Toilet Training

by: - Thursday, January 7th, 2010 at 8:00 am

In: Behavior & Development 33 responses

0 share

PR lain seorang ibu selain menyusui, nyapih, makan, dst dsb dll dkk. Ada yang bilang toilet training akan terjadi dengan sendirinya. Ada yang baru mulai nanti pas si anak sudah bisa diajak komunikasi dengan baik dan benar, alias 3 tahunan lebih, tapi ada juga yang sejak 5-6 bulan sudah dilatih! Hebattt!

Saya termasuk yang nggak terlalu ‘kenceng’ men-toilet training-kan Langit yang sekarang usianya 20 bulan. Kalau BAB di toilet, sejak sekitar 7-8 bulanan Langit sudah saya biasain BAB di toilet (catat: toilet beneran bukan yang model tempat duduk lucu-lucu atau alas untuk toilet yang kecil yak). Makin lama makin kebaca kan, gimana gerak geriknya dia kalau mau BAB.

Sayangnya perihal ini nggak saya seriusin saat itu. Jadi Langit masih terus pakai diaper kain (celana lampin) sepanjang hari untuk nahan BAK-nya. Nah sejak beberapa bulan belakangan ini (pas udah jadi working from home mom ) saya baru mulai rajin toilet training Langit. Alasannya selain saya rasa sudah waktunya, juga untuk penghematan beli popok sekali pakai yang harganya gileeee….

Saya mulai ‘googling’ sana-sini untuk cara yang paling mujarab untuk toilet training anak. Hasil googling serta baca thread toilet training di Mommies Daily, saya menemukan :

  • Sistem 3 hari lepas popok, yaitu konon kabarnya anak akan terbiasa dengan kondisi lepas popok dalam 3 hari. Hari pertama biasanya akan terjadi ‘kecelakaan’ dimana-mana, tapi di hari kedua dan ketiga biasanya akan berhasil. Sistem ini jangan dicampur dengan pemakaian pospak, karena akan membuat anak bingung, nah resikonya ya 3 hari dirumah aja dulu nggak boleh kemana-mana
  • Sistem di’tatur’, alias tiap berapa jam di ajak untuk BAK/ BAB ke toilet. Termasuk saat anak tidur malam. Kalau saya jujur deh, nyerah sama yang ini. Nidurin Langit kalau malam aja suka kaya orang berantem, terus nanti udah tidur saya bangunin ke toilet, yang ada nidurinnya bakal setengah metong lagi!

Nah, kalau yang ketiga ini cara sendiri (yang belum diketahui hasilnya akan berhasil atau nggak, hehehe). Tiap hari Langit nggak pernah saya pakein popok, baik itu pospak atau popok kain. Hanya celana saja. 1-2 hari pertama masih ngaco, pipis dimana-mana dan sekali dua kali BAB juga sempat kebobolan. Yang terakhir ini karena pengasuhnya baru belum paham sama bahasanya Langit, jadi kalau lagi main sama pengasuhnya Langit udah teriak-teriak “e-e..” malah terus aja diajak main :)

Untuk tidur siang kadang saya biarkan pakai celana saja, dialasi perlak. Nah, sedikit tantangan nih, Langit sungguh-sungguh susah tidurnya, kalau dialasi perlak pas dia berubah posisi maka dia akan langsung kebangun. PR lagi emaknya untuk nidurin dia deh!  Sering juga kalau saya BAK di toilet, Langit akan liatin terus ngomong “Ibu pipis..”, jadi seperti nyontohin bahwa BAB/ BAK dilakukannya ya di toilet.

Tidur malam dan pergi-pergi jauh sampai saat ini masih saya pakaikan pospak. Tapi ini juga sudah lumayaaannnn….berkurang jauh penggunaan pospaknya!

Saya yakin Langit akan bisa dalam waktu dekat ini lepas popok, selain dia sudah nggak betah kalau dipakein pospak (selalu ditarik-tarik sama dia, atau marah kalau dipakein) juga tanda-tanda dia siap

untuk toilet training semakin jelas. Langit sudah bisa mengatakan keinginannya,  sudah paham bahwa pipis dan ee harus dilakukan di toilet, juga sudah bisa bilang “pipis” atau “ee”.  Mudah-mudahan pelan-pelan tapi pasti di usianya yang 2 tahun nanti dia sudah lepas pospak sepenuhnya :)

Oh iya ada sedikit cerita, ketika awal-awal lepas popok, saat memakaikan celana, saya selalu membisikkan, “Langit nanti kalau mau pipis atau ee bilang ya..”. Lima menit kemudian, Langit menghampiri saya dan menunjuk ke celananya lalu ngomong “Bu, biyaaaanggg…” (bilang). *tepok jidat*

Share this story:

Recommended for you:

33 thoughts on “Toilet Training

  1. Beneeer.. toilet training itu must have skill buat ibu dan anak selain buanyaaaaak yang lain hihiii… semoga Langit cepet sukses ya toilet trainingnya… tapi masih lama koq batasnya, 5 taun ya kalo ga salah?

    lucu banget Langit.. disuruh bilang malah “Biyaaaang”.. huahahaa… :D

  2. @fitri, skill jadi ibu emang kudu banyak banget yaaakk…..duhduhduh, pantes surga dibawah telapak kaki ibu :)
    @darina, hehehe..biasa umur segini kan lagi beo bgt yak, jadilah begitu..tinggal emaknya yg mengira2 maksudnya apa :)

  3. Pingback: lita iqtianti
  4. samaaaa..aku udah hopeless aja. anakku 2tahun tp kok ga pinter2..kalo BAB sih kita bisa baca gerak geriknya jd ga pernah kebobolan,nah kalo BAK kebobolan mulu. kadang sih saya atur abis minum 15-30mnt kemudian dipipisin,tp ngga selalu berhasil. mgkn harus sabar yaaa…

  5. kalo mau BAB, anak gw (Ray 22 bln) pasti bilang. Tapi kalo BAK, aduuuhhh.. susahnya… bilangnya pasti pas celana udah basah.. sekarang masih keep on telling her kalo mau pipis, bilangnya sebelum pipis nak.. semoga ntar gak lama lagi bisa ngerti dia ^^

  6. Iya..bener2 pengalaman ya ngajarin anak lepas pampers…tapi ref pengalaman anak gw, Fayyaz bener2 dah “sempurna” BAB/BAK di kamar mandi ya 3,5 th dan itu terjadi sendirinya, bener kata Lita..dia dah mulai ga mau pake pampers, pas gw dirumah jd tiap 3 jam gw bawa ke kmr mandi, walaupun dia bilang ga mau pipis tetep aja gw temenin dan bukain celananya utk posisi pipis..ternyata bener keluar. Intinya seeh jgn ada pemaksaan kali yaaa…

  7. Pingback: Mommies Daily
  8. Aaah…Awan udah lepas disposable diaper (kecuali tidur malam) dari umur 16 bulan. Alhamdulillah deh, walo pun masih suka kecolongan. Berhubung blum bisa ngomong, jadi tiap stengah jam, dibawa ke kamar mandi. Pertama kali sih, yang bawa bapaknya. Dikasih unjuk cara pipis di kloset. Soalnya alatnya pan sama ya :D

    Kalo BAB dia udah bisa bilang sendiri sih, pake bahasa isyarat. Nunjuk2 bokongnya dan jalan ke kamar mandi. BAK yang blum bisa bilang, walo pun ga pake bahasa isyarat juga. Mudah2an ntar kalo uda lancar ngomong, bisa bilang juga kayak Langit. “Biyaaaang…..!”

  9. Pingback: noviana
  10. Pingback: Stefanie Carolina
  11. Lita sama dewdew lucu bgt sih nama anaknya Langit dan Awan :D

    Gue jg masih dalam proses ngajarin Aluf nih..sama deh kayak yg lain. BAB cenderung lebih gampang ya, tp kalo BAK emang sering bgt kebobolan. Tapi udh 2 hari ini dia kalo mau pipis, tangannya megang bawah perutnya dgn muka nahan, jadi bisa buru2 dibawa ke kamar mandi. Kayaknya emang salah satu kuncinya dia udah bisa nahan pipis apa enggak deh…

  12. @dew, awan pinter sekaliiii……! kmrn sempet udah gitu juga tuh, tapi pake celana lampin sih :p *mayan berkurang budget pospak* tp krn kemaren sempet ga ada pembantu dan titip nyokap, jadi suka ga kepegang aja. ini makanya mumpung dirumah kudu lulus nih! hihihi..

    @echy, iya bener jangan dipaksa. kalo gw kebetulan langit demen bener mausk nkamar mandi. kadang2 ga mau pipis dia bilang “pipis..” sambil masuk kamar mandi dan end up-nya main air *ngelus dada* bismillah, saya pasti bisa! :p

    @affi, iya euy baru sadar pdhal tau dr kemaren nama anak dewdew itu awan.. kita kudu ketemu nih dew!! uhuy, aluf pinter! makanya banyak yang lebih cepet suksesnya pas udah diatas 2-3 tahun kali ya, krn mereka udh bisa tahan dan berkomunikasi dengan bener. fuih..

  13. salut deh sama mommy2 yg udah mulai ajarin potty training sama dedenya. Anakku Anya 22bln blm aku latih utk potty training. Kendalanya krs saat sejak habis lebaran aku ditinggal ART hingga saat ini blm dpt pengganti. Untuk sementara waktu aku ngungsi kerumah mamaku yg lmyn banyak warganya tp ga punya ART nginep. Dari tetangga aku dapat saran kalau mau potty training, lepas diaper dan pakaikan celana panjang, jd kalau pipis ga terlalu ngotorin lantai.
    Aku jd tambah niat mau menerapkan potty training sama Anya, sejauh ini aku baru latih untuk bilang pipis dan pup, kadang kalo aku lg BAK suka aku buka kamar mandi nya biar dia bisa lihat. Smoga kita bisa sukses yah mem potty training kan anak2 kita :)

  14. Litaaa…ajarin Tiara toilet training dong…akyuu malas :D udah ngerti sih Tiara pipis sama pupup, cuma telat, blgnya setelah udah pipis dan pupup…hahaha. Untung minggu dpn mulai skolah, di skolah bakal diajarin jg tuh utk toilet training. *am such a malas mother deh*
    Gemes deh ama Langit, pengen denger celotehnya :D
    Btw, keponakan gw dulu wkt umur 6 bulan sempet ditatur sama Babysitternya. Caranya: Ditatur! kebetulan ponakan gw itu dari baby bgt udah ketauan kalau mau pipis, pasti godek2 gituh bdnnya. Nah, pas dia godek2, ama BSnya langsung bukain celananya trus dibediriin gitu diatas ember kecil. Awalnya gw kgt jg tuh. Tp kt si BS, begitu caranya kalo dari kecil. Sayang BS itu ga lama ikut adek ipar gw. Jadilah ga berkelanjutan deh ditaturnya :D

  15. pas banget ni nemu artikel ini..lagi mulai berpikir buat potty training-in nayla..langit da mulai dari usia 5 bln ya..??wah..nayla berarti da bisa mulai juga dong ya..jadi terinspirasi ni..tapi masih rada bingung ni mulainya…huhuhu posisinya di toilet gimana ya..?? btw ada thread di forum mommies daily ga ya ngebahas toilet training..??

  16. waaahh share dari mom’s diatas mbwt aq jd tambah semangat men-toilet training kna Nara..
    tp ga tau knp nih belakangan ini Nara ga mw bilang klo BAB, dia anteng aja tuh dg pospaknya yg bau :(
    pdhal sblmnya mau koq bilang…mgkn aq yg hrs lbh rajin mngajarkn & lbh sabar kali yaa..
    soalnya smenjak aq kerja en nitipin nara ke daycare, aq jg ga bs mengkontrol lg utk proses toilet trainingnya, apalagi pengasuhnya jg ga aware ttg itu :( (maklum pilihan daycare di Bali msh terbatas)
    dlm seminggu paling aq cm pny wkt 1 hari pas hari minggu doank utk mbebaskn nara dr Diapersnya, itu pun klo qt ga ada acara diluar rmh…selebihnya ya Nara pake diapers all the time..
    Help me dunk Mom’s, gmn y caranya spy Nara mau diajarin toilet training wlo waktu sy terbatas…tq ya ^_^

  17. hai mamanya Nara (wow banyak sekali mommies yg anaknya bernama Nara :) ), coba cek2 ke forum kita ya, link-nya diatas dari Affi. banyak yg share cara serta langkah2nya men-toilet training-kan si kecil loh :)

  18. wah sama nih,lita. gw juga lagi ngajarin ke shakii lepas popok. selama 1minggu ini kalo siang ga pake popok sih, tp kebobolan dia ngompol n pup. padahal udah dibisikin “shakii kalo mau pup atau pipis,bilang ya ke bunda (‘bunda,shakii mau pup/bunda shakii mau pipis”,, cuma anak gw blm lancar artikulasinya jd dia mgkn ngasih tau ke gw, cuma gw ga ngeh,,

    naaaah tapi dia kalo mau pipis n pup,gerak geringnya dia jongkok sambil megangin perutnya bilang “aduuuuuh aduuuh” baru gw boyong ke toilet, tapi tiap 1jam sekali gw ajak juga ke toilet sih, cuma anaknya ga mau pipis/pup juga :(
    tp klao malem tetep sih gw pakein popok

  19. Pingback: Mommies Daily
  20. Pingback: Adek Adriany
  21. Pingback: lina oktiana

Leave a Reply