banner-detik
#MOMMIESWORKINGIT

7 Tips Jadi Content Creator untuk Mommies, Selain Aplikasi Edit Video

author

Dhevita Wulandari26 Aug 2024

7 Tips Jadi Content Creator untuk Mommies, Selain Aplikasi Edit Video

Aplikasi edit video memang sangat penting untuk digunakan demi membuat konten. Selain itu, ada beberapa tips penting untuk jadi content creator. Apa saja?

Saat ini, banyak sekali jenis pekerjaan yang ternyata bisa menghasilkan nominal yang lebih besar dibanding upah minimum. Salah satunya adalah menjadi content creator. 

Content creator adalah seseorang yang membuat konten dan diunggah ke media sosial. Kontennya dapat berupa gambar, video, tulisan, suara, dan kombinasi semuanya. Konten yang dibuat bisa untuk menghibur, menginspirasi, atau menginformasikan sesuatu untuk dikonsumsi oleh audiens.

Selain seru dan menyenangkan karena bekerja sesuai passion dan bisa mengatur waktu dengan fleksibel, menjadi content creator juga susah-susah gampang. Sebab, selain harus menguasai aplikasi edit video andalan, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan dan dilakukan.

Yuk, simak beberapa tips dan trik ini untuk memulai perjalanan Mommies jadi seorang content creator.

1. Temukan Personal Branding dan Niche

Untuk menjadi kreator, Mommies harus membangun personal branding dan mengetahui niche yang akan dijadikan konten di media sosial.

Personal branding meliputi keunikan yang dimiliki dan apa yang membedakan Mommies dari orang lain. Kemudian bagaimana Mommies bisa menciptakan kesan tentang diri di benak para followers, hingga membangun kepercayaan dan kredibilitas di kalangan target audiens. Sementara niche meliputi tujuan pemasaran dari tema atau topik konten yang akan dibuat.

Dengan mengetahui hal-hal tersebut, Mommies akan mudah dalam proses membuat konten yang menarik dan sesuai dengan personal branding serta audiens.

2. Pilih Platform yang Tepat

Dari banyaknya pilihan platform media sosial yang ada, pilih mana yang paling tepat dan relevan dengan konten Mommies. Sebab, berbeda platform maka berbeda juga kebiasaan audiensnya. Lengkapi juga platform yang sudah dipilih dengan foto profil dan biodata yang informatif untuk memudahkan audiens mengenal Mommies.

BACA JUGA: Selain CapCut, Ini 5 Aplikasi Edit Video untuk Mommies yang Mau Jadi Content Creator

3. Fitur Creator

Beberapa platform media sosial memiliki fitur khusus untuk para kreator. Mommies bisa cek fitur ini dan mengganti akun pada platform tersebut menjadi content creator. Fungi dari fitur ini adalah memberi tools untuk editing foto dan video, melihat performa setiap konten di Analytics, bisa monetisasi konten untuk iklan hingga afiliasi, dan fitur komunitas untuk berinteraksi secara khusus dengan pengikut.

4. Membuat Rencana Konten

Menjadwalkan konten setiap hari penting sekali untuk dilakukan. Konsistensi unggahan konten akan membuat audiens selalu menantikan konten terbaru dari Mommies. Cobalah untuk bereskperimen dengan editan video atau foto yang menjadikan hal tersebut sebagai ciri khas.

Foto: DC Studio on Freepik

5. Berinteraksi dan Berkolaborasi

Setelah konten diunggah ke media sosial, selanjutnya lakukan interaksi dengan para pengikut atau audiens untuk menciptakan koneksi. Berinteraksi dengan audiens bisa dilakukan dengan beberapa cara, seperti balas komentar, repost Instagram Story, like unggahan mereka yang menyangkut akun Mommies, hingga mengadakan kuis dan giveaway.

Mommies juga bisa melakukan kolaborasi dengan kreator lainnya, bahkan dengan brand jika ada kerjasama yang ditawarkan. Kolaborasi dengan pembuat konten lain dapat memperluas dan menjangkau audiens baru, lho.

6. Konten Up to Date

Ingat juga untuk selalu up to date dengan berita dan kejadian yang sedang ramai atau viral di media sosial. Siapa tahu bisa jadi inspirasi untuk membuat konten baru yang relate dengan niche akun Mommies.

7. Pastikan Kuota Internet Cukup

Jika sudah melakukan 6 tips di atas, bagian terpenting adalah memiliki kuota internet yang cukup untuk mengunggah konten. Apalagi kalau bisa membeli kuota dan paket internet sesuai budget kantong seperti paket Bebas Puas dari XL.

Paket ini menawarkan internet bebas puas yang bebas bayar sesuai kantong dengan kuota yang bikin puas. Cara untuk mendapatkan paket ini juga gampang banget! Yuk, ikuti beberapa cara di bawah ini:

  1. Buka aplikasi myXL, pilih Bebas Puas.
  2. Klik paketnya dan pilih nominal sesuai kantong mulai dari Rp3 ribu saja dan bisa pilih berapa pun yang Mommies mau.
  3. Kemudian, klik aktifkan dan bayar. Transaksi berhasil, deh!

Kalau setelah membeli paket ternyata Mommies ingin menambah kuota juga bisa banget, tinggal beli lagi dan lakukan kembali cara-cara di atas. Hebatnya lagi, yang bertambah bukan cuma kuota saja, tapi masa aktifnya juga. Jadi kalau nambah kuota, masa aktifnya juga numpuk terus. Kuota semakin banyak, masa aktif juga semakin panjang.

Kuota yang sudah Mommies beli, berlaku dan aktif 24 jam sejak pembelian, jadi meski belinya baru di malam hari, kuota tidak akan hangus ketika pergantian hari tapi tetap bisa dipakai sampai malam hari berikutnya.

Selain beli di aplikasi myXL, Mommies juga bisa beli paket XL Bebas Puas di toko pulsa terdekat kesayangan, lho! Supaya nggak bingung bagaimana cara membeli paket XL Bebas Puas, Mommies bisa tonton tutorial selengkapnya di video berikut ini.

Keren dan gak rugi, kan? Makanya pakai XL Bebas Puas. Bayar bebas sesuai kantong, kuotanya puas!

BACA JUGA: Jadi Ibu Content Creator, Gadget yang Dibutuhkan Nggak Pakai Mahal

Cover: DC Studio on Freepik

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan