banner-detik
LIFESTYLE

8 Idol K-Pop yang Terjerat Kasus Kejahatan Seksual, Terbaru Ada Taeil NCT!

author

Mommies Daily29 Aug 2024

8 Idol K-Pop yang Terjerat Kasus Kejahatan Seksual, Terbaru Ada Taeil NCT!

Mulai dari Taeil NCT hingga Park Yoo Chun, intip fakta kasus kejahatan seksual idol K-Pop. Plus cara meredakan rasa kecewa jika Mommies atau anak adalah penggemar mereka.

Di balik gemerlap dan mewahnya industri hiburan di Korea Selatan, terdapat sisi kelam yang tidak diketahui oleh publik. Beberapa idol Kpop bahkan pernah mengalami beberapa skandal, salah satunya kejahatan seksual. Seperti yang terbaru saat ini, kabar Taeil NCT yang tidak hanya mengejutkan fansnya, tetapi juga agensi, member grup, dan seluruh masyarakat.

Member NCT 127 tersebut dikeluarkan secara mendadak oleh pihak SM Entertainment karena terjerat kasus kejahatan seksual. Mirisnya, Taeil bukanlah pelaku kejahatan seksual pertama di dunia Kpop. Sebelumnya sudah banyak idol yang tersandung dalam kasus yang serupa.

BACA JUGA: 5 Anggota Kpop Ini Layak Jadi Idola Anak dan Remaja

8 Idol Kpop yang Terjerat Kasus Kejahatan Seksual

Berikut Mommies Daily telah merangkum beberapa bintang Kpop yang pernah terlibat dalam kasus kejahatan seksual.

1. Taeil NCT

taeil

Foto: Instagram/mo.on_air

SM Entertainment selaku agensi NCT mengumumkan bahwa Moon Taeil atau Taeil terlibat dalam kasus kejahatan seksual dan tidak bisa melanjutkan aktivitasnya kembali sebagai member NCT.

“Ini adalah SM Entertainment. Kami baru-baru ini mengonfirmasi bahwa Taeil telah dituduh dalam kasus pidana terkait kejahatan seksual. Saat menyelidiki fakta mengenai hal ini, kami menyadari bahwa masalahnya sangat serius dan memutuskan bahwa dia tidak dapat lagi melanjutkan aktivitas tim. Setelah berdiskusi dengan Taeil, kami memutuskan untuk dia mundur dari tim,” jelas SM Entertainment melalui akun X resmi pada Rabu (28/08/2024).

Hingga kini, SM Entertainment belum memberikan penjelasan lebih lanjut dan terperinci terkait kasus ini. Namun, diketahui bahwa Taeil tengah berpartisipasi dalam penyelidikan polisi. Agensi tersebut juga turut meminta maaf atas kontroversi yang ditimbulkan oleh idol mereka dan berjanji akan memberikan informasi kelanjutan atas penyelidikan kasus Taeil.

2. Seungri eks BigBang

Foto: Instagram/seungriseyo_official

Beberapa tahun lalu, terdapat kasus serupa yang menghebohkan jagat maya. Kasus kriminal terbesar dalam sejarah Kpop yang disebut sebagai “Burning Sun” melibatkan mantan anggota BigBang, Seungri. Skandal ini terbongkar setelah percakapan Seungri bersama selebriti lainnya di grup chat KaKaotalk tersebar.

Diketahui bahwa Seungri diselidiki atas penipuan dan prostitusi di klubnya yang bernama Burning Sun pada tahun 2019. Selanjutnya pada akhir Januari 2022, Pengadilan Tinggi Korea Selatan mengurangi masa tahanan Seungri menjadi hanya 18 bulan dari yang sebelumnya tiga tahun. Selain dipenjara, Seungri juga diwajibkan membayar ganti rugi sebesar 1,15 miliar won Korea atau senilai US$1 juta, untuk kejahatan memfasilitasi prostitusi dan penggelapan uang.

3. Jung Joon Young

Foto: Instagram/jung.joon.young_

Idol Kpop berikutnya yang tersandung dalam kasus kejahatan seksual adalah Jung Joon Young. Penyanyi Kpop jebolan SuperstarK4, aktor, sekaligus pembawa acara tersebut turut terlibat dalam kasus Burning Sun. Jung Joon Young terbukti merekam dan menyebarkan video pelecehan seksual terhadap beberapa tamu perempuan Burning Sun tanpa izin.

Selain itu, dirinya juga dituduh terlibat melakukan pemerkosaan pada tahun 2016 lalu bersama dengan anggota grup chatnya. Jung Joon Young pun akhirnya dijatuhi hukuman penjara oleh Pengadilan Distrik Pusat Seoul pada Mei 2020. Selain dipenjara, ia diwajibkan untuk menyelesaikan program rehabilitasi kekerasan seksual dan dilarang untuk bekerja pada fasilitas yang berhubungan dengan anak-anak.

4. Kris Wu

Foto: Soompi

Mantan member EXO, Wu Yifan atau yang dikenal dengan Kris Wu, divonis 13 tahun penjara pada November 2023 lalu atas kasus pemerkosaan dan kejahatan pencabulan karena mengumpulkan banyak orang untuk melakukan seks bebas. Kris Wu didakwa oleh Pengadilan Distrik Chaoyang, Beijing yang menyebutkan bahwa Kris Wu bersalah karena melakukan pemerkosaan pada tiga orang perempuan pada periode November-Desember 2020.

Akibat kejahatan seksual yang dilakukannya, Kris Wu divonis hukuman penjara selama 11,5 tahun untuk kasus pemerkosaan. Ia juga divonis 22 bulan tambahan untuk perilaku cabul. Selain hukuman penjara, Kris Wu dikenai denda sebesar Rp1,3 triliun atas penggelapan pajak.

5. Himchan eks B.A.P

Foto: Soompi

Kasus kejahatan seksual berikutnya yang menimpa idol Kpop terjadi pada mantan anggota grup B.A.P, Himchan yang beberapa kali terlibat dalam kasus pelecehan seksual. Pada 2019, ia dituduh karena melecehkan seorang perempuan pada sebuah vila di Namyangju. Kasus pun berakhir dengan Himchan membenarkan hal tersebut dan ia dijatuhi hukuman 10 bulan penjara.

Tidak kapok dengan peristiwa tersebut, Himchan kembali melakukan hal yang sama pada dua orang wanita pada sebuah bar di Hannam-dong. Kasus pun berlanjut pada 3 April 2024 yang mana Himchan dituduh menganiaya seorang perempuan di Eunpyeong-gu, Seoul. Himchan kembali divonis hukuman 3 tahun penjara yang ditangguhkan selama 5 tahun masa percobaan.

6. Kim Hyun Joong

Foto: Soompi

Idol yang pernah bermain bersama dengan Lee Min Ho di Boys Before Flowers, Kim Hyun Joong, telah tercoreng namanya sejak terkena skandal kekerasan seksual. Pada 2014 silam, mantan kekasih Kim Hyun Joong mengajukan tuntutan karena mengaku menerima kekerasan fisik dan verbal dari Hyun Joong.

Selain itu, personil SS501 juga dituduh menghamili dan meminta mantan kekasihnya untuk melakukan aborsi. Kasus yang sudah berjalan selama dua tahun tersebut akhirnya berakhir pada 2016, yakni Kim Hyun Joong terbukti sebagai ayah biologis dari anak sang mantan. Peristiwa yang pernah dialami Kim Hyun Joong menyebabkan kariernya di dunia hiburan berhenti.

7. Park Yoo Chun

Foto: Instagram/6002yoochun

Pada tahun 2016, eks member TVXQ, Park Yoo Chun dituduh melakukan pelecehan seksual oleh empat orang wanita di kamar mandi. Setelah melakukan pemeriksaan dan investigasi lebih lanjut, polisi gagal dalam menemukan bukti berkaitan dengan tuduhan yang dibuat terhadap Park Yoo Chun tersebut.

Alhasil, Park Yoo Chun dibebaskan dari semua tuduhan yang pelecehan seksual yang diajukan kepadanya. Selain itu, ia juga dinyatakan tidak bersalah oleh pengadilan.

8. Onew SHINee

Foto: Instagram/dlstmxkakwldrl

Pada Agustus 2017 lalu, salah satu anggota SHINee yakni Onew dilaporkan ke polisi karena telah diduga melakukan pelecehan seksual di sebuah klub malam di Gangnam, Seoul. Tuduhan tersebut dibuktikan melalui rekaman CCTV yang menampilkan Onew terlihat menyentuh tubuh seorang wanita tanpa izin.

Mengetahui peristiwa itu, agensi yang menaungi SHINee, SM Entertainment menjelaskan bahwa pada waktu itu kondisi Onew sedang dalam keadaan mabuk dan tidak menyadari atas tidak yang dilakukannya tersebut. Setelah kasus dilimpahkan ke kejaksaan, Onew tidak dijatuhi hukuman karena pihak perempuan mencabut tuduhan pada hari yang sama. Onew turut menulis permohonan maaf yang ditulis tangan dan dimuat pada situs resmi SHINee.

Cara Remaja Meredakan Rasa Kecewa pada Idolanya

Beberapa kasus kejahatan seksual yang pernah menimpa idol Kpop di atas tentu berdampak pada para fans yang sebelumnya selalu memberikan dukungan kepada idolanya tersebut. Tidak terkecuali rasa kecewa yang muncul.

Oleh karena itu, berikut Mommies Daily bagikan cara untuk meredakan rasa kecewa pada idola yang terlibat dalam skandal kejahatan seksual.

1. Tidak menaruh ekspektasi tinggi

Pada kenyataan, seseorang yang selalu diidolakan oleh kita hanyalah seorang manusia yang bisa melakukan kesalahan, baik itu kecil maupun besar. Apapun bentuk kesalahan yang diperbuat oleh idola, kita tidak boleh memaklumi hal yang telah mereka perbuat atau katakan.

Kalian bisa melihat tanggapan idola terlebih dahulu. Jika mereka meminta maaf dan ingin berubah menjadi lebih baik mungkin bisa dipertimbangkan setelah mereka mendapatkan hukuman setimpal. Namun jika idola tetap mengulangi tindakannya tersebut maka lebih baik untuk berhenti menjadikannya pantutan.

2. Fokus pada karya dan prestasi

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah fokus pada prestasi idola saja. Jika idola yang selalu kamu dukung berbuat kesalahan, tirulah perbuatan baik atau prestasi yang pernah mereka dapatkan. Segala prestasi yang pernah didapatkan idola patut dijadikan motivasi untuk kita agar bisa menjadi pribadi yang lebih berkembang baik secara pemikiran maupun tindakan.

3. Hindari berlebihan dalam mencintai idola

Segala yang berlebihan memang tidak baik, termasuk ketika kita terlalu mencintai idola. Pada saat seseorang menemukan sosok yang dikagumi, akan muncul perasaan ketertarikan yang membuat kita tidak lepas darinya. Akibatnya, kita pun bisa membenarkan segala bentuk perilaku yang dilakukan oleh mereka, termasuk perilaku yang salah.

Terlebih ketika ada teman atau orang lain yang hendak menegur atau menyinggung idola, kita tidak boleh langsung memarahi atau menyerang mereka. Idolakan seseorang sewajarnya dan yang dapat memberikan dampak positif pada hidup kita.

4. Mengutamakan moral dibandingkan idola

Perlu diingat bahwa pada saat mengidolakan seseorang, kita harus menjadi fans yang cerdas dan tetap memprioritaskan moral dibandingkan tokoh idola. Jangan sampai kalian meniru perilaku idola tanpa memfilternya terlebih dahulu. Tidak semua hal yang dilakukan oleh idola relevan untuk ditiru, termasuk ketika mereka berbuat kejahatan atau kesalahan dalam bentuk apapun.

Hindari untuk meniru perbuatan atau perkataan idola secara mentah-mentah tanpa menyaring atau menyesuaikan dengan kondisi keadaanmu saat ini. Apabila idola dinyatakan salah maka tugas kita sebagai penggemar adalah mendukung mereka untuk memperbaiki kesalahan dan menjalani hukuman yang diperbuat tanpa membenarkannya.

Nah Mommies, itu dia sederet idol K-Pop yang pernah terjerat dalam kasus kejahatan seksual hingga beberapa cara yang bisa dilakukan fans untuk mengurangi rasa kecewa pada idola. Mungkin bisa diterapkan oleh Mommies atau Mommies bagikan untuk anak remaja yang punya sosok yang diidolakan. Semoga informasinya bermanfaat!

BACA JUGA: 5 Alasan yang Membuat NCT Dream Patut Jadi Idola Anak

Ditulis oleh: Nariko Christabel

Cover: Instagram @mo.on_air

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan