banner-detik
LIFESTYLE

Kandungan Skincare yang Aman Dipakai Bersamaan dan Manfaatnya

author

RachelKaloh20 Jul 2024

Kandungan Skincare yang Aman Dipakai Bersamaan dan Manfaatnya

Menggunakan beberapa kandungan skincare secara bersamaan bisa membantu kita mendapatkan manfaat yang lebih optimal. Apa aja sih yang aman dipakai barengan?

Kandungan skincare apa, nih, yang sekarang lagi jadi jagoan Mommies? Tahu, kan, kalau beberapa ingredients bisa dipakai secara bersamaan untuk mendapatkan manfaat yang lebih optimal? Namun, pastikan ingredients tersebut aman bila digabungkan dengan ingredients lain, terutama bahan aktif. Supaya nggak bingung saat ingin mencoba menggabungkan dua ingredients dalam satu rangkaian skincare Mommies, simak dulu tipsnya berikut ini.

Retinol + Niacinamide, combo ingredients kunci kulit glowing

Keduanya merupakan bahan aktif yang kuat, tapi manfaat keduanya saling mendukung bila dikombinasikan. Cara penggunaannya, bisa dalam dua tahap yang berbeda, misalnya Anda menggunakan toner atau essence dengan kandungan niacinamide, kemudian dilanjutkan dengan serum dengan kandungan retinol. Hal ini baik diaplikasikan karena efek retinol yang paling umum, seperti kulit kemerahan dan perih di wajah, ternyata dapat diredam dengan kandungan niacinamide. Selain itu, kombinasi antara niacinamide dengan retinol ini dapat membantu memudarkan bekas jerawat dan flek hitam, membuat warna kulit lebih merata, bahkan meminimalkan kerut di wajah. 

Retinol + Hyaluronic Acid, kulit cerah tanpa iritasi

Menurut dr. Aamna Adel, seorang dermatologi berbasis di U.K, penggunaan hyaluronic acid adalah cara yang cukup ampuh dalam mengatasi iritasi dan kekeringan yang mungkin dialami akibat penggunaan retinol. Beliau merekomendasikan untuk mengaplikasikan produk dengan kandungan hyaluronic acid terlebih dahulu, kemudian ketika wajah sudah benar-benar kering, lanjutkan dengan produk yang mengandung retinol. Dalam sebuah studi tahun 2021, hyaluronic acid terbukti efektif dalam memulihkan hidrasi, menjaga kekenyalan kulit dan menghilangkan garis-garis halus dan kerutan. Sementara, retinol terkenal dengan kemampuannya mencerahkan kulit dan mengatasi tanda penuaan yang mulai muncul. Maka, ketika menggabungkan keduanya, Anda akan mendapatkan manfaat kulit cerah dan awet muda, tanpa harus mengalami iritasi.

Ceramide dan Niacinamide, kunci kulit lembut, glowing dan merata

Dr. Scott Paviol dari Paviol Dermatology, dalam artikel di TODAY menjelaskan bahwa ceramide dan niacinamide merupakan dua bahan aktif yang bisa dipakai secara bersamaan. Ceramide membantu meningkatkan fungsi pelindung kulit dan meningkatkan retensi kelembapan, sementara niacinamide memperbaiki ukuran pori-pori dan tekstur kulit. Jika menggabungkan keduanya, manfaat keduanya bisa saling melengkapi, memberikan Anda kulit lembut, bercahaya, dan merata.

Vitamin C dan SPF, kunci kulit terlindungi sepanjang hari

Mungkin selama ini kita sering dengar, bahwa bila di malam hari Anda menggunakan skincare dengan kandungan vitamin C, maka pada pagi hari, kulit wajib dilindungi dengan penggunaan sunscreen dengan SPF. Ternyata, alasannya adalah kandungan antioksidan dari vitamin C berfungsi menstabilkan SPF sehingga dapat bekerja lebih efektif. Vitamin C memberikan perlindungan antioksidan dari penyebab stres lingkungan (radikal bebas) yang menyebabkan peningkatan tanda-tanda penuaan. Sedangkan SPF sangat penting untuk melindungi dari sinar UVB yang berbahaya. “Jika digabungkan, vitamin C dan SPF adalah pasangan sempurna untuk menjaga kulit Anda terlindungi sepanjang hari,” kata Paviol.

Baca juga: 7 Rekomendasi Serum Vitamin C Yang Ada di Drugstore

AHA/BHA dan Ceramide, kunci kulit bersih, sehat, dan terlindungi

Sebagai jagoan dalam hal chemical exfoliants, AHA/BHA hingga saat ini masih digandrungi para skincare enthusiast. Tidak heran banyak produk eksfoliasi yang menggabungkan dua bahan ini. Namun, kombinasi kedua bahan ini juga berpotensi menyebabkan kulit menjadi kering bahkan meradang. Oleh karena itu kita butuh kandungan yang memberikan hidrasi dan menjaga kelembapan kulit, dan yang cocok bila digabungkan dengan AHA/BHA. Ceramide sebagai kandungan yang berfungsi melembapkan kulit serta memperbaiki skin barrier bisa menjadi pasangan serasi buat AHA/BHA. 

Baca juga: 8 Rekomendasi Produk Skincare Drugstore Untuk Usia 40 dan 50

Image by freepik

Share Article

author

RachelKaloh

Ibu 2 anak yang hari-harinya disibukkan dengan menulis artikel dan content di media digital dan selalu rindu menjalani hobinya, menjahit.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan