10 Rekomendasi Snack Rendah Gula untuk Balita, Kaya akan Nutrisi

Parenting & Kids

Mommies Daily・11 Oct 2024

detail-thumb

Aman dan lezat untuk balita! Coba snack rendah gula ini untuk temani si kecil di rumah. Cek kandungan gulanya juga di sini. 

Gula merupakan karbohidrat sederhana yang menjadi sumber energi bagi tubuh. Dikenal sebagai monosakarida, gula terdiri dari molekul-molekul, seperti fruktosa, glukosa, dan sukrosa yang sering digunakan sebagai pemanis dalam makanan dan minuman. Selain itu, gula juga berfungsi sebagai pengawet alami produk makanan. 

Meskipun memiliki manfaat yang berlimpah bagi kesehatan, konsumsi gula juga perlu dilakukan dengan bijak. Terlalu banyak mengonsumsi gula justru dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti obesitas, diabetes, hingga penyakit jantung. Bukan hanya berbahaya pada dewasa saja, melainkan juga konsumsi gula berlebihan juga bahaya pada anak. 

Melansir dari American Heart Association, anak-anak dalam rentang usia 2-18 tahun tidak boleh mengonsumsi gula tambahan lebih dari 25 gram atau 6 sendok teh per hari. Untuk mengontrol konsumsi gula tambahan pada anak, Mommies dapat melakukan tindakan preventif dengan teliti dalam melakukan pengecekan pada kandungan gula di kemasan makanan atau snack yang biasa dikonsumsi oleh si kecil. 

BACA JUGA: 10 Kesalahan Orang Tua saat Potty Training dan Cara Menghindarinya

Rekomendasi Snack Rendah Gula untuk Balita

Agar tidak bingung, berikut Mommies Daily telah merangkum beberapa rekomendasi snack rendah gula yang aman dikonsumsi oleh balita. Cek daftarnya di bawah ini, yuk     !

1. Milna Nature Puffs Organic

Foto: Instagram @milnaid

Milna Nature Puffs Organic merupakan biskuit anak berbagai macam rasa yang dapat dikonsumsi baik saat sarapan maupun sebagai cemilan. Terbuat dari bahan-bahan alami, seperti gandum, beras, serta buah, Milna Nature Puffs Organic memiliki tekstur yang lembut dan mudah lumer di mulut, sehingga dapat mencegah si kecil dari tersedak. Biskuit anak ini memiliki kandungan gula yang rendah, yakni hanya sebesar 2 gram saja.

2. Promina Silky Pudding 

Foto: Promina

Promina Silky Pudding terbuat dari perpaduan susu full cream yang berkualitas dengan dengan potongan buah strawberry yang sudah dikeringkan sebelumnya. Pudding yang bisa dijadikan pilihan camilan untuk anak ini diperkaya oleh 10 vitamin, omega 3, omega 6, zat besi, serta kalsium yang dapat memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi harian. Kandungan gula yang terdapat di Promina Silky Pudding adalah 8 gram. 

3. Yummy Bites Rice Crackers

Foto: Yummy Bites

Sudah berdiri sejak 2016, Yummy Bites senantiasa menghadirkan berbagai makanan utama dan camilan bergizi untuk anak dengan menggunakan bahan dasar alami yang berkualitas. Salah satu produk Yummy Bites yang banyak disukai oleh anak adalah Yummy Bites Rice Crackers yang mudah lumer di mulut. Camilan yang memiliki ragam varian rasa, seperti strawberry, wortel, pisang, hingga apel ini memiliki kandungan gula sebesar 4 gram. 

4. The Kripps Lite

Foto: Instagram @thekripps

Rekomendasi snack untuk balita berikutnya yang bisa dijadikan pilihan untuk Mommies adalah The Kripps Lite. Keripik sayur dan buah ini dalam proses pembuatannya menggunakan metode vacuum drying, sehingga tidak memiliki kandungan minyak yang banyak. Terbuat dari 100% sayur dan buah asli, The Kripps Lite tidak memiliki kandungan MSG, gula tambahan, pengawet, pewarna, dan non kolesterol. 

5. Elle & Vire Yoghurt Plain

Foto: Elle & Vire

Elle & Vire Yoghurt Plain merupakan salah satu snack untuk balita berikutnya karena dapat dikonsumsi oleh bayi mulai dari 7 bulan hingga dewasa. Produk yang cocok untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh ini dilengkapi dengan banyak kandungan protein, seperti vitamin B dan mineral yang sangat penting untuk pemeliharaan tubuh lunak. Yoghurt yang bisa ditambahkan dengan madu dan potongan buah ini memiliki kandungan gula sebanyak 4,1 gram. 

BACA JUGA: 10+ Ide Kegiatan untuk Anak Bebas Gadget: Seru dan Menginspirasi!

6. Pureats Omega Puffs

snack rendah gula

Foto: Mothercare Indonesia

Pureats Omega Puffs merupakan snack khusus anak yang dapat dikonsumsi mulai dari usia 6 bulan keatas. Dibuat berdasarkan bahan-bahan yang berkualitas tinggi, camilan ini diperkaya dengan omega 3, omega 6, omega 9, bebas gluten, serta bebas dari 5 alergen. Menggunakan perisa buah alami, Pureats Omega Puffs tanpa menggunakan tambahan gula. 

7. Gerber Graduates Toddler

snack rendah gula

Foto: Gerber

Rekomendasi snack untuk balita selanjutnya yang dapat dijadikan pilihan untuk anak Mommies adalah Gerber Graduate Toddler. Mengandung zat besi, vitamin E, seng, dan kalsium, camilan ini berfungsi untuk perkembangan otak dan kekebalan tubuh s kecil. Dengan ukuran yang pas untuk digenggam anak, Gerber Graduate Toddler dilengkapi dengan kandungan gula sebesar 2 gram. 

8. Supercorn Stik Jagung

snack rendah gula

Foto: Supercorn

Supercorn Stik Jagung berasal dari jagung yang tumbuh di tanah vulkanik yang subur di ladang tropis kepulauan Indonesia. Terdiri dari tiga varian rasa, yakni keju, ayam, dan jagung bakar, snack ini tidak digoreng dan dipanggang, sehingga memiliki tekstur yang renyah sempurna tanpa kandungan lemak trans. Tanpa menggunakan pewarna dan pemanis buatan, Supercorn Stik Jagung hanya memiliki kandungan gula sebesar 1 gram saja. 

9. Abe Food Popcorn for Kids

snack rendah gula

Foto: Instagram @abefood.id

Sebagai inovasi popcorn sehat pertama untuk anak di Indonesia, Abe Food Popcorn terbuat dari biji jagung asli pilihan yang bermutu tinggi. Tanpa menggunakan pengawet, pewarna, serta MSG, popcorn yang bisa dinikmati oleh balita ini terdiri dari 8 pilihan rasa, seperti choco, cheese, caramel, corn, sweet butter, butter, vanilla, serta milky. 

10. Sunskrisps Rainbow Noodle

snack rendah gula

Foto: Sunkrisps

Camilan untuk balita berikutnya yang memiliki kandungan rendah gula adalah Sunskrips Rainbow Noodle. Snack ini berupa mie pasta pelangi yang mengandung sayuran berupa kale, bit, bunga telang, serta kunyit dengan menggunakan pewarna alami dan tanpa tambahan pengawet. Dapat dikonsumsi oleh anak mulai usia 1 tahun, Sunskrisps Rainbow Noodle diperkaya dengan kandungan gula sebesar 2 gram. 

BACA JUGA: Mari Kenali 7 Masalah Perilaku pada Balita, Supaya Mommies Nggak Frutasi

Itulah 10 rekomendasi pilihan snack yang bisa Mommies berikan untuk si kecil dengan kandungan gula yang rendah. Jangan lupa untuk selalu perhatikan komponen pada kemasan snack anak, ya, Mommies! 

Penulis: Nariko Christabel

Cover: prostooleh on Freepik