14 Atlet Perempuan di Olimpiade 2024, Ada yang Sedang Hamil!

Lifestyle

Mommies Daily・05 Aug 2024

detail-thumb

Keren banget, 50% atlet di Olimpiade Paris 2024 adalah perempuan. Ada dari Indonesia dan luar negeri. Simak profil dan prestasinya di bawah ini!

Olimpiade merupakan ajang olahraga internasional yang diadakan setiap empat tahun sekali. Tahun ini, Paris menjadi tuan rumahnya. Olimpiade Paris 2024 berhasil mempertemukan setidaknya 206 negara partisipan serta 10.500 atlet yang bertanding di 32 cabang olahraga, termasuk Indonesia yang berhasil mengirimkan 29 atlet. 

Dari 29 atlet perwakilan Indonesia, 13 diantaranya merupakan perempuan. Bahkan, untuk pertama kalinya dalam sejarah, Olimpiade Paris mempertandingkan atlet pria dan wanita dalam jumlah yang sama, sehingga menjadikan Olimpiade musim panas pertama yang mencapai kesetaraan gender. 

Daftar Atlet Perempuan di Olimpiade Paris 2024

Lantas, siapa saja atlet perempuan perwakilan Indonesia dan negara lainnya yang berhasil ciptakan kesetaraan gender di Olimpiade Paris 2024? Intip profilnya di bawah ini, yuk!

1. Nurul Akmal

olimpiade 2024

Foto: Instagram @nurulakmal_12

Tentunya Mommies sudah tidak asing lagi dengan atlet perempuan asal Indonesia satu ini. Nurul Akmal, menjadi perwakilan Indonesia yang bertanding di cabang olahraga angkat beban kelas +81kg. Perempuan yang lahir di Aceh pada 12 Februari 1993 ini memang sudah pernah mengharumkan nama Indonesia pada Islamic Solidarity Games 2017 Baku dengan mendapatkan medali perak, Asian Games 2018 Jakarta – Palembang dengan memperoleh medali emas, Qatar Cup 2019 Doha yakni mendapatkan medali perunggu, dan Islamic Solidarity Games 2021 Konya dengan mendapatkan medali perunggu. 

2. Gregoria Mariska Tunjung

olimpiade 2024

Foto: Instagram @gregorimrska

Gregoria Mariska atau yang kerap disapa dengan Jorji menjadi salah satu perwakilan atlet perempuan Indonesia yang bertanding pada cabang olahraga bulutangkis. Prestasi Jorji dalam bulutangkis tidak perlu diragukan kembali, ia bahkan berhasil menyumbangkan medali pertama bagi Indonesia, yakni medali perunggu. Prestasi lainnya yang berhasil diperoleh oleh perempuan asal Wonogiri ini, meliputi Indonesia International 2015, Singapura International 2015, Banthongyord Junior International 2017, Finnish Open 2018, dan masih banyak lagi. 

3. Diananda Choirunisa 

olimpiade 2024

Foto: Instagram @dianandach

Diananda Choirunisa merupakan perempuan asal Surabaya yang bertanding di cabang olahraga panahan putri dalam Olimpiade Paris 2024. Meskipuin langkah Diananda terhenti pada babak perempat final, tetapi perjuangannya tersebut berhasil mencetak sejarah baru bagi Indonesia. Diananda sebelumnya telah berhasil memperoleh medali perunggu di Asian Games 2023. 

BACA JUGA: Rekomendasi Tempat Les Olahraga Panahan untuk Anak, Perkuat Fokus dan Konsentrasi

4. Rajiah Sallsabillah

Foto: Instagram @rajiahsallsabillah

Atlet perempuan berikutnya yang menjadi perwakilan Indonesia pada Olimpiade Paris 2024 adalah Rajiah Salsabillah. Atlet panjat tebing berusia 25 tahun tersebut, berhasil viral di media sosial dan menyita banyak perhatian warganet berkat kecepatannya yang turun di nomor speed. Partisipasi Rajiah pada Olimpiade Paris 2024 sangat spesial karena merupakan kali pertama cabang panjat tebing nomor speed dipertandingkan. Sebelumnya, Rajiah telah memperoleh prestasi dengan mendapatkan medali perunggu pada babak kualifikasi di Budapest. 

5. Maryam March Maharani

Foto: Instagram @kemenpora

Menjadi satu-satunya atlet judo atau judoka asal Indonesia di perwakilan Olimpiade Paris 2024, Maryam menjadi atlet pertama yang mewakili Indonesia di Olimpiade sejak Putu Wiradamungga Adesta di Olimpiade London 2012. Maryam turun pada kelas 52 kg dan menjadi judoka putri yang berada pada urutan kelima Asia dari 10 yang terbaik. Sebelumnya, Maryam sudah memperoleh beberapa prestasi, seperti menduduki peringkat 5 pada Asian Games 2023 Hanzou, peringkat 9 di Oceania Open di Perth, serta mendapatkan medali perunggu di turnamen European Open 2024. 

6. Rifda Irfanaluthfi 

Foto: Instagram @rifda_irnaluthfi

Senam artistik Indonesia mencetak sejarah baru di Indonesia setelah berhasil mengirimkan perwakilannya, Rifda Irfanaluthfi ke ajang perlombaan paling bergengsi tersebut untuk pertama kalinya. Rifda diketahui terpilih melalui Federation Internationale de Gymnastique (FIG) Rules, yang merupakan bentuk kewenangan dari host country untuk menunjuk National Federation (NF) yang layak tampil di dalam Olimpiade 2024.Prestasi Rifda juga sudah terlihat pada SEA Games 2017, 2019, dan 2021. 

7. Azzahra Permatahani

Foto: Instagram @zahrapermatahani

Atlet perempuan Indonesia berikutnya yang berhasil berlaga di Olimpiade Paris 2024 adalah Azzahra Permatahani, pada cabang olahraga renang nomor gaya ganti perorangan 200 m putri. Penampilan perempuan berusia 22 tahun tersebut menjadi kedua kalinya, setelah berlaga di Olimpiade Musim Dingin di Tokyo 2022 lalu. 

8. An Se-young

Foto: Instagram @a_sy_2225 

An Se-young merupakan pebulutangkis wanita asal Korea Selatan yang berhasil mengalahkan Gregoria Mariska di semifinal bulutangkis tunggal putri Olimpiade Paris 2024. Dibalik kemenangannya tersebut, usai pertandingan An Se-young memberikan respek yang tinggi kepada Jorji. Prestasi An Se-young sebelumnya telah mendapatkan podium tertinggi di India Open, Indonesia Masters, All England, Thailand Open, Singapore Open, dan masih banyak lagi. 

BACA JUGA: Sejarah dan Rekomendasi Lapangan Padel di Jakarta, Lagi Trending

9. Yaylagul Ramazanova

Foto: Instagram @publity

Kehebatan wanita lainnya yang berlaga di Olimpiade Paris 2024 turut ditunjukan oleh Yaylagul Ramazanova. Perempuan yang berlaga pada cabang olahraga panahan tersebut berhasil menyorot perhatian masyarakat karena tampil dengan kondisi hamil enam setengah bulan. Pada olahraga yang perlu membutuhkan keterampilan dan fokus yang luar biasa. Meskipun langkahnya harus berhenti di babak 16 besar, Yaylagul Ramazanova menginspirasi banyak ibu dan atlet yang tampil di Olimpiade. 

10. Julien Alfred

Foto: Instagram @julien.alfred

Berhasil mematahkan dominasi 16 tahun Jamaika, Julien Alfred berhasil meraih medali emas dengan catatan waktu 10,72 detik di nomor lari 100 meter pada Olimpiade Paris 2024. Kemenangannya tersebut mengejutkan masyarakat karena berasal dari sebuah negara kecil di timur Karibia. Selain itu, prestasi yang berhasil didapatkan Julien tersebut mencetak sejarah Saint Lucia karena pertama kali mendapatkan medali. 

11. Kim Je Yi

Foto: Instagram @fyi.korea

Atlet perempuan selanjutnya yang berhasil menarik banyak perhatian warganet adalah Kim Je Yi, pada cabang olahraga tembak nomor pistol 10 meter putri. Pasalnya, dibalik penampilannya yang nyentrik dengan outfit serba hitam, Kim Je Yi tampak mengaitkan boneka gajah kecil di jari kiri. Boneka ini diketahui milik anaknya yang dijadikan sebagai jimat keberuntungan selama ia bertanding. 

12. Kaylia Nemour

Foto: Instagram @kaylianemour

Meskipun sebelumnya pernah ditolak masuk tim senam Prancis, Kaylia Nemour berhasil membuktikan keterampilannya dengan memperoleh medali emas pada Olimpiade Paris 2024. Atlet senam berusia 17 tahun tersebut berhasil mengungguli Qiu Qiyuan dari China dan Sunisa Lee dari Amerika Serikat. Sebelumnya, Nemour telah bertanding untuk Aljazair sejak tahun lalu setelah perselisihan dengan federasi senam Prancis, tetapi menemukan banyak dukungan di Arena Bercy.

13. Zheng Qinwen

Foto: Instagram @zhengqinwen_tennis

Atlet perempuan lainnya yang berhasil berlaga dan mendapatkan medali emas di Olimpiade Paris 2024 adalah Zheng Qinwen pada cang olahraga tenis tunggal putri. Zheng berhasil menyumbangkan medali pertama bagi negaranya tersebut pada olahraga tenis. Zheng diketahui sudah memperoleh banyak prestasi, diantaranya French Open 2011 dan Australia Open 2024. 

14. Nada Hafez

olimpiade 2024

Foto: Instagram @nada_hafez

Penampilan Nada Hafez pada Olimpiade Paris 2024 menjadi sorotan banyak orang, karena berlomba pada keadaan hamil 7 bulan. Atlet olahraga anggar yang turun di nomor pertandingan women sabre tersebut memenangkan putaran pertama dengan mengalahkan Jeon Hayoung dari Korea Selatan. Namun, sayangnya perjuangan Nada harus terhenti di babak 16 besar. 

BACA JUGA: 10 Tempat Les Renang Anak Serta Biayanya, Bisa Privat

Nah itu dia daftar atlet perempuan yang berlaga di Olimpiade Paris 2024. Ada atlet favorit Mommies gak nih? Semoga perjuangan dan prestasi para perempuan di atas bisa menginspirasi Mommies, ya!

Penulis: Nariko Christabel

Editor: Dhevita Wulandari

Cover: viarprodesign on Freepik