banner-detik
PARENTING & KIDS

10 Channel YouTube Edukasi untuk Balita, Bikin Senang Belajar

author

Mommies Daily19 hours ago

10 Channel YouTube Edukasi untuk Balita, Bikin Senang Belajar

Mulai dari Kinderflix hingga DOMIKADO! Yuk, ajak si kecil nonton channel YouTube edukasi ini untuk bantu stimulasi perkembangan otak dan kreativitas mereka.

Di era teknologi yang selalu mengalami perkembangan setiap waktunya saat ini, penggunaan gadget menjadi hal yang tidak bisa terlepaskan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya untuk bermain saja, kini gadget dimanfaatkan juga sebagai media pembelajaran si kecil. Oleh karena itu, penting bagi Mommies untuk memantau dan memilih tontonan yang tepat bagi anak. 

Selain bersifat menghibur, pilihlah tontonan yang bisa mendukung perkembangan kognitif serta emosional anak. Saat ini sudah tersedia banyak video khusus anak yang dirancang untuk menstimulasi kemampuan berpikir, kreativitas, dan kemampuan sosial mereka. Dengan adanya tontonan ini, anak bisa belajar dengan cara yang menyenangkan. 

Rekomendasi Channel YouTube untuk Balita

Berikut Mommies Daily punya rekomendasi channel YouTube edukasi untuk balita yang interaktif. Mommies bisa menyesuaikannya dengan selera si kecil masing-masing, ya!

1. Kinderflix

Kinderflix merupakanan tontonan yang dirancang secara khusus untuk membantu bayi serta balita belajar dengan cara yang menyenangkan. Dipandung oleh Kak Nisa beserta host lainnya, Kinderflix menjadi tontonan yang interaktif karena mengajak anak-anak untuk berkomunikasi dan meningkatkan tumbuh kembangnya. Channel yang dibuat oleh kreator asal Indonesia ini berisikan tentang video belajar bicara untuk balita, kompilasi lagu anak yang interaktif, hingga belajar mengenal kosa kata baru. 

2. National Geographic Kids

Saluran YouTube yang dipersembahkan oleh National Geographic untuk anak berusia 2-12 tahun ini menawarkan berbagai video edukasi yang bersifat menghibur dan menarik. Berisikan konten edukasi ilmu pengetahuan, National Geographic Kids menawarkan video berisikan penjelasan yang mudah dimengerti beserta gambar yang memiliki warna yang menarik, sehingga si kecil menjadi semangat untuk belajar.

Tidak hanya memberikan wawasan akan keanekaragaman hayati di bumi, channel YouTube ini juga menginspirasi si kecil untuk mengeksplorasi dunia di sekitar mereka. 

BACA JUGA: 10+ Ide Kegiatan untuk Anak Bebas Gadget: Seru dan Menginspirasi!

3. Nussa Official

Nussa Official merupakan channel YouTube yang berisikan tentang cerita kakak adik yang bernama Nussa dan Rara yang tinggal dalam desa yang kecil. Dengan mengandung banyak nilai positif, tontonan ini berisikan tentang petualangan Nussa dan Rara yang penuh akan pembelajaran moral dan pengetahuan akan Islam. Nussa Official menjadi pilihan tontonan yang tepat bagi Mommies yang hendak mengenalkan si kecil akan nilai-nilai agama dan sosial, sesuai dengan sunnah dan Al-Quran. 

4. Pinkfong! Kid’s Songs & Stories

Mommies tentu sudah tidak asing lagi dengan channel YouTube khusus anak yang satu ini, bukan? Pinkfong! merupakan tontonan yang populer dengan berisikan lagu-lagu dan animasi yang ceria dan membuat anak-anak tertarik untuk menontonnya. Dengan memiliki karakter yang lucu dan menyenangkan, Pinkfong! juga memperkenalkan kepada anak-anak tentang berbagai jenis binatang, musik, serta budaya yang dapat menjadi sarana pembelajaran bagi si kecil dalam tahap perkembangan. 

5. Kok Bisa?

Foto: Freepik

Rekomendasi channel YouTube lainnya yang cocok untuk ditonton balita adalah ‘Kok Bisa?’, terutama jika si kecil saat ini sedang dalam fase banyak bertanya tentang hal-hal yang terjadi di sekitarnya. Konten YouTube berbahasa Indonesia ini menyediakan video yang dirancang untuk memenuhi keinginan anak-anak untuk mengetahui bagaimana segala sesuatu bisa berfungsi di sekitar mereka. Mulai dari video seputar alam semesta, sejarah, geografi, hingga budaya ada dalam channel YouTube yang satu ini. 

6. Lagu Anak Indonesia Balita

Bagi Mommies yang hendak mengenalkan lagu-lagu anak berbahasa Indonesia pada si kecil, maka channel YouTube Lagu Anak Indonesia Balita bisa dijadikan pilihan utama. Menyajikan ragam pilihan lagu-lagu anak, lagu Indonesia, hingga mancanegara, konten video pada channel YouTube ini disajikan dalam animasi yang lucu dan menyenangkan. Selain lagu, anak juga bisa belajar berhitung dan mengenal alfabet. 

7. Sesame Street

Salah satu channel YouTube populer khusus anak-anak berikutnya adalah Sesame Street. Berawal dari program televisi yang populer, Sesame Street menjadi salah satu tontonan yang bermutu dan mendidik anak, terutama pada usia bayi dan balita. Tontonan ini terkenal akan karakter-karakter muppet karya Jim Henson, yang terdiri dari Elmo, Big Bird, Cookie Monster, Ernie, dan masih banyak lagi. 

8. Diva The Series

Rekomendasi channel YouTube berikutnya yang dapat ditonton oleh balita adalah Diva The Series. Series ini menceritakan tentang kehidupan tokoh bernama Diva bersama teman-temannya yang mengandung banyak nilai moral. Series YouTube yang bisa ditonton oleh anak berusia 2-4 tahun ini tidak hanya menggunakan bahasa Indonesia saja, tetapi juga bahasa daerah, sehingga bisa membantu mengenalkan nilai kehidupan serta budaya kepada si kecil. 

9. Baby Bus

Baby Bus merupakan channel YouTube yang dikemas dengan animasi 2D dan 3D yang lucu dan menyenangkan. Dengan menyuguhkan video mendidik dengan alur cerita yang beragam, Baby Bus membantu anak mempelajari tentang huruf, angka, warna, bentuk, dan konsep lainnya. Selain bahasa Indonesia, Baby Bus juga hadir dalam bahasa Inggris, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan selera si kecil masing-masing. 

10. DOMIKADO

Channel YouTube terakhir yang dapat dijadikan pilihan jika si kecil hendak belajar sambil bermain adalah DOMIKADO. Diproduksi langsung oleh Visinema Studios, DOMIKADO merupakan tontonan yang dikemas dalam bentuk puppet show yang menggabungkan teknik produksi serta edukasi untuk mengembangkan daya kreativitas anak.

Dibuat dengan video yang menarik serta informatif, channel YouTube ini diisi oleh lima karakter yang memiliki sifat berbeda-beda, mereka bernama Astrobek, Cricket, Bea, Ciscis, dan Beo. 

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Film Edukasi untuk Balita, Hiburan Seru dan Mendidik!

Itu dia rekomendasi channel YouTube untuk balita yang menyediakan video interaktif serta edukatif. Selalu dampingi si kecil saat menonton dan pastikan mereka menonton video sesuai usianya ya, Mommies! Semoga membantu.

Penulis: Nariko Christbel

Cover: Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan