Sejarah dan Rekomendasi Lapangan Padel di Jakarta, Lagi Trending

Lifestyle

Mommies Daily・02 Aug 2024

detail-thumb

Perpaduan tenis dan squash, yuk, kenalan dengan olahraga padel yang sedang trending di Indonesia saat ini. Ketahui juga lokasi lapangan padel di Jakarta.

Pecinta olahraga mungkin sudah tidak asing lagi dengan olahraga tenis dan badminton. Namun, tahukah Mommies saat ini terdapat olahraga baru yang populer dan digandrungi oleh banyak orang, yakni padel. Cabang olahraga baru yang mirip dengan tenis dan badminton ini merupakan gabungan dari tenis dan squash. 

Padel merupakan olahraga yang yang dimainkan oleh dua pasangan dengan menggunakan raket yang terbuat dari fiberglass yang dilapisi oleh busa dan memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan dengan raket tenis. Selain itu, lapangan dan bola yang digunakan pada olahraga padel cenderung lebih kecil juga. Olahraga yang berasal dari Spanyol ini disambut dengan sangat baik oleh pecinta olahraga dan banyak peminatnya. 

Sejarah Olahraga Padel

Sebelum mengetahui aturan bermain olahraga padel, ada baiknya jika Mommies mengetahui sejarah dari olahraga raket yang satu ini. Padel pertama kali ditemukan oleh Enrique Corcuera pada tahun 1969 di Acapulco, Meksiko. Kala itu, Enrique memiliki mempunyai lapangan di rumah dan menggabungkan permainan squash dan memasukkan beberapa aturan tenis, sehingga lahirlah sebuah olahraga baru yang dinamakan padel. 

Untuk menguji coba, Enrique mengajak teman-temannya untuk olahraga padel. Salah satu temannya yang bernama Alfonso membawa penemuan tersebut ke negara asalnya, yakni Spanyol. Alfonso turut membangun dua lapangan padel di Marbella dan memodifikasi olahraga tersebut menjadi lebih kompetitif. 

Mulai sejak itu olahraga padel menjadi terkenal dan semakin menyebar ke berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Kepopuleran olahraga ini membuat terciptanya Federation International de Paddle (FIP) di Spanyol yang membuat olahraga ini menjadi lebih profesional, bahkan memiliki kejuaraannya sendiri. 

BACA JUGA: Kisah Ballerina Farm yang Menuai Kontroversi Dunia, Ini 7 Faktanya

Aturan Olahraga Padel

Sebagai perpaduan olahraga tenis dan squash, berikut ini beberapa aturan bermain padel yang perlu Mommies ketahui. 

  1. Olahraga padel dimainkan pada lapangan berukuran 10 x 20 meter, terdapat juga lapangan berukuran 6 x 20 meter untuk permainan tunggal
  2. Lapangan dikelilingi oleh tembok tinggi yang bervariasi, agar bola dapat memantul seperti permainan squash
  3. Pemain padel akan dipisahkan dengan net setinggi 88 cm 
  4. Pemain menggunakan raket yang mirip dengan bet tenis meja, tetapi berukuran lebih besar 
  5. Pemain menggunakan raket untuk mengembalikan bola ke arah lawan dengan syarat bola tidak boleh memantul sebanyak dua kali ke permukaan lapangan wilayahnya
  6. Permainan ini menggunakan sistem score yang sama dengan tenis, yakni 0-15-30, 40, dan sistem deuce 

Rekomendasi Tempat Bermain Padel

Setelah mengetahui sejarah dan cara bermain padel, berikut Mommies Daily telah merangkum rekomendasi lapangan padel yang bisa Mommies kunjungi bersama anak dan keluarga. 

1. Padel Pro Kemang

Foto: Instagram: @padelproid

Lapangan padel indoor di Padel Pro Kemang ini memiliki konsep modern dengan langit-langit tinggi yang menjulang. Uniknya, Padel Pro Kemang memiliki lapangan berwarna pink yang pastinya menawarkan pengalaman berbeda dari sebelumnya dan instagrammable. Padel pro menyediakan berbagai pilihan, seperti private coaching (1 on 1), semi private coaching (2 on 1), serta group training (4 orang per sesi) selama 60 menit. 

Jam buka: 06.00 – 00.00

Harga: Rp254.000 – Rp675.000

Alamat: Jl. Kemang II No.35, Bangka, Mpg. Prapatan, Kota Jakarta Selatan.

Instagram: @padelproid 

2. Racquet Padel Club

Foto: Instagram: @racquet_padel_club

Rekomendasi tempat bermain padel yang bisa Mommies kunjungi bersama si kecil berikutnya adalah Racquet Padel Club. Berbeda dengan tempat padel sebelumnya, Racquet Padel Club menyediakan 4 lapangan semi outdoor dan outdoor. Mommies tidak perlu khawatir apabila belum memiliki peralatan bermain karena Racquet Padel Club menyediakan raket dan bola yang dapat dimainkan mulai dari anak-anak hingga dewasa. 

Jam buka: 06.00 – 21.00

Harga: mulai dari Rp75.000

Alamat: Jl. M.P.R. III Dalam No.4, RT.4/RW.13, Cilandak Bar., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan. 

Instagram: @racquet_padel_club

3. Homeground Padel

Foto: Instagram: @homegroundpadel

Homeground Padel memiliki 1 lapangan outdoor dan 3 lapangan semi outdoor yang dilengkapi dengan tiang jaring-jaring besi yang menjulang tinggi. Tempat padel yang terletak di daerah Jakarta Barat ini dapat diikuti mulai dari anak-anak hingga dewasa. Selain itu, Homeground Padel juga menyediakan clubhouse, berbagai program latihan, turnamen reguler, hingga acara sosial.

Jam buka: 06.00 – 23.00

Alamat: l. Kedoya Pilar No.7, RT.7/RW.3, Kedoya Sel., Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat.

Instagram: @homegroundpadel 

4. Verde Sports Hub

Foto: Instagram: @verdesportshub

Rekomendasi tempat padel selanjutnya cocok untuk Mommies yang berdomisili di daerah Pantai Indah Kapuk. Verde Sports Hub memiliki 4 lapangan padel berstandar Internasional yang memiliki fasilitas lengkap lainnya, seperti ruang loker dan kamar mandi. Tempat padel ini juga menyediakan kelas bersama pelatih yang sudah termasuk sewa lapangan, raket, dan bola. 

Jam buka: 06.00 – 22.00

Alamat: Pantai Indah Kapuk 2, Jakarta Utara. 

Harga: Rp120.000 – Rp350.000

Instagram: @verdesportshub 

BACA JUGA: MD Ask the Expert: Olahraga Mudah untuk Menurunkan Berat Badan

Nah Mommies, itu dia informasi mengenai olahraga padel yang sedang populer saat ini di kalangan masyarakat beserta rekomendasi tempat bermain padel yang bisa dikunjungi bersama anak dan keluarga. 

Penulis: Nariko Christabel

Editor: Dhevita Wulandari

Cover: Freepik