banner-detik
PARENTING & KIDS

Sinusitis pada Anak: Penyebab hingga Cara Mengatasinya dari Pakar

author

Mommies Daily17 Jul 2024

Sinusitis pada Anak: Penyebab hingga Cara Mengatasinya dari Pakar

Bukan sembarang flu, sinusitis pada anak harus diatasi dengan cepat agar tidak semakin parah. Ketahui penyebab, gejala, dan cara mengatasinya di sini!

Sinusitis adalah peradangan pada saluran pernapasan, tepatnya pada jaringan yang melapisi sinus atau dinding sinus. Sinusitis bisa terjadi karena adanya peradangan atau infeksi di saluran-saluran sinus sekitar hidung dan mata. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak. Biasanya, anak-anak lebih berisiko terkena penyakit sinusitis karena mereka lebih rentan terkena infeksi.

Gejala sinusitis pada anak biasanya akan terlihat seperti flu biasa. Oleh karena itu, beberapa orang tua yang terkadang menganggap penyakit ini adalah flu biasa dan bisa sembuh sendiri. Padahal, sinusitis harus diatasi secepatnya dan dengan cara yang tepat agar tidak semakin parah atau menimbulkan penyakit komplikasi yang serius.

Untuk mengatasi hal tersebut, Mommies Daily berkesempatan untuk bertanya langsung pada Dokter Spesialis Anak, dr. Reza Fahlevi, Sp.A mengenai penyebab, dampak, dan cara mengatasi sinusitis pada anak. Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Penyebab Sinusitis pada Anak

Sinusitis pada anak bisa disebabkan oleh proses infeksi dan non infeksi. Adapun penjelasan dari dua penyebab tersebut sebagai berikut.

1. Infeksi

Proses infeksi yang paling sering menyebabkan sinusitis pada anak dan biasanya disebabkan oleh infeksi virus dan infeksi bakteri. Selain itu, pada kondisi-kondisi khusus bisa juga disebabkan oleh jamur atau infeksi bakteri yang lebih berat.

2. Non Infeksi

Berbeda dengan infeksi, proses non infeksi biasanya terjadi pada anak-anak yang punya alergi, seperti pilek atau rhinitis alergi dan bersifat menetap. Anak-anak dengan kondisi seperti ini, biasanya akan berisiko lebih tinggi untuk menderita penyakit sinusitis.

BACA JUGA: Bisa Terjadi pada Anak, Kenali 10 Gejala hingga Penyebab Mata Juling

Gejala Sinusitis

Gejala sinusitis bisa dilihat dari beberapa tanda berikut ini:

  1. Gejala pilek yang tidak kunjung membaik dalam 10 hingga 14 hari
  2. Batuk
  3. Demam
  4. Hidung tersumbat atau berair
  5. Penurunan indera penciuman
  6. Terdapat lendir kental berwarna hijau atau kuning yang keluar dari hidung

Dampak Sinusitis pada Anak Jika Dibiarkan Terlalu Lama

Jika tidak diatasi dengan cepat, penyakit sinusitis bisa membuat kualitas hidup anak menurun. Biasanya kegiatan makannya jadi terganggu, tidurnya kurang nyaman, dan menjadi lebih rewel dari biasanya. Sedangkan untuk kondisi sinusitis yang berat dan tidak diatasi dengan cepat, bisa menyebabkan infeksi pada selaput otak atau meningitis.

Cara Mengatasi Sinusitis Anak

Cara mengatasi sinusitis pada anak sebenarnya tergantung dengan penyebabnya. Jika disebabkan oleh virus, biasanya akan sembuh sendiri dan hanya perlu diberikan nutrisi dan cairan yang cukup serta semprot hidung pada anak. Pada kondisi yang lebih berat, Mommies bisa memberikan nasal spray tetapi tetap harus konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Kemudian, jika penyakit sinusitisnya disebabkan oleh bakteri hanya perlu menggunakan antibiotik. Sedangkan, jika penyebabnya alergi, Mommies bisa memberikan obat-obat alergi sesuai dengan kondisi anak.

Mommies bisa segera membawa anak ke dokter jika mereka mengalami gejala pilek selama 7-10 hari dan tidak kunjung sembuh, gejala alerginya tidak hilang meski sudah minum obat alergi, atau menunjukkan tanda-tanda dari sinusitis yang memburuk, seperti terdapat nyeri di pipi atau di sekitar mata, bengkak di sekitar mata, dan demam.

BACA JUGA: Bikin Tetap Aktif, Ini 7 Tips Cerdas Menjaga Kesehatan Anak saat Cuaca Panas!

Penulis: Shandya Pricilla

Cover: Andrea Piacquadio on Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan