Rutin Berhubungan Intim bisa Memperbesar Payudara? Ini Fakta dari Ahli

Sex & Relationship

Mommies Daily・07 Oct 2024

detail-thumb

Ternyata tidak bersifat permanen! Ini alasan kenapa berhubungan intim bisa memperbesar payudara. Simak penjelasan dari dokter berikut ini.

Berhubungan seks sejatinya tidak hanya untuk memenuhi hasrat seksual saja, tetapi juga banyak manfaat yang bisa didapatkan, baik dari segi fisik, psikologis, intelektual, hingga emosional. Beberapa manfaat tersebut, antara lain meredakan sakit kepala, mencegah kanker prostat, mengurangi stres, hingga menyehatkan jantung. 

Selain itu, saat berhubungan intim, terdapat beberapa perubahan yang dapat terjadi. Seperti halnya pada wanita yang merasa ukuran payudaranya bertambah besar setelah rutin berhubungan seks. Lalu, apakah hal ini benar terjadi secara permanen atau justru hanya bersifat temporer saja?

Untuk mengetahui penjelasan lengkapnya, Mommies Daily berkesempatan untuk bertanya kepada dr. Benediktus Arifin, MPH, SpOG(K), Dokter Kandungan (OBGYN) atau yang kerap disapa dengan dr. Benny. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: Berhubungan Intim saat Sekamar dengan Balita, Ini 20 Tipsnya

Payudara Membesar karena Berhubungan Intim

Perlu diketahui bahwa pada saat berhubungan seks tubuh akan mengalami perubahan secara temporer, bukan permanen. Salah satu perubahan fisik pada tubuh wanita yang kerap terjadi adalah payudara yang terasa membesar. Nyatanya, payudara memang dapat membesar atau berubah menjadi lebih padat saat berhubungan intim. 

Berdasarkan penjelasan dokter Benny, saat gairah memuncak, hormon yang diproduksi serta sistem saraf ikut menegang. Kondisi inilah yang menyebabkan aliran darah yang menuju payudara semakin banyak dan menyebabkan payudara menjadi lebih kencang. Diketahui juga bahwa ukuran payudara dapat membesar ketika wanita mencapai orgasme. 

Saat mencapai orgasme, terdapat beberapa perubahan yang terjadi, seperti jantung yang berdetak lebih cepat, kadar dopamin yang melonjak, dan kadar progesteron yang memuncak juga. Kondisi inilah yang menstimulasi adanya pembesaran pada payudara. Namun, perubahan ukuran payudara yang membesar hanya terjadi dalam jangka pendek dan tidak bersifat permanen. 

Perubahan hanya terjadi secara temporer, seperti perubahan ukuran terjadi pasca orgasme dan berlangsung untuk waktu yang sangat singkat. Selain karena berhubungan seks, payudara yang membesar juga bisa dirasakan saat masa subur setelah hamil, serta menyusui. 

Perubahan Badan setelah Berhubungan Seks

Foto: jcomp on Freepik

Selain perubahan pada ukuran payudara, dokter Benny juga memaparkan bahwa terdapat perubahan lainnya yang dapat dialami ketika berhubungan seks. Beberapa perubahan tersebut meliputi. 

1. Vagina Menjadi Lebih Basah

Saat berhubungan intim, aliran darah umumnya akan mengalir lebih deras di area genital. Aliran darah inilah yang menstimulasi tubuh untuk memproduksi pelumas. Selain itu, perubahan lainnya yang terjadi adalah labia dan klitoris yang turut mengalami pembengkakan. Perubahan ini dapat bertahan beberapa jam setelah berhubungan intim. 

2. Denyut Jantung Meningkat

Pada saat merasa senang dan bersemangat, secara fisik seseorang akan menjadi lebih aktif dan menyebabkan tubuh membutuhkan darah di area tertentu ketika berhubungan intim. Hal tersebut menyebabkan detak jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Cara seseorang ketika bernapas pun akan berubah untuk membantu jantung dalam mengatur aliran darah yang dibutuhkan. 

3. Bibir Lebih Merah

Pembuluh darah yang melebar saat berhubungan intim menjadi tanda bahwa banyaknya aliran darah yang mengalir di bawah kulit. Kondisi inilah yang menyebabkan kulit menjadi memerah dan suhu tubuh terasa lebih hangat pada umumnya. Selain itu, wajah dan bibir turut memerah saat pembuluh darah melebar. 

4. Puting Menjadi Sensitif

Selain ukuran payudara yang mengalami perubahan dan terkesan lebih kencang, puting juga akan menjadi lebih menonjol dan mengeras karena adanya rangsangan saat berhubungan intim. Aliran darah yang menuju ke payudara akan meningkat ketika bergairah, sehingga puting akan ikut tegang. 

BACA JUGA: Masih Bingung Ngomongin Kebutuhan Seksual dengan Pasangan? Ini 11 Tipsnya

Nah Mommies, itulah penjelasan tentang alasan payudara yang bertambah besar ketika rutin berhubungan seks. Perlu diingat bahwa perubahan yang terjadi pada tubuh saat berhubungan hanya terjadi secara temporer dan dalam jangka pendek saja, ya! Semoga bermanfaat informasinya!

Penulis: Nariko Christabel

Cover: stefamerpik on Freepik