banner-detik
EDUCATION

Dukung Kreativitas Anak, Ini 10 Jenis Kursus dan Rekomendasi Tempatnya yang Wajib Dicoba!

author

Mommies Daily19 Sep 2024

Dukung Kreativitas Anak, Ini 10 Jenis Kursus dan Rekomendasi Tempatnya yang Wajib Dicoba!

Mommies ingin mendukung kreativitas anak? Yuk, bantu kembangkan bakat dan keterampilannya di beberapa tempat kursus berikut ini!

Orang tua memiliki kewajiban untuk membekali anaknya dengan berbagai jenis ilmu dan kemampuan yang berguna untuk masa depannya. Selain fasilitas pendidikan, penting juga bagi Mommies untuk memberikan kesempatan kepada si kecil dalam mengembangkan bakat serta kreativitasnya sedari dini.

Dengan mengasah kemampuannya, anak dapat menjadi pribadi yang lebih percaya diri, gigih, dan lebih termotivasi. Salah satu cara untuk mengetahui bakat anak adalah dengan mendaftarkan si kecil pada tempat les tambahan. Ada berbagai macam kursus yang dapat membantu mengembangkan kreativitas si kecil, baik itu dalam bidang seni, olahraga, teknologi, dan lainnya.

BACA JUGA: 5 Tempat Kursus Barista Terbaik untuk Anak dan Dewasa di Indonesia

Jenis Tempat Les untuk Melatih Kreativitas Anak

Agar Mommies tidak bingung untuk menentukan, berikut Mommies Daily telah merangkum beberapa tempat les yang dapat dipilih untuk bantu melatih kreativitas anak. Cek rekomendasinya di bawah ini, yuk!

1. Musik dan Olah Vokal

Banyak orang tua yang sudah mengenalkan musik kepada anaknya sejak dini, mulai dari permainan yang melibatkan tangga nada hingga film yang menyajikan berbagai lagu-lagu anak. Jika si kecil memiliki ketertarikan akan dunia musik, maka Mommies bisa mendaftarkan mereka ke tempat kursus musik atau olah vokal yang dapat membantu mengembangkan kemampuan mereka.

Rekomendasi tempat kursus musik dan olah vocal:

  • Yamaha Music Indonesia Pusat: Jl. Gatot Subroto No.Kav. 4, RT.2/RW.4, Karet Semanggi, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan.
  • Purwacaraka Music Studio Bangbarung: Jl. Cemped No.1, RT.05/RW.07, Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor.
  • Ensiklomusika Music School: Jl. Kemang Timur No.71, RT.4/RW.3, Bangka, Kecamatan Mampang Prapatan, Kota Jakarta Selatan.

2. Tari dan Seni Peran

Foto: Freepik

Seni tari terbagi menjadi beberapa jenis, seperti tari tradisional, modern, kreasi baru, hingga kontemporer. Selain dapat meningkatkan fleksibilitas, tari juga bermanfaat untuk meningkatkan motorik, wujud ekspresi diri, keterampilan sosial, serta menumbuhkan rasa percaya diri. Saat ini sudah banyak tempat kursus tari yang tersedia, mulai dari modern dance hingga balet.

Rekomendasi tempat kursus tari dan seni peran:

  • Rafa International Modern School: Jl. Bangunan Timur No.6, RT.1/RW.3, Kayu Putih, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur.
  • Sanggar Tari Nusantara Selendang Merah: Jl. Merdeka 7 No.36, RT.13/RW.6, Rambutan, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur.
  • Ade Rayanti School of Ballet: Jl. Delman Indah VIII Jl. Tanah Kusir No.20, RT.4/RW.11, Kebayoran Lama Utara, Kecamatan
  • Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan.

3. Futsal

Jenis les berikutnya yang direkomendasikan untuk anak adalah kursus futsal, terutama bagi mereka yang gemar berolahraga. Bermain futsal dengan teman-teman sebayanya dipercaya dapat melatih kemampuan kerja sama si kecil, meningkatkan kesehatan paru-paru, melatih disiplin serta bertanggung jawab, melatih mental anak, hingga melatih jiwa kompetitif mereka. Tidak hanya untuk laki-laki saja, tetapi juga saat ini sudah banyak anak perempuan yang mengikuti kursus ini.

Rekomendasi tempat kursus futsal:

  • ANFA Futsal Academy: Planet Futsal Kelapa Gading. Mall Artha Gading Lt. 7, Jl. Artha Gading Selatan No. 1, Kelapa Gading 14250. Jakarta Utara.
  • Bogor Junior Futsal School: Futsal Karadenan Square, Karadenan, Kec. Cibinong, Kabupaten Bogor.
  • Super Junior Futsal Club: Jl. Citra Raya Boulevard, Cikupa, Kec. Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten.

4. Memanah

Seiring dengan perkembangannya, saat ini panahan menjadi salah satu olahraga yang paling banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, tak terkecuali oleh anak-anak. Ada banyak manfaat yang didapatkan dari olahraga panahan, antara lain meningkatkan fokus serta konsentrasi, menjaga keseimbangan, melatih kesabaran, serta menenangkan pikiran. Akibat tingginya antusias masyarakat akan panahan, kini sudah banyak tempat kursus panahan yang bisa dicoba oleh semua umur, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Rekomendasi tempat kursus panahan:

  • Jakarta Archery Club: Senayan Archery Field, Senayan Sport Complex, Jakarta Selatan.
  • BSD Archery Club: Jl. Raya Rawa Buntu No.19, Rawa Buntu, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan.
  • Generasi Emas Archery Club: Lapangan Moroccan Sport Club, Legenda Wisata Cibubur, Nagrak, Kec. Gn. Putri, Kabupaten Bogor.

5. Panjat Tebing

Foto: Freepik 

Apabila anak Mommies merupakan pribadi yang pemberani dan menyukai tantangan, maka kursus panjat tebing menjadi pilihan yang pas untuk bantu mengembangkan bakat mereka. Meskipun banyak yang menganggap bahwa panjat tebing cukup ekstrim, tetapi nyatanya olahraga ini cukup aman dan menyenangkan. Sebab, pada tempat kursus panjat tebing sudah disediakan peralatan pengaman yang memadai dan pelatih profesional.

Rekomendasi tempat kursus panjat tebing:

  • Jakarta Climbers: Climbing Wall di halaman parkir Universitas Bakrie, Pasar Festival HR Rasuna Said Kuningan, Jakarta.
  • Bremgra Indonesia: Jalan Raya Cilenggang No 123, Serpong, Jawa Barat.
  • Peak to Peak: Jl. Raya Serpong, Ruko Sutera, Niaga 1 No 18, Banten.

6. Memasak

Si kecil gemar bermain masak-masakan? Daftarkan saja ke tempat kursus masak yang bisa membantu mereka untuk menyalurkan hobinya tersebut dan mendapatkan bimbingan dari para ahli. Selain melatih kemampuan memasak, kursus ini sekaligus dapat melatih kemandirian anak, membangun rasa percaya diri, mengasah keterampilan hidup, dan pengenalan akan gizi serta makanan sehat pada anak.

Rekomendasi tempat kursus memasak:

  • ABC Cooking Studio: Senayan City Mall Jl. Asia Afrika No.19, RT.1/RW.3, Gelora, Tanah Abang, Central Jakarta City, Jakarta.
  • Almond Zucchini Cooking Studio: Jalan Prapanca No.6 A, Pulo, Kebayoran Baru, RT.2/RW.3, Pulo, Kec. Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan.
  • Indonesia Patisserie School: Galeri Niaga Mediterania 1 Blok H-8G, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

7. Sepatu Roda

Sepatu roda termasuk dalam salah satu olahraga yang dinikmati oleh anak-anak, terlebih saat ini sudah banyak tempat bermain sepatu roda yang bisa dikunjungi oleh mereka. Untuk mengembangkan keterampilannya dalam bermain sepatu roda, Mommies bisa mendaftarkan si kecil untuk mengikuti kursus olahraga ini. Dengan mengikuti kursus sepatu roda, anak akan mendapatkan sejumlah manfaat, seperti melatih kekuatan tubuh secara keseluruhan dan meningkatkan keseimbangan.

Rekomendasi tempat kursus sepatu roda:

  • Rollerschool: Lapangan Futsal Cilandak Town Square, Jl. TB Simatupang No.Kav. 17, Cilandak Bar., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan.
  • Bogor Inline Skates Club: Lippo Plaza Keboen Raya, Jl. Malabar 2 No.17A, Babakan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.
  • Cross Roller Club: Equity Tower SCBD Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53 SCBD, Jakarta Selatan.

8. Robotic dan Coding

Jenis kursus berikutnya yang bisa diikuti oleh anak untuk membantu mengembangkan kreativitas dan bakatnya adalah kursus robotic dan coding. Selain dapat belajar memecahkan masalah, kursus robotic dan coding juga bisa mengembangkan keterampilan masa depan anak dan membantu mereka untuk berpikir lebih kreatif.

Rekomendasi tempat kursus robotic dan coding:

  • Robokidz : Ruko Pakuwon Town Square blok AA2, Surabaya
  • Robotics Jakarta : Ruko Palmyra Square, Alam Sutera, Tangerang
  • Clevio Coder Camp: Bukit Golf Cibubur, Riverside 1 Blok A7/25, Gunung Putri, Bojong Nangka, Kec. Gn. Putri, Kabupaten Bogor.

9. Modelling

Si kecil gemar berlenggak lenggok di depan cermin dan tertarik dengan dunia fashion? Mungkin Mommies bisa mengikutsertakan anak ke tempat kursus modelling untuk meningkatkan kemampuan dan bakatnya tersebut. Banyak manfaat yang bisa si kecil dapatkan ketika mengikuti kursus modelling, seperti meningkatkan rasa percaya diri, membangun karir di industri bergengsi, membangun relasi, serta mengembangkan kemampuan public speaking mereka.

Rekomendasi tempat kursus modelling:

  • Look Inc Academy: Wisma Iskandarsyah Blok A4-5 Jl. Iskandarsyah Raya Kav.12-14, Jakarta 12160.
  • JIM Models: Optik Seis Signiture Building, Lantai 4, JL. Melawai Raya, No. 65, Kebayoran Baru, Melawai, kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
  • Kimmy Jayanti School: Jln. Bangka 8 No. 19 ABCD, Jl. Bangka VIII No.19 Kav. C, RT.1/RW.12, Pela Mampang, Mampang Prapatan, South Jakarta City, Jakarta.

10. Art & Craft

Foto: Pexels

Kursus berikutnya yang dapat diikuti oleh anak dalam menyalurkan bakatnya adalah kursus art & craft. Ada banyak hal positif yang didapatkan ketika mengikuti kursus art & craft, yakni mampu meningkatkan kreativitas si kecil, mengembangkan imajinasi, melatih kemampuan visual, dan melatih ketekunan anak. Kursus yang berhubungan dengan dunia seni ini terdiri dari berbagai jenis, seperti menggambar, melukis, hingga mewarnai.

Rekomendasi tempat kursus art & craft:

  • Ganara Art Studio : Jl. Wijaya V No.6, RT.3/RW.5, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan.
  • Kutakkatik Art & Craft Class : Jl. Kartika Alam III No.28 8, RT.8/RW.16, Pd. Pinang, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan.
  • Marvellous Little Maestro: Jl. Kemang Raya, RT.4/RW.1, Bangka, Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan.

Nah Mommies, itu dia beberapa jenis tempat les untuk melatih kreativitas anak dan rekomendasinya. Semoga informasi di atas membantu Mommies yang hendak mencari tempat untuk membantu menyalurkan minat dan keterampilan si kecil, ya!

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Tempat Kursus Art and Craft untuk Anak dan Kisaran Biayanya

Ditulis oleh: Nariko Christabel

Cover: Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan