banner-detik
SELF

10 Jenis Makanan Terbaik untuk Detox, Tubuh Semakin Sehat

author

Mommies Daily・27 Jul 2024

10 Jenis Makanan Terbaik untuk Detox, Tubuh Semakin Sehat

Tubuh mulai terasa tidak enak? Mungkin Mommies bisa menyantap deretan makanan untuk detox berikut ini agar tubuh tetap sehat.

Merasa lesu akhir-akhir ini? Mengonsumsi makanan yang seimbang dapat membantu tubuh mendapatkan nutrisi yang tepat yang dibutuhkan untuk memberi energi sepanjang hari. Inilah pentingnya untuk melakukan detoks tubuh secara rutin.

Apakah akhir-akhir ini Mommies merasa tidak nyaman. Mungkin Mommies tidak sakit, tetapi juga tidak merasa sehatdan bahagia. Mengapa? Bisa jadi polusi dan pola makan tidaksehat membuat tubuh cepat lesu.

Banyak makanan yang kaya akan vitamin dan antioksidandapat membantu kemampuan alami tubuh untukmembersihkan dan mendetoksifikasi dirinya sendiri.

Menyantap makanan untuk detoks adalah cara tercepat dan paling efektif untuk membuang racun dari dalam tubuh. Yuk, simak apa saja jenis-jenis makanan untuk detoks, mulai dari makanan untuk detox usus hingga makanan untuk detox jerawat.

BACA JUGA: 9 Kebiasaan Pola Makan Sehat di Usia 50-an agar Tetap Bugar saat Lansia

1. Sayuran hijau

Mommies sudah tahu jika sayuran hijau sangat baik. Khususnya sangat baik sebagai makanan untuk detoks hati. Sayuran hijau dapat dimakan mentah, dimasak atau sebagaijus atau smoothie. Dengan kandungan klorofil yang sangat tinggi, sayuran hijau ini menyerap racun lingkungan darialiran darah dan membantu mendetoksifikasi hati.

2. Ikan

Ikan sarat dengan asam lemak omega 3, yang sangat baiksebagai makanan untuk detoks jerawat. Jerawat adalah kondisikulit yang meradang, dan ikan sangat membantu dalammelawan produksi bahan kimia yang meradang.

Selain itu, mengonsumsi banyak ikan dapat membantumembersihkan tubuh dan mengatur kadar hormon, loh. Dengan cara ini, Mommies dapat mengatasi akar penyebab masalahnya, dan mencegah jerawat bahkan sebelum jerawat tersebut menjadi masalah. Perhatikan bahwa ikan berlemak, seperti Makarel dan Salmon, sangat baik untuk kulit berjerawat.

3. Apel

Berminat untuk detoks tapi punya gerd? Coba deh detoks dengan apel. Selain tinggi akan pektin, polifenol yang terdapat dalam apel menjaga kadar serum dan lipid hati tetap terkendali. Apel juga mengandung malicacid yang membantu membuang racun dan karsinogen.

Apel memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu membersihkan hati dan juga tidak membuat asam lambung naik.

4. Asparagus

Makanan untuk detoks tubuh selanjutnya adalah asparagus. Asparagus mengandung glutathione, antioksidan terkenal yang mendorong detoksifikasi. Asparagus juga merupakan sumber serat, folat, zat besi, dan vitamin A, C, E, dan K yang baik, serta bermanfaat bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi. Selain itu, juga dikenal dapat meningkatkan fungsi ginjal dan kandung kemih.

5. Brokoli

Foto: Pexels

Brokoli mengandung sulforaphane, yang sangat baik untuk melawan sel-sel infeksi dalam tubuh kita. Makan brokoli juga dapat membantu tubuh melawan bahan kimia pemicu kanker dan meningkatkan kemampuan hati untuk mengatur kadar bahan kimia dalam tubuh.

6. Buah-buahan citrus

Buah-buahan yang kaya akan Vitamin C tidak hanya menyegarkan, tapi juga makanan untuk detoks jerawat yang pas. Jeruk, lemon, jeruk bali, jeruk bali, jeruk bali, dan buah citrus sejenis lainnya bekerja dengan cara membersihkan kotoran dan minyak berlebih dari tubuh.

Ditambah lagi, asam sitrat yang ditemukan dalam buah-buahan ini bekerja untuk melawan bakteri dan membantu kulit bersinar dari dalam.

7. Kale

Kale sempat menjadi primadona superfood dan itu semua benar. Kale dikemas dengan asam amino yang membantu menjaga pikiran tetap tajam dan juga bermanfaat untuk mengelola kolesterol. Kale juga dapat membantu mengelola tekanan darah dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

8. Teh hijau

Sebagai salah satu minuman yang paling populer dikonsumsidi seluruh dunia, teh hijau memiliki reputasi sebagai alternatif yang menyehatkan. Teh hijau mengandung antioksidan dan secara alami mengandung klorofil yang tinggi (klorofil adalah yang memberi warna hijau pada teh hijau) dan sangat dihargai karena efek pembersihan dan detoks tubuh.

9. Ubi jalar

Ketika Mommies makan ubi jalar, maka tubuh akan mengubah kandungan beta-karoten menjadi Vitamin A, yang sangat baik untuk melawan jerawat dan mencegah timbulnya keriput. Selain itu, ubi jalar juga berfungsi sebagai pelindung kulit dari perubahan warna, peradangan, dan pori-pori yang tersumbat.

10. Kunyit

Kunyit sering dijadikan salah satu bumbu makanan karena menambah kelezatan masakan. Rupanya kunyit juga baik sebagai jenis makanan untuk detoks. Kunyit memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi dan membantu mendukung pencernaan.

BACA JUGA: Autoimun Bisa Sembuh? Kenali Jenis, Penyebab, dan Gejalanya

Penulis: Imelda Rahma

Cover: jcomp on Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan