banner-detik
PARENTING & KIDS

8 Komunitas Balance Bike, Ajak Anak Lebih Aktif Sambil Bermain

author

Mommies Daily11 Aug 2024

8 Komunitas Balance Bike, Ajak Anak Lebih Aktif Sambil Bermain

Ingin melatih keseimbangan si kecil? Yuk, daftarkan mereka di komunitas balance bike yang ada di berbagai wilayah Indonesia ini!

Sepeda tanpa pedal dan rantai atau yang kerap disebut dengan balance bike menjadi hal yang sedang trend saat ini. Terlepas dari kepopulerannya tersebut, balance bike memiliki banyak manfaat, seperti melatih kekuatan otot si kecil, melatih emosi, melatih kemampuan motorik, melatih keseimbangan, meningkatkan kesadaran spasial, hingga meningkatkan kesehatan mental anak. 

Sepeda keseimbangan yang bisa digunakan mulai dari anak berusia 18 bulan ini dirancang khusus untuk membantu si kecil belajar menyetir dan menyeimbangkan tubuhnya. Untuk meningkatkan motivasi anak menggunakan balance bike, Mommies juga bisa mendaftarkannya ke komunitas balance bike yang ada di kota masing-masing. Selain melatih kemampuannya, si kecil juga bisa melatih kemampuan sosialnya saat bertemu teman-teman sesuai usia mereka. 

Daftar Komunitas Balance Bike di Indonesia

Nah, buat Mommies yang hendak mendaftarkan si kecil ke komunitas balance bike, berikut Mommies Daily telah merangkum daftar komunitasnya di bawah ini!

1. Pushbike Jakarta

Rekomendasi pertama yang bisa Mommies ikut sertakan si kecil pertama adalah Pushbike Jakarta. Komunitas yang sudah berdiri sejak tahun 2018 ini selalu rutin mengadakan latihan bersama di sekitar wilayah Jakarta. Selain itu, komunitas Pushbike Jakarta juga kerap kali mengikuti berbagai perlombaan balance bike yang tersedia di Indonesia. 

Instagram: @pushbikejakarta 

BACA JUGA: 12 Skill yang Dimiliki Remaja, Kunci Sukses di Masa Depan

2. Balaibiboo

Komunitas Balance Bike Bogor atau yang biasa disapa dengan Balaibiboo ini sudah hadir sejak tahun 2018 lalu, yang diperuntukkan untuk anak-anak yang berusia 18 bulan hingga 6 tahun. Balaiboo yang mencakup wilayah Kota serta Kabupaten Bogor ini dibentuk dengan tujuan melatih keseimbangan dan sebagai sarana pembelajaran untuk anak menggunakan sepeda roda dua. Komunitas Balaiboo biasanya berlatih di Stadion Pakansari Cibinong. 

Instagram @balancebike.bogor

3. ROAM UI

Bagi Mommies yang berdomisili di daerah Depok dan tertarik untuk mendaftarkan si kecil di komunitas balance bike, maka ROAM UI bisa dijadikan pilihan utama. Tidak hanya mengadakan latihan saja, ROAM UI juga kerap mengadakan acara menarik yang melibatkan anak-anak, seperti lomba menghias balance bike saat acara kemerdekaan hingga kompetisi.

Instagram: @roam_ui_balance_bike_academy

Foto: prostooleh on Freepik

4. Pushbike Tangerang

Rekomendasi berikutnya adalah Pushbike Tangerang. Komunitas yang mencakup wilayah Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan wilayah sekitarnya ini memiliki anggota kurang lebih sejumlah 270 anak, mulai dari usia 18 bulan hingga 7 tahun. Komunitas Pushbike Tangerang juga selalu mengadakan latihan bersama, event race, hingga kegiatan lainnya yang melibatkan orang tua dan anak. 

Instagram @pushbiketangerang.official 

5. Indonesia Balance Bike Community (IBBC) Bandung

Komunitas IBBC yang berlokasi di Bandung ini sudah berdiri sejak tahun 2021. Selain rutin mengadakan latihan di sekitar wilayah Bandung, Indonesia Balance Bike Community juga menyediakan event lainnya, seperti kompetisi yang melibatkan member anak dari berbagai kalangan usia. 

Instagram: @ibbc.official 

6. Balance Bike Lampung (BALABILA)

Komunitas berikutnya yang bisa Mommies jadikan pilihan untuk mendaftarkan si kecil adalah Balance Bike Lampung atau yang kerap disapa dengan BALABILA. BALABILA merupakan komunitas balance bike yang berlokasi di Solo yang sudah berdiri sejak tahun 2018. Di BALABILA, si kecil tidak hanya akan latihan balance bike bersama saja, melainkan juga terdapat aktivitas menarik yang bisa dilakukan, seperti mewarnai, bermain, hingga bercerita bersama dengan member lainnya. 

Instagram: @balancebikesolo  

7. Pushbike Karawang

Untuk Mommies yang berdomisili di wilayah Karawang, bisa mendaftarkan si kecil di komunitas Pushbike Karawang. Dengan mengikuti Pushbike Karawang, anak bisa belajar dan latihan balance bike bersama dengan member lainnya, meningkatkan rasa percaya diri mereka, membangun kedekatan emosional antara orang tua dan anak. 

Instagram: @pushbikekarawang.official

8. Garuda Runbike Community

Garuda Runbike Community merupakan komunitas balance bike lainnya yang sudah berdiri sejak tahun 2020. Sejak tahun tersebut, Garuda Runbike Community sudah menyelenggarakan kompetisi sebanyak empat kali, yang disebut sebagai Garuda Runbike Championship. Selain itu, Garuda Runbike juga kerap bekerja sama dengan kompetisi lainnya yang mengadakan lomba balance bike, seperti event Rising Generation Alpha lalu yang diselenggarakan oleh Mommies Daily. 

Instagram: @garudarunbike 

BACA JUGA: 10 Tempat Les Renang Anak Serta Biayanya, Bisa Privat

Nah Mommies, itulah daftar komunitas balance bike yang ada di Indonesia dan bisa si kecil ikuti untuk melatih kemampuannya dalam menggunakan sepeda roda dua. Jadi, Mommies tertarik untuk mendaftarkan si kecil di komunitas apa, nih? 

Penulis: Nariko Christabel

Cover: senivpetro on Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan