kecil. Untuk bayi di atas 9 bulan, bisa dikasih roti atau lontong agar lebih praktis. Tidak ada salahnya juga membawa bubur instant. Percayalah, sedikit MSG tidak akan membunuh bayi anda, ha ha ha. Bawa air mineral botol yang banyak, bukan hanya untuk minum dan membuat bubur, tapi juga membersihkan perlengkapan makan atau jika bayi pup.
  8. Jangan bergabung dengan rombongan/tim lain, karena keberadaan bayi bisa memperlambat mereka. Anda bisa dimusuhi.
  9. Bawa plastik kosong untuk menyimpan bungkus makanan, pospak kotor, dan sampah lain. Anda tentu tidak berniat membuangnya begitu saja di alam, kan?
  10. Terakhir: just enjoy your trip!

*Diceritakan oleh Amelia Yustiana untuk Momiesdaily


17 Comments - Write a Comment

  1. Pingback: Aku

Post Comment