banner-detik
LIFESTYLE

Mengusung Tema Budaya Nusantara, Ini Tampilan Paspor Baru Indonesia

author

Mommies Daily19 Aug 2024

Mengusung Tema Budaya Nusantara, Ini Tampilan Paspor Baru Indonesia

Dulu berwarna hijau sekarang merah putih. Intip tampilan paspor baru Indonesia yang memiliki tambahan fitur keamanan ini, yuk!

Bertepatan dengan HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024, Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi secara resmi meluncurkan desain paspor baru Indonesia. Perkenalan paspor baru ini oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi, Silmy Karim ini dilakukan secara langsung di depan Menteri Hukum, Keamanan, dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna Laoly.

Desain paspor yang semula berwarna hijau, kini berubah menjadi warna merah putih. Selain perubahan warna, paspor Indonesia juga mendapatkan pembaruan pada fitur keamanan. Penasaran dengan perubahan lainnya? Simak fakta-fakta menarik tentang paspor baru Indonesia di bawah ini yuk, Mommies!

Paspor Baru Indonesia Mulai Berlaku pada Tahun 2025

Meskipun peluncuran desain sudah diperkenalkan pada 17 Agustus 2024 lalu, tetapi paspor baru baru disebarkan dan berlaku secara resmi tahun depan, tepatnya pada 17 Agustus 2025. Bukan tanpa alasan, melainkan karena membutuhkan persiapan, mulai dari proses percetakan, pendistribusian, hingga penyiapan sistemnya. 

Mengusung Tema Kebhinekaan

Desain paspor baru Indonesia menggunakan warna merah putih, yang mana pada bagian sampulnya berwarna merah dengan huruf serta lambang Garuda yang berwarna putih. Tentunya pemilihan warna ini melambangkan bendera Indonesia yang berwarna merah putih. 

Warna merah putih dipilih juga karena adanya latar belakang filosofis yang melambangkan simbol pemersatu bangsa, kehormatan, keberanian, sejarah perjuangan, hingga kesucian. Pembaruan pada desain paspor Indonesia ini mengusung tema wastra Indonesia yang menggunakan 33 desain kain nusantara pada halaman dalam paspor. 

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Koper untuk Liburan Keluarga

Pembaruan Fitur Keamanan Paspor yang Berstandar Internasional

Foto: Instagram @ditjen_imigrasi & @dirjenimigrasi

Selain perubahan pada desain visualnya, paspor Indonesia juga mendapatkan upgrade fitur keamanan. Dirjen Imigrasi, Silmy mengklaim bahwa paspor baru ini menggunakan teknologi terbaru yang sudah disesuaikan dengan standar dan regulasi International Civil Aviation Organization (ICAO) Annex 9 mengenai Facilitation Bab 3, Subbab C bahwa setiap negara secara berkala harus memperbarui teknik dan fitur pengamanan paspor. 

Dirjen Imigrasi, Silmy Karim turut menegaskan bahwa kekuatan paspor suatu negara mengacu pada empat aspek, seperti fitur pengamanan paspor, keadaan keamanan dari negara penerbit paspor, perilaku warga negara di luar negeri meliputi tindakan tidak overstay dan tidak melanggar peraturan di negara lain, serta diplomasi antar negara.

“Hal ini dilakukan untuk menghindari upaya pemalsuan, replikasi, penggantian/penghapusan data, dan modus operandi pemalsuan paspor lainnya,” jelas Menkumham, Yasonna Laoly saat peluncuran paspor baru di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Sabtu (17/8/2024) melansir dari DetikNews. 

Terbuat dari Bahan Polikarbonat

Fitur keamanan lainnya yang bisa didapatkan dari paspor baru Indonesia yakni memiliki sampul polikarbonat yang tahan dari panas, fleksibel, dan tetap dapat melindungi chip. Selain itu, bagian biodata paspor dari bahan polikarbonat juga dilapisi dengan coating pada permukaannya. 

Paspor baru yang akan dirilis pada 2025 mendatang ini menggunakan tinta kasat mata (fluorescent ink) serta tinta tak kasat mata (infra red ink) yang akan bersinar di bawah sinar ultraviolet. Bahkan, kertas pada buku paspor dilengkapi dengan pengaman dan bersifat sensitif pada kimia. 

“Semoga dengan pembaruan desain baru paspor Republik Indonesia ini merupakan langkah awal dari dimulainya sesuatu yang besar dan berkelanjutan di negara kita,” ungkap Dirjen Imigrasi, Silmy Karim pada laman instagram @ditjen_imigrasi dan @dirjenimihgrasi, Sabtu (17/08/2024). 

BACA JUGA: Suka Nonton Drakor? Ini 20 Tempat Ikonik K-Drama yang Bisa Dikunjungi

Itulah sekian fakta menarik tentang paspor baru Indonesia yang melambangkan kebhinekaan dan ragam budaya yang ada di Indonesia. Semoga proses persiapan hingga perilisan paspor baru di tahun 2025 lancar sehingga masyarakat bisa segera menggunakannya. Semoga bermanfaat informasinya, Mommies!

Penulis: Nariko Christabel

Cover: Instagram @ditjen_imigrasi & @dirjenimigrasi

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan