banner-detik
PARENTING & KIDS

Hari Anak Nasional 2024, Ini 10 Hak Anak yang Wajib Dipenuhi Orang Tua

author

Mommies Daily23 Jul 2024

Hari Anak Nasional 2024, Ini 10 Hak Anak yang Wajib Dipenuhi Orang Tua

Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2024, yuk, ketahui dan pelajari hak-hak anak yang wajib dipenuhi para orang tua.

Tanggal 23 Juli selalu diperingati sebagai Hari Anak Nasional. Momen istimewa yang hanya terjadi setahun sekali ini bertujuan untuk melindungi dan membina generasi selanjutnya sebagai penerus bangsa. Selain itu, Hari Anak Nasional juga bertujuan untuk mengkampanyekan pemenuhan hak anak yang wajib dipenuhi orang tua, mulai dari hak hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi dalam kehidupan sesuai dengan harkat martabat kemanusiaan serta mendapatkan hak perlindungan kekerasan dan diskriminasi dari lingkungan sekitarnya.

Setiap tahunnya, Hari Anak Nasional memiliki tema yang berbeda-beda. Untuk tahun ini, temanya adalah ”Anak Terlindungi, Indonesia Maju” sesuai dengan tujuan utama Hari Anak Nasional, yaitu menjamin terpenuhinya hak-hak anak. Hari Anak Nasional ini tentu juga menjadi pengingat para orang tua untuk selalu membimbing dan memastikan anak-anaknya mendapatkan hak yang sama untuk masa depan mereka.

Lalu, apa saja hak-hak anak yang wajib dipenuhi orang tua? Berikut Mommies Daily rangkum 10 hak anak yang wajib dipenuhi orang tua. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

Hak Anak yang Wajib Dipenuhi Orang Tua

Berikut 10 hak anak yang wajib Mommies dan Daddies penuhi.

1. Hak Mendapatkan Identitas

Setelah anak lahir, Mommies wajib memenuhi haknya untuk mendapatkan identitas resmi dengan mendaftarkan mereka ke dalam kartu keluarga dan akta kelahiran. Dua dokumen tersebut sangat bermanfaat untuk kehidupan anak ke depannya.

2. Hak Memiliki Kewarganegaraan

Selain memiliki hak untuk didaftarkan ke dalam kartu keluarga dan akta kelahiran, saat dewasa anak juga berhak untuk diakui kewarganegaraannya oleh bangsanya sendiri dengan mendapatkan KTP atau paspor. Selain menjamin kewarganegaraannya, hak ini juga akan mempermudah anak untuk mendapatkan layanan pendidikan dan kesehatan dari negara.

BACA JUGA: 30 Bahasa Gaul Gen Alpha, Wajib Orang Tua Ketahui!

3. Hak Memperoleh Perlindungan

Anak-anak berhak mendapatkan perlindungan dari berbagai ancaman kekerasan, mulai dari psikis maupun fisik. Orang tua juga dilarang untuk melakukan kekerasan verbal dan non verbal terhadap anak serta memiliki kewajiban untuk menjamin keselamatan anak-anaknya.

4. Hak Memperoleh Makanan

Anak berhak mendapatkan makanan dengan kualitas gizi terbaik dan juga berhak mendapatkan ASI eksklusif sampai usia 6 bulan. Oleh karena itu, orang tua wajib memberikan makanan yang penuh nutrisi setiap harinya untuk anak-anak agar mereka bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

5. Hak Atas Kesehatan Tubuh yang Sehat Akan Membuat Anak Berkembang Optimal

Anak berhak memiliki tubuh yang sehat untuk mendukung perkembangannya. Mommies bisa melakukannya dengan memberikan makanan yang sehat dan bergizi, membawa anak imunisasi dan ke posyandu, pemeriksaan gigi setiap 6 bulan sekali, serta mendapatkan pelayanan kesehatan reproduksi remaja. 

Foto: Gustavo Fring on Pexels

6. Hak Rekreasi

Hak Rekreasi bertujuan untuk menghindari anak mengalami stres dan mendapatkan kebahagiaan dari orang tuanya. Rekreasi tidak harus selalu mengunjungi tempat-tempat yang mahal, Mommies bisa melakukan piknik ke taman-taman terdekat sambil membawa bekal makanan dari rumah.

7. Hak Mendapatkan Pendidikan

Anak berhak mendapatkan pendidikan yang layak dari orang tuanya. Hal ini juga berlaku bagi anak yang berasal dari keluarga tidak mampu. Sebab, hak mendapatkan pendidikan ini sudah diatur melalui Undang Undang Perlindungan Anak yang menyatakan bahwa negara bertanggung jawab untuk memberi biaya bantuan atau bantuan cuma-cuma atau pelayanan khusus bagi anak yang berasal dari keluarga tidak mampu, anak terlantar, dan anak yang bertempat tinggal di daerah terpencil.

8. Hak Bermain

Bermain adalah wadah bagi anak-anak untuk menghilangkan stres dan meningkatkan kemampuan bersosialisasinya dengan teman sebaya. Selain itu, bermain juga akan membantu anak memahami lingkungan di sekitarnya. Saat anak bermain, orang tua juga dianjurkan untuk selalu mengawasinya dari jauh.

9. Hak untuk Berperan dalam Pembangunan

Mommies wajib mengajak anak-anak untuk berpartisipasi dalam pembangunan dari hal-hal sederhana, seperti mengajarkan anak membuang sampah pada tempatnya. Ajari juga bahwa hal-hal sederhana tersebut dapat membuat anak menjadi warga negara yang baik serta generasi penerus yang berguna bagi bangsanya.

10. Hak untuk Mendapatkan Kesamaan

Setiap anak berhak mendapatkan kesempatan yang sama untuk tumbuh dan berkembang. Hak ini berkaitan dengan hak-hak yang sudah disebutkan di atas, artinya orang tua wajib memenuhi semua hak anaknya tanpa membeda-bedakan mereka dengan kakak atau adiknya.

BACA JUGA: 7 Alasan Kenapa Anak Lebih Suka Bermain dengan Ayah, Mommies Tak Perlu Khawatir, Ya!

Itu dia 10 hak anak yang wajib dipenuhi orang tua. Selamat Hari Anak Nasional, yuk, perjuangkan hak-hak anak Indonesia agar mereka bisa meneruskan perjuangan bangsanya!

Penulis: Shandya Pricilla

Cover: Yan Krukau on Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan