Hamil & Menyusui Bisa Tetap Puasa, Lho

by: - Thursday, August 12th, 2010 at 7:00 am

In: Breastfeeding Mommy Chatter 62 responses

0 share

Gimana hari-hari pertama puasanya, Moms? Hari pertama puasa saya… ngga sahur..aanndd turns out I got my period :P.

Dari tahun 2004 sampe 2009 (dan kemungkinan masih berlanjut sampai 2010 ini), puasa saya nggak pernah sebulan penuh lagi. Siklus hamil dan menyusui sampai anak berusia dua tahun jatuhnya gantian melulu. Bulan Ramadhan tahun ini pun D3 alias Devan masih belum genap dua tahun, jadi masih berhak mendapatkan ASI. Puasa memang ngga penuh, tapi saya juga belum pernah sampai tidak puasa sama sekali dalam satu bulan Ramadhan.

Di awal-awal saya menjalani hamil/menyusui dan berpuasa, saya memang agak bingung mana yang harus diprioritaskan. Kesehatan dan perkembangan anak/janin, atau pahala berpuasa untuk saya sendiri. Baca literatur tentang ini ternyata juga banyak pendapat macem-macem ya. Termasuk mengenai penggantian puasanya.

Saya sendiri akhirnya berpedoman, untuk ibu hamil dan menyusui kan memang ada keringanan dalam bentuk bisa diganti fidyah atau berpuasa di luar bulan Ramadhan. Walau keringanan ini masih ada pendapat yang berbeda, tapi pada dasarnya dengan adanya keringanan berarti posisi ibu hamil dan menyusui memang dianggap kasus khusus. Di Al-Quran sendiri dihimbau menyusui “disempurnakan sampai anak usia dua tahun”. Berarti sampai usia dua tahun itu kasus khusus masih berlaku. Bukan hanya pada masa ASI Eksklusif 0-6 bulan. Usia diatas enam bulan memang bayi sudah mulai mendapat asupan makanan tambahan. Tapi ini kan statusnya pendamping ASI. Nah badan ibu sendiri kan masih dituntut memproduksi ASI dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan anak.

Dalam pelaksanaannya, beberapa teman sesama ibu hamil dan menyusui tetap bisa berpuasa sebulan penuh, dengan manajemen pola makan dan aktifitas yang bagus tentunya. Kalau saya pribadi, puasa dan nggak puasanya saya selang-seling. Misalnya kalo lagi kuat atau ngga banyak aktifitas, saya puasa dua hari dan sehari ngga puasa. Kalo memang mampu ya diteruskan aja jadi tiga atau empat hari puasa dan sehari recharge hehehe.

Dengan pola selang-seling begini ternyata lebih efektif. Saya bisa dapat puasa setengah bulan atau lebih. Ketimbang di awal bulan maksain puasa seminggu penuh, terus badan malah drop, produksi ASI drop, ke belakangnya malah jadi ngga bisa puasa sama sekali.

Untuk membantu kesuksesan berpuasa, mungkin ada bagusnya membatasi aktifitas juga, terutama aktifitas yang bersifat fisik. Kalau yang biasa ngantor dan banyak aktifitas di lapangan, mungkin bisa dikurangi ya. Tapi kalo yang sehari-hari di rumah aja kejar-kejaran sama bocah, kayaknya ngga mungkin berkurang ya..hehehhee. Saya kalo udah mulai siang menjelang sore dan lemes, bocah-bocah digiring masuk kamar. Mainnya pindah ke kamar jadi ngga usah kejar-kejaran lagi. Syukur kalo bisa sekalian tidur siang semua.

Kalau jenis makanan ketika berbuka dan sahur saya ngga terlalu pilih-pilih ya. Sepanjang berimbang aja gizinya, dan mungkin agak dibanyakin porsi proteinnya. Jangan lupa, diperbanyak asupan cairan. Lebih bagus lagi kalau cairannya berupa protein juga seperti susu. Karena cairan dan protein ini komponen utama ASI.

Oh iya, suplemen jintan hitam (habbatus sauda) juga bisa lho membantu produksi ASI, selain secara umum juga meningkatkan stamina selama berpuasa.

Yuk sharing gimana tips & trik berpuasa Mommies yang lagi hamil atau menyusui di bulan Ramadhan ini. Di sini yang untuk ibu-ibu hamil, dan di sini tempat kumpulnya ibu-ibu menyusui. Oh iya, jangan lupa sharing makanan atau produk suplemen apa yang berhasil meningkatkan produksi ASI Mommies di sini ya.

Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan :)

Share this story:

Recommended for you:

62 thoughts on “Hamil & Menyusui Bisa Tetap Puasa, Lho

  1. Pingback: Mommies Daily
  2. Pingback: Diany Kusuma N
  3. Pingback: Silvianty
  4. Pingback: santi siregar
  5. Pingback: Meryanda Julianti
  6. Pingback: Ibunya Hamizan
  7. Pingback: erni indriani
  8. Pingback: lita iqtianti
  9. Pingback: Mamamoo Temanmoo
  10. Pingback: deszell
  11. Pingback: Mommies Daily
  12. Tahun depan siklus hamilnya berulang lg ga mak? :p
    Gw waktu hamil, kayanya ga puasa deh. Knapa ya? Engg.. Kayanya sm bokap nyokap ga diizinin. Mgkn krn cucu pertama ya, apalg waktu Ramadhan 2007 itu gw hamilnya belum ada 4 bulan jd msi pd deg2an gitu.
    Pas 2008, gw nyusuin dan ngantor. Pernah nyoba puasa pas ngantor, duile keliyengan macam anak SD :D *malu* trus emang hasil perahan asi-nya ga banyak. Akhirnya gw memutuskan puasa di hari libur aja, dimana gw gga harus merah asi utk kejar stock asip
    2009, Alhamdulillah puasa sebulan, walo msi nyusuin tp udh ga pumping krn Langit udh 1,5th
    Tahun ini, ya kebangetan klo ga puasa. Wong udh ga hamil/ nyusuin :)
    Selamat berpuasa bumil dan busui! Jgn tlalu dipaksain, klo kuat ya lanjut, nggak ya gpp.. :)

  13. Aduuh gw sepertinya blm bisa puasa dl nih ramadhan ini. Alasan pertama anak gw msh 4bulan tp kok sdh berasa produksi asi berkurang ya :( mungkin harus dicoba minum habbatussauda kali ya, soalnya minum vitamin utk asi ga ngaruh.
    Yang kedua si baby menolak di dotin asip, maunya minum langsung dari sumbernya. Ntar kalo nggak makan takutnya semakin berkurang produksinya.

  14. Waduhh anakku 12mos masih ASI ini, baru hari ini aku ga puasa, kemarin nyoba, ya alhamdulliah full sampe maghrib, tapi badanku lemessss banget, pas buka puasa langsung pusinggggg ga reda2. Si anak ga mau sufor, udah di coba sampe mati2an, tetep aja mintanya nenen, aku pumping terus taro di botol pun ga mau :(. Gimana ini moms? padahal pingin banget puasa full 1 bulan.

    1. lhoo kenapa maksain mom? pahala menyusui itu satu pahala per tetes susu lho. dan kita juga disuruh menyempurnakan menyusui sampai 2th. selama kita bisa, kenapa ngga? momen menyusui kan cuman sebentar. ngga sayang kah? tahun2 kedepan kita masih bisa puasa ramadhan full, tapi menyusui belum tentu ada kesempatan lagi :)

  15. Tahun ini berharap bisa tetep puasa dan emg udh niat utk puasa..baby dlm perut pun udh disounding bakalan diajak puasa. tp pas 2 minggu sebelum ramadhan kontrol dokter, jderr katanya baby msi underweight banget 34w tp BB msi ky 31w dan g rekomen puasa. yawdh 2 hari ini lom puasa dulu..msi dlm misi ngejar target BB baby. mg2 tar pas kontrol lagi udh ideal BB-nya. AMIN..

    1. mungkin masi bisa diselangseling mom. pengalaman saya sih boosting baby weight itu di week 35-37 emang. setelah itu udah persiapan lahir. semoga lancar ya mom :)

  16. Kemaren juga banyak nih yang nanya soal ini di Twitter..sebaiknya kalo lagi hamil & menyusui sih kebutuhan anak tetep nomer 1 ya. Di coba aja dulu hari pertama atau kedua, kalo nggak kuat atau produksi ASI berkurang mendingan nggak usah puasa aja…daripada tetep puasa tapi khawatir dan ngerasa bersalah. That’s what Fidyah is for…jadi memang udah dikasih lampu hijau untuk nggak puasa :)

    1. iya Han, ada opsi fidyah dan/ penggantian puasa di luar bulan Ramadhan. Nah tapi soal ini kan yg masi ngga satu kata fatwanya.
      Tapi tetep, the main point is ada keringanan kenapa ngga dimanfaatkan, gitu kan?

  17. kir, waktu naura pas setahun, gw bisa puasa sebulan full krn blm dpt mens.
    asi jg masih banyak banget, malah lebih banyak drpd ngga puasa.

    nah pas zaydan nih, udh 15 bulan, gw coba puasa lagi.
    asi dikitttt.. kmrn cuma pumping sekali dan dptnya 100 cc aja :D
    emang biasa dpt dikit sih, dan tidak seperti sblm puasa yg gw pumping 2 kali yg hasilnya 150-200cc, mulai puasa kmrn gw cuma pumping 1 x ajah.
    yah, tak apa lah. yg penting emaknya pgn puasa -walopun ga bisa full krn udh mulai dpt period lagi-

  18. TFS experience jeng Kir :). Saya sedang hamil 14 weeks. Selama 9 weeks kemarin mual dan muntah hebat, nafsu makanpun tidak ada. Alhamdulillah USG menunjukkan ukuran janin saya normal2 saja. Hari ini mencoba puasa, karena kemarin merasa sudah ada nafsu makan sehingga sahur bisa makan dengan porsi normal. Alhamdulillah sampai detik ini jabang baby belum meronta-ronta minta makan :D, mudah2an karena sudah niat juga. Mohon doanya agar saya dan jabang baby selalu sehat. Rencananya besok mau kontrol dokter sekalian mau tanya apakah kondisi jabang baby sehat kalau diajak puasa :)

    1. InsyaAllah gapapa ya jeng. biasanya yang paling kentara kalo hamil itu babynya sering gerak kalo kita laper, ato mual yg parah. kalo dua itu ngga dialami, insyaAllah lancar2 aja.
      kalo masalah asupan, otomatis masuk ke janin dulu kok. jadi jangan kuatir kalo puasa bayinya nanti kurang gizi atau menghambat perkembangannya.

      semoga lancar sampai melahirkan yaa :)

  19. Jengkir ikutan sharing ya,

    Pas hamil 5 bulan, gue sempat puasa. Gak tau ya, mungkin karena emang basically hobi puasa (gue terobsesi pgn kurus dr dulu :-D). Keputusan itu ditentang habis-habisan sama suami, bonyok dan mertua gue. Tapi gue cuek aja. Sampe satu saat, DSOG melarang karena tekanan darah gue rendah atau kenapaa gitu. Tapi lumayan, dapet 2 minggu bok.

    Tahun depannya, Nadira udah umur 7 bulan. Gue masih tetap menyusui+memerah ASI di kantor. Lagi-lagi, suami, bonyok dan mertua menyarankan spy gue gak puasa. Jadi deh hari 1 gue nggak puasa. Tapi karena gue ngerasa seger-seger aja, besoknya gue memutuskan untuk puasa. Alhamdulillah, dalam 1 bulan puasa, gue cuma bolong hari pertama doang. Masalah ASI perah, Alhamdulillah juga masih ada. Nggak berlimpah ruah sih, tapi masih bisa mencukupi kebutuhan Nadira.

    Tahun ini, gue masih menyusui dan Insya Allah puasa. Tapi berhubung udah mens lagi, kayaknya gak bisa full puasa sebulan deh :-(

  20. Alhamdulillah pas hamil dan menyusui aku tetep puasa pas lagi hamil full sebulan
    klo pendapat obgyn-ku puasa gak mengurangi nutrisi kok cuma mengganti jadwal makan
    kalo soal nutrisi ga da masalah deh
    nah pas puasa taun lalu aku lagi pas menyusui juga, lagi2 aku tanya baby-ku full asip boleh puasa ga??
    jawabannya sama cuma kali ini jadwal makannya di tambah hehe abis buka pas maghrib makan
    selesai tarawih kira2 jam 10 makan lagi ( gimana ga gendud coba???) Alhamdulillah asinya lancar ;)
    cuma yaaaa ga full sebulan pas asi ini karna ada bolong ksiangan saur hihi karna mikir asip kurang yah pas ksiangan bolong deh hehe

    1. iya yaa, kalo hamil sebenernya lebih simpel malah. pembagian nutrisinya otomatis masuk ke baby. sementara pas menyusui kita mesti ngatur ‘manual’.
      semoga lancar puasanya dan cukup terus ASIPnya ya jeng :)

  21. Hi, saya non muslim, tapi kemarin saya ‘nguping’ teman saya sesama ibu yang muslim sedang ngerumpi menjelang berbuka. Kebetulan ngerumpinya tentang puasa, kehamilan, dan menyusui.

    Kata teman2 saya, ibu hamil diperbolehkan berpuasa kalau sudah melewati masa pembentukan janin (mungkin setelah 6 bulan). Dan tentunya konsultasikan dulu ke dokter kandungan.

    Ibu menyusui tidak perlu takut untuk berpuasa. Asal asupan makanan, gizi, dan air cukup pada saat berbuka dan sahur, semoga ASI-nya tetap lancar.

    Tapi apakah hal terpenting yang saya dengar? Salah seorang teman yang sedang hamil muda berkata seperti ini “Kalau kita mau puasa yang penting niatnya. Kalau niatnya tidak berpuasa untuk kesehatan janin dan bayi yang dikandung, agama memperbolehkan. Yang tidak diperbolehkan tidak berpuasa adalah kalau alasannya: takut nggak kuat.”

    Nah, bagaimana dengan ibu2 semua? Semoga niat tetap sekuat batu ya :)
    Selamat menunaikan ibadah puasa.

    Marie

    1. Hi juga jeng :)
      iya memang poin terpentingnya asal asupan gizi dan cairan cukup aja sebenernya.
      kalo soal pada bulan keberapa, paling tepat dikembalikan ke masing2 ibu. ada ibu yang waktu hamil muda lebih kuat sementara waktu hamil tua malah kepayahan, tapi ada juga yg sebaliknya. InsyaAllah puasa pada kehamilan bulan berapa saja tidak ada pengaruh negatif kok ke baby, apalagi didasari niat ibadah dan mengenalkan ibadah sejak dini.
      kalo alasan kuat ngga kuat relatif juga ya jeng. ada orang yang mengkaitkan ‘ngga kuat’ ini pengaruh ke kesehatan ibu juga soalnya. mungkin dengan puasa bayinya sehat2 aja. tapi ibunya jadi sering pingsan karena HBnya turun misalnya, kan ga baik juga untuk keseluruhan kehamilan walau mungkin tidak berpengaruh langsung ke bayinya.

      makasih udah ikut sharing ya mom :)

  22. Pingback: Mommies Daily
  23. Pingback: Budiasih Dyah R
  24. Ikutan shaaring ah (gara2 baca twitter masuk ke link ini) :p, ga papalah yaa meskipun telat :D

    Tahun kemarin gw ga puasa 20 hari, gara2 suami ga ngijinin takut kenapa2 katanya sama baby gw (wkt itu umur kandungan udh di atas 6 bulan), tp krn anak pertama jd suami rada parno.

    Trus, kok cuma 20 hari? Krn hari ke 10-nya gw putuskan utk coba puasa, dan alhamdulillah sampe hari ke 30 sukses, malah maag yg sering kaambuh pas ppuasa sama sekali ga ada

    Naahh sekaarang, hri ini, udh mau 2 mingggu, gw juga lagi puasa, bayar utang puasa yg kemarin itu, dlm kondisi tetap menyusui dan perah, so far so good. Jadi pede buat puasa ramadan ntar ;)

  25. Pingback: AIMI Jawa Timur
  26. Pingback: kiki widyasasti
  27. Pingback: Mommies Daily
  28. Pingback: Vidi Bubun
  29. Pingback: endang dwi astuti
  30. Pingback: nada arini
  31. Pingback: ninis
  32. Pingback: Tri susianawati
  33. Pingback: ella laila
  34. Pingback: Sandra Amalia
  35. Pingback: Mommies Daily
  36. Pingback: Mommies Daily
  37. Pingback: Regina Nainggolan
  38. Pingback: ♥Ade Lidya♥
  39. Pingback: Desiti mooduto
  40. Pingback: abhieyy
  41. Pingback: Cilya
  42. Pingback: Mommies Daily
  43. Pingback: M Yudhistira's mom
  44. Pingback: Vidia Cherria Ch
  45. Pingback: endang dwi astuti
  46. Pingback: Fitri_Fieth
  47. Pingback: Mommies Daily
  48. Pingback: Nanda_sinaga
  49. Pingback: Vidia Cherria Ch
  50. Pingback: Meralda Suhud

Leave a Reply