banner-detik
LIFESTYLE

Cara Jitu Hapus Data HP Sebelum Dijual atau Diberikan, Harus Tahu!

author

Dhevita Wulandari18 Jul 2024

Cara Jitu Hapus Data HP Sebelum Dijual atau Diberikan, Harus Tahu!

Lakukan cara ini untuk hapus data pribadi di HP agar aman dan tidak bocor! Simak juga langkah yang perlu diperhatikan sebelum HP dijual dan diberikan. 

Saat ini, hampir semua brand teknologi selalu berlomba-lomba untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan menyediakan smartphone canggih dengan berbagai fitur teknologi. Meskipun begitu, tidak dapat dipungkiri bahwa secanggih apapun teknologi yang digunakan, seiring waktu pemakaian handphone akan mengalami penurunan kinerja, baik itu dari segi kualitas baterai hingga pembaruan software yang berhenti. Pada saat itulah banyak orang memutuskan untuk mengganti HP baru. 

Apabila Mommies termasuk orang yang berencana untuk menjual HP lama atau memberinya kepada orang lain sebelum membeli HP yang baru, jangan lupa untuk menghapus data pribadi terlebih dahulu. Data pribadi tersebut berupa kontak, pesan, email, foto, hingga hal lainnya yang bisa disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Untuk mencegah hal tersebut, berikut Mommies Daily berikan tips dan cara hapus data di HP sebelum dijual atau diberikan.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menjual HP atau Memberi ke Orang Lain

Data yang terdapat pada HP lama yang sudah dijual dan diberikan kepada orang lain, dapat diakses kembali menggunakan Recovery Tools. Sebelum mengetahui cara menghapus data HP, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu. 

1. Backup Semua Data

Hal pertama yang perlu Mommies perhatikan ketika hendak menjual atau memberikan HP ke orang lain adalah melakukan backup data dahulu. Backup semua data-data yang penting pada HP, seperti pesan, kontak, foto, video, dokumen, lagu, chat pada aplikasi WhatsApp, dan yang lainnya. Backup data dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti memasukkan data pada Google Drive atau memindahkannya pada laptop. 

2. Logout Semua Akun yang Terhubung

Hal yang selanjutnya tidak kalah penting untuk dilakukan karena bertujuan untuk menghindari penyalahgunaan akun oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab pada saat Mommies menjual atau memberikan HP pada orang lain. Pastikan untuk logout semua akun yang terhubung pada HP, seperti akun Google, Microsoft, WhatsApp, Instagram, dan aplikasi lainnya. 

BACA JUGA: Selain CapCut, Ini 5 Aplikasi Edit Video untuk Mommies yang Mau Jadi Content Creator

3. Melepas SIM dan Kartu Memori

Apabila Mommies sudah melakukan backup data dan logout dari semua akun yang terhubung, maka langkah berikutnya adalah melepas SIM dan kartu memori. Melepas SIM perlu dilakukan karena berisikan kontak-kontak penting yang terhubung dengan WhatsApp.Selain itu, melepas kartu memori bertujuan agar HP yang dijual atau diberikan kepada orang lain tersebut sudah dipastikan bersih dari data-data Mommies dan tidak disalahgunakan pihak lain. 

4. Melakukan Factory Reset

Factory reset bertujuan untuk menghapus semua data yang tersimpan pada aplikasi bawaan, sistem, atau SD Card. Manfaat lain dari factory reset yakni dapat membantu HP lama Mommies yang hendak dijual dan diberikan kepada orang tersebut menjadi lebih lancar. Factory reset juga dapat mengurangi masalah pada sistem, aplikasi bawaan, ataupun aplikasi pihak ketiga yang terjadi secara berulang kali. 

5. Membersihkan HP 

Langkah terakhir yang bisa Mommies lakukan sebelum menjual atau memberikan HP ke orang lain adalah dengan membersihkan HP. Membersihkan HP bertujuan untuk membuat tampilan HP lebih lebih bersih dan mudah menarik perhatian orang yang hendak membeli HP kita. Selain itu, membersihkan HP juga bermanfaat untuk memberikan harga tawar yang lebih tinggi. 

Cara Menghapus Data HP Android

Foto: Freepik

Berikut Mommies Daily telah merangkum cara untuk menghapus data pada HP Android dengan menggunakan Factory Reset. Intip langkahnya di sini!

  1. Buka Pengaturan pada HP
  2. Selanjutnya, pilih Pengaturan Umum dan klik Atur Ulang
  3. Pilih Atur Ulang Data Pabrik
  4. Masukkan kata sandi layar kunci HP
  5. PIlih hapus semua

Cara Menghapus Data HP iPhone

Selain Android, berikut ini beberapa cara untuk menghapus data di HP Iphone yang bisa Mommies terapkan, antara lain:

  1. Mencadangkan HP untuk memulihkan data
  2. Pilih Pengaturan, lalu pilih Umum
  3. Selanjutnya klik Transfer atau Atur Ulang Perangkat
  4. Masukkan kode sandi Apple ID 
  5. Melakukan konfirmasi jika hendak menghapus perangkat
  6. Menunggu hingga data HP terhapus seluruhnya

BACA JUGA: 8 Film Animasi dengan Adegan Dewasa, Tidak untuk Ditonton Anak!

Itu dia hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum menjual atau memberikan HP ke orang lain hingga cara menghapus data, baik itu pada HP Android dan iPhone. Selamat mencoba!

Penulis: Nariko Christabel

Cover: rawpixel.com on Freepik  

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan