banner-detik
LIFESTYLE

7 Wisata Keluarga Halal di Hong Kong: Rekomendasi Terbaik untuk Liburan

author

Katharina Menge05 Oct 2024

7 Wisata Keluarga Halal di Hong Kong: Rekomendasi Terbaik untuk Liburan

Masih mencari destinasi wisata untuk liburan keluarga yang family friendly, ramah anak, dan juga halal? Wajib banget berkunjung ke Hong Kong!

Hong Kong ternyata sudah menjadi salah satu tujuan destinasi wisata keluarga, termasuk dari Indonesia. Menurut data dari Hong Kong Tourism Board, wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Hong Kong mencapai angka 252.000 orang di sepanjang tahun 2023. Lalu per Juli 2024, sudah ada 203,243 wisatawan dari Indonesia yang berlibur ke Hong Kong sejak bulan Januari-Juli 2024, dan angka tersebut sudah mengalami peningkatan sebanyak 74.9% dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

Apalagi saat ini sudah semakin banyak tempat wisata di Hong Kong yang family friendly dan halal untuk keluarga serta wisatawan muslim. Jadi, liburan ke Hong Kong rasanya bisa menjadi salah atu pilihan yang tepat untuk mengisi waktu liburan sekolah anak sekaligus liburan akhir tahun.

Kebetulan di akhir September lalu, Mommies Daily berkesempatan pergi ke Hong Kong dalam rangkaian kegiatan Media Fam Trip bersama Tiket.com dan Hong Kong Tourism Board (HKTB). MD pun menjelajahi banyak tempat wisata di Hong Kong yang wajib banget Mommies dan keluarga datangi saat berlibur ke sana. Dijamin sekeluarga senang!

BACA JUGA: 5 Alasan Kenapa Traveling ke Jepang Cocok Untuk Keluarga

Rekomendasi Wisata di Hong Kong untuk Keluarga

Ini dia tujuh rekomendasi destinasi wisata di Hong Kong yang ramah untuk anak dan keluarga, serta halal untuk wisatawan muslim, termasuk dari Indonesia.

1. Ngong Ping 360

Mari ajak si kecil menikmati 1 dari 10 wahana kereta gantung terbaik di dunia dengan naik Ngong Ping 360. Wisata kereta gantung ini akan membawa keluarga menikmati pemandangan berbeda Hong Kong dari Terminal Kereta Gantung Tung Chung ke Terminal Kereta Gantung Ngong Ping dengan durasi perjalanan selama 20 menit.

Ngong Ping 360 menyediakan iga tipe kabin yang berbeda, yaitu Kabin Standar, Kabin Kristal dengan desain pijakan transparan, hingga tipe Kabin Panorama Kristal+ dengan keempat sisi dan bagian bawah kabin terbuat dari kaca transparan, bikin serasa melayang! Saran dari Momin, supaya lebih hemat tapi bisa menikmati pemandangan dengan maksimal, Mommies bisa pesan tiket berangkat dengan Kabin Panorama Kristal+ dan pulang dengan Kabin Standar.

Setelah sampai di atas, Mommies juga bisa mengunjungi deretan destinasi wisata lainnya di area Ngong Ping. Ada Ngong Ping Village, area yang berisi banyak spot menarik untuk wisatawan, mulai dari makanan, souvenir, hingga area foto, seperti di deretan delapan drum berkat, yang memajang karakter untuk ide-ide positif, mulai dari kebahagiaan hingga kesuksesan, dan juga ‘Pohon Kebangkitan’ atau pohon Bodhi, dengan banyak plakat harapan yang tergantung di cabang-cabangnya.

Ada juga Biara Po Lin, yaitu biara Buddha terkenal di dunia yang berseberangan dengan Patung Buddha Besar (Big Buddha), yaitu patung Buddha terbesar kedua di dunia dengan tinggi keseluruhan sekitar 34 meter. Mommies wajib banget ajak anak-anak berjalan menaiki tangga hingga mencapai puncak dan melihat langsung patung Buddha dari dekat.

2. Disneyland

Wah, kalau tempat ini, sih, pasti sudah jadi incaran banyak orang saat berlibur ke Hong Kong. Namun yang paling berbeda di Disneyland Hong Kong adalah mereka menjadi taman hiburan pertama i Asia yang punya area World of Frozen, yaitu taman bermain bertema Frozen pertama dan terbesar di dunia. Mommies bisa ajak anak-anak menjelajahi dunia Arendelle dan berinteraksi dengan karakter di film Frozen, seperti Elsa dan Anna, dan juga menikmati wahana dan pemandangan yang terinspirasi dari film Frozen. Pasti Mommies jatuh cinta dengan keindahannya!

Di Disneyland Hong Kong juga tersedia pilihan restoran ramah keluarga dan bersertifikat halal, seperti Tahitian Terace, dan juga mushola untuk ruang ibadah yang akan membuat pengalaman liburan keluarga Mommies semakin nyaman dan sempurna.

wisata halal

Oh iya, jangan sampai ketinggalan menikmati pertunjukkan malam “Momentous Nighttime Spectacular” yang dipenuhi keajaiban, musik, dan cahaya yang super cantik. Pertunjukan itu biasanya berlangsung setiap malam pada pukul 8:30. Kembang apinya juga bisa dinikmati dari area Main Street, U.S.A., dan area terbuka di sekitar kastil.

3. Avenue Star

Kalau Mommies dan Daddies ingin mengajak anak mengenak selebriti ikonik di Hong Kong, seperti Bruce Lee, sambil menikmati pemandangan tepi laut, maka wajib banget mengajak mereka ke Avenue of Star. Kebetulan lokasinya dekat dengan Victoria Harbour, jadi Mommies dan keluarga bisa sekalian lihat indahnya pelabuhan ini.

Kalau beruntung, Mommies juga bisa melihat Aqua Luna Cruise yang cantik berlayar di lautan.

wisata halal

4. Star Ferry

Rasanya saying kalau sudah sampai di Victoria Harbour tapi tidak mencoba naik Star Ferry, nih. Nah, Star Ferry ini ternyata sudah melayani penyeberangan di Victoria Harbour selama lebih dari 130 tahun, lho. Jadi, ini merupakan ikon transportasi sekaligus atraksi wisata bersejarah di Hong Kong. Mommies dan keluarga bisa melihat keindahan pemandangan dari Victoria Harbour dan Hong Kong Skyline dengan semakin maksimal. Mau pagi atau malam, pemandangannya selalu sempurna!

Jadwal Keberangkatan Star Ferry juga sangat fleksibel untuk wisatawan yang mau menyeberang antara Tsim Sha Tsui ke Wanchai. Berikut adalah jadwalnya:

  • Pagi (07:20 – 09:00): Setiap 8-11 menit
  • Siang – Sore (09:00 – 18:12): Setiap 8-12 menit
  • Malam (19:36 – 22:50): Setiap 10-20 menit, ideal untuk menikmati keindahan lampu kota di malam hari.

5. The Peak Tram

The Peak Tram ini adalah salah satu atraksi paling terkenal di Hong Kong dan gak boleh terlewatkan. Kapan lagi Mommies sekeluarga bisa menikmati perjalanan yang curam dengan pemandangan dari Victoria Peak ke arah Kowloon. Sampai di atas, nikmati pmandangan 360 derajat yang menakjubkan dari Sky Terrace 428, puncak tertinggi di Pulau Hong Kong. Ini bisa jadi pengalaman unik dan liburan yang tidak terlupakan untuk Keluarga!

Ditambah lagi di area Victoria Peak ada banyak ramah keluarga, termasuk area mall, restoran, pusat perbelanjaan, sampai jalur hiking, buat yang mau mencoba. Buat yang beli oleh-oleh, bisa mampir ke area belanja setelah turun dari Tram. Di situ banyak pernak Pernik khas Hong Kong yang bisa jadi buah tangan.

6. Monopoly Dream

Masih di area Victoria Peak, ada atraksi wisata Monopoly Dreams juga, lho! Ini adalah taman hiburan bertema Monopoly pertama di dunia. Nanti Mommies dan si kecil bisa merasakan permainan Monopoly melalui pengalaman interaktif dengan menggunakan teknologi augmented reality (AR) dan virtual reality (VR).

Nantinya kalian bisa menjelajahi berbagai area bertema properti Monopoly, bermain permainan, dan berpartisipasi dalam aktivitas berbasis karakter. Uniknya, Mommies bisa berkesempatan untuk memenangkan hadiah nyata. Area ini cocok untuk penggemar Monopoly dari segala usia, jadi bisa mengajak semua eluarga ikut serta.

7. Ocean Park

Selain Disneyland, Mommies juga bisa mengajak keluarga bermain di Ocean Park. Area ini menggabungkan taman hiburan dengan taman laut, wahana ekstrem, dan pertunjukan hewan, sehinga cocok untuk anak-anak yang ingin belajar sambil bersenang-senang.

Ocean Park juga merupakan destinasi yang family friendly dan halal-friendly karena ada pilihan makanan halal yang lebih beragam, di antaranya Café Ocean, Clown Corner, Dive Into A Float (Marine World), Panda Café Food To Go (Amazing Asian Animals) and Popcorn Cart (Aqua City) yang memastikan bahwa wisatawan Muslim bisa menikmati makanan dengan nyaman dan memaksimalkan pengalaman berlibur mereka di sana.

wisata halal

Ada juga ruang shalat di Ocean Park yang terletak di Guest Services Centre dekat Main Entrance. Pengunjung dapat meminta akses ke ruang shalat di pusat layanan untuk melaksanakan ibadah dengan nyaman. Oh iya, ada juga penyewaan stroller untuk bayi dan balita hingga nursery room, lho!

Jadi, jangan ragu lagi untuk menikmati liburan yang ramah keluarga dan wisatawan muslim di Hong Kong, ya. Untuk pembelian semua atraksi di atas bisa langsung di akses di Tiket.com juga! Mudah, kan? Selamat berlibur, Mommies!

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by MommiesDaily (@mommiesdailydotcom)

BACA JUGA: Berencana Liburan ke Singapura bersama Keluarga? Ini Rekomendasi Tempat Wisata dan Hotel yang Bisa Dikunjungi

Foto: Dok. Pribadi

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan