banner-detik
LIFESTYLE

Wajah Kusam dan Breakout saat Menstruasi? Ini 7 Solusi Perawatannya 

author

Mommies Daily20 Aug 2024

Wajah Kusam dan Breakout saat Menstruasi? Ini 7 Solusi Perawatannya 

Lakukan tips di bawah ini untuk atasi breakout dan menghindari kulit wajah kusam saat sedang menstruasi. Wajah tetap sehat dan cerah, deh!

Pada saat datang bulan atau menstruasi, biasanya beberapa wanita akan mengalami pegal-pegal, kram, suasana hati yang naik turun hingga rasa nyeri pada bagian bawah perut. Tidak jarang juga menstruasi menyebabkan perubahan pada kulit wajah. Kondisi ini disebabkan karena adanya perubahan hormon.

Perubahan hormon tersebut membuat kulit menjadi lebih sensitif dari biasanya. Beberapa masalah kulit yang biasa terjadi saat menstruasi, seperti jerawat, hingga kulit wajah yang kusam. Meskipun termasuk hal yang normal terjadi, tetapi jika dibiarkan begitu saja hal ini bisa mengganggu penampilan dan membuat kepercayaan diri seseorang berkurang.

Tips Merawat Wajah Breakout dan Kusam saat Menstruasi

Agar kulit wajah tetap sehat dan meminimalkan munculnya breakout serta kulit kusam, berikut Mommies Daily telah merangkum beberapa tips untuk merawat kulit saat menstruasi. 

1. Menjaga Kelembapan Kulit

 

 

Tips pertama yang dapat Mommies lakukan adalah menjaga kelembapan kulit wajah. Hal ini bisa dilakukan dengan rutin mengaplikasikan pelembap yang sesuai dengan tipe kulit. 

Pelembap berfungsi untuk mengunci kelembapan kulit alami atau tahapan skincare yang sebelumnya sudah diaplikasikan. Selain itu, penggunaan pelembap juga untuk menghindari risiko penguapan air yang bisa merusak skin barrier

BACA JUGA: 10 Brand Skincare Favorit yang Aman untuk Remaja Perempuan dan Laki-laki

2. Tetap Menerapkan Pola Makan yang Sehat

 

 

Pada saat menstruasi, biasanya nafsu makan akan turut meningkat. Kondisi ini menyebabkan Mommies menjadi mudah lapar dan ingin makan secara terus-menerus. Pada saat Mommies merasa lapar, tentu lebih memilih makanan junk food yang lebih praktis dan cepat. 

Padahal, hal ini justru bisa memperparah masalah kulit wajah saat menstruasi. Hal ini disebabkan karena junk food memiliki kandungn gula serta lemak berlebih yang bisa menyebabkan lonjakan gula darah dan menyebabkan peradangan pada wajah, seperti breakout.

3. Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

 

 

Air mineral memang umum diketahui memiliki manfaat banyak bagi kesehatan, seperti menjaga kesehatan jantung, memelihara kesehatan tulang, serta menurunkan tekanan darah. Selain itu, air mineral juga bermanfaat untuk mengganti cairan dari darah yang keluar.

Air mineral turut membantu menjaga kelembapan tubuh yang dapat mengurangi risiko munculnya masalah pada kulit wajah, seperti kulit wajah yang kusam dan jerawat. 

4. Hindari Mengkesfoliasi Kulit Terlalu Sering

 

 

Foto: Freepik

Mengeksfoliasi kulit wajah memang penting dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati, mencerahkan kulit wajah, meratakan warna kulit, hingga membantu proses regenerasi sel. Namun, hal ini perlu diperhatikan pada saat Mommies dalam masa menstruasi, ya!

Eksfoliasi yang dilakukan saat menstruasi justru dapat menimbulkan iritasi karena kulit wajah lebih lembut dan sensitif daripada biasanya. Eksfoliasi dengan menggunakan bahan yang kasar bisa membuat tekstur kulit menjadi rusak. 

5. Memijat Wajah

 

 

Tips berikutnya yang dapat Mommies lakukan saat menstruasi untuk menjaga kesehatan kulit adalah dengan memijat wajah dengan lembut. Dengan melakukan pijatan secara lembut pada wajah bisa membantu menstimulasi aliran darah dan membuat wajah menjadi lebih cerah. 

Memijat wajah secara rutin pada saat menstruasi juga dapat membantu memberikan energi pada kulit di pagi hari. Setelah melakukan pijatan, Mommies bisa langsung membilas wajah untuk mengeluarkan sisa kotoran. 

 

6. Menghindari Penggunaan Makeup yang Terlalu Sering

 

Pada saat periode menstruasi, kulit wajah mudah mengalami perubahan sehingga Mommies dianjurkan untuk menghindari penggunaan makeup yang terlalu sering. Hal ini bertujuan untuk menghindari munculnya jerawat akibat minyak yang bercampur dengan sisa makeup yang tidak dibersihkan secara optimal. 

7. Rutin Mencuci Wajah

 

 

Cenderung ketika menstruasi, Mommies merasa malas untuk beraktivitas, salah satunya mencuci wajah. Padahal, hal ini wajib untuk dilakukan terutama saat menstruasi karena peningkatan hormon bisa memicu berkembangnya sebum pada kulit wajah. Jangan lupa untuk mencuci wajah secara rutin selama dua kali dalam sehari untuk mengurangi produksi minyak yang berlebih.

BACA JUGA: Atasi Penuaan, Ini 7 Serum Anti Aging Murah, Harga Mulai dari Rp20.000!

Nah Mommies, itulah sederet tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit wajah selama menstruasi agar tidak kusam atau bahkan breakout. Selamat mencoba!q

Penulis: Nariko Christabel

Cover: pikisuperstar on Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan