Menyusui Selagi Hamil?

Dear dr Indra,

Saya Emma, ibu seorang anak 10 bulan dan saat ini sedang hamil 6 minggu.

Setelah membaca berbagai referensi, saya baru tau kalau ternyata hamil sambil menyusui diperbolehkan asal tidak ada riwayat keguguran atau kelahiran prematur dan bisa menjaga asupan nutrisi dengan baik. Tapi sayangnya dsog saya melarang menyusui dengan alasan kurang jelas dan saya juga langsung dilarang orangtua dan mertua.

Saya sedih karena tidak boleh menyusui anak saya, padahal saya ingin tetap menyusuinya walaupun hanya untuk malam hari saja. Saya minta tolong bantuannya ya dokter, menurut dokter sendiri bagaimana tentang kondisi ini?

Emma Natalia

Dear Emma,

Pada dasarnya menyusui selagi hamil bisa dan diperbolehkan asalkan kita memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh kita, karena kebutuhannya kan bertambah, ada yang untuk janin, untuk ASI dan untuk diri kita sendiri. Selama kita merasa kuat, dan perkembangan janin sesuai dengan umurnya rasanya tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Memang ketika menyusui, kita akan mengeluarkan hormon oksitosin akibat adanya isapan di puting susu. Hormon ini mempunyai efek antara lain membuat kontraksi pada rahim. Kondisi inilah yang dikhawatirkan karena dapat mengakibatkan keguguran. Tapi tentu semuanya balik lagi ke Emma karena Emma yang menjalankan dan mengenal sendiri kondisi tubuh. Demikianlah penjelasan dari saya semoga dapat membantu untuk membuat keputusan yang terbaik.


36 Comments - Write a Comment

Post Comment