banner-detik
EDUCATION

10 Ide Kegiatan dan Jawaban Teka-teki MPLS 2024, Seru dan Menarik!

author

Mommies Daily16 Jul 2024

10 Ide Kegiatan dan Jawaban Teka-teki MPLS 2024, Seru dan Menarik!

Selain mengenal lingkungan sekolah, MPLS juga diselingi dengan kegiatan yang seru dan menarik hingga memecahkan jawaban dari teka-teki MPLS.

Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS adalah program yang diselenggarakan oleh pihak sekolah pada awal tahun ajaran pendidikan untuk menyambut peserta didik baru. Selain menyambut peserta didik baru, kegiatan MPLS juga menjadi sarana untuk mengenal aktivitas dan lingkungan sekolah. Dengan mengikuti kegiatan MPLS, para siswa bisa mudah beradaptasi dengan lingkungan sekolahnya yang baru sekaligus mengenali potensi dirinya.

MPLS biasanya sudah mulai diterapkan dari jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Berbeda dengan Masa Orientasi yang belum bisa lepas dengan perploncoan dan perundungan, MPLS justru identik dengan kegiatan yang bersifat edukatif dan seru untuk meningkatkan rasa kebersamaan antar siswa.

Nah, agar kegiatan MPLS jadi lebih menarik, berikut Mommies Daily berikan beberapa ide kegiatan MPLS yang anti mainstream dan tidak membosankan sekaligus jawaban dari teka-teki makanan atau minuman MPLS. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

Rekomendasi Kegiatan MPLS yang Seru dan Anti Mainstream

Berikut beberapa rekomendasi kegiatan MPLS yang seru dan anti mainstream.

1. Lomba Desain Poster

Selain untuk meningkatkan rasa kebersamaan antar siswa, kegiatan lomba juga bisa melatih dan membangun jiwa kompetitif peserta didik. Salah satu lomba yang bisa dilaksanakan di kegiatan MPLS adalah lomba desain poster yang temanya ditentukan oleh pihak sekolah masing-masing.

2. Permainan Tradisional

Permainan tradisional bisa jadi salah satu kegiatan MPLS yang tepat untuk melatih rasa kebersamaan dan kekompakan antar siswa. Ada banyak permainan tradisional yang bisa meningkatkan interaksi siswa dengan temannya, mulai dari tarik tambang, permainan benteng, gobak sodor, hingga lompat tali karet.

3. Dekorasi Ruang Kelas

Dekorasi ruang kelas bisa jadi salah satu kegiatan yang bisa melatih dan meningkatkan kreativitas antar siswa. Pihak sekolah atau guru-guru bisa menyiapkan kertas origami dan peralatan lainnya untuk menghias ruangan kelas.

BACA JUGA: 10 Lomba untuk Mengembangkan Potensi Anak, Kreatif dan Seru

4. Kegiatan Kreasi Daur Ulang

Pihak sekolah bisa memanfaatkan bahan-bahan bekas, seperti botol plastik, kertas koran, atau kaleng untuk melatih kreativitas siswa dan melestarikan lingkungan. Kegiatannya bisa diisi dengan membuat kreasi daur ulang sederhana, seperti tempat pensil dari botol plastik bekas atau kreasi tas dari plastik makanan bekas.

5. Sambung Lagu

Kegiatan MPLS seru selanjutnya yang bisa meningkatkan kekompakan antar siswa, yaitu game sambung lagu. Game ini bisa dimulai dengan peserta didik menyanyikan sepenggal lagu dan peserta lainnya melanjutkan lirik dari peserta sebelumnya sampai lagu selesai.

6. Senam

Berikutnya, kegiatan senam bisa dilakukan di pagi hari sebelum MPLS dimulai. Melalui kegiatan senam ini, siswa bisa menjalani kegiatan selanjutnya dengan lebih semangat serta tubuh dan pikiran yang lebih segar.

7. Permainan Estafet Hula Hoop

Permainan yang satu ini cukup unik dan menarik untuk kegiatan MPLS. Cara memainkannya, setiap kelompok wajib melewati hula hoop tanpa melepaskan gandengan tangannya dengan peserta lain atau melepas tali yang mereka genggam dari awal. Pemenangnya bisa dilihat dari kelompok yang paling cepat melewati rintangan hula hoop tersebut.

8. Tebak Gaya

Saat melakukan kegiatan ini, para siswa harus dibagi ke dalam beberapa kelompok. Lalu, pilih satu siswa untuk bergaya sesuai dengan petunjuk kalimat atau kata yang diberikan oleh panitia. Setelah itu, siswa yang lainnya harus mendeskripsikan gaya tersebut melalui kalimat.

9. Menanam Pohon

Selain untuk mendukung program penghijauan di sekolah dan menciptakan lingkungan yang nyaman bagi seluruh siswa dan guru, kegiatan menanam pohon juga bisa mengajarkan siswa untuk lebih peduli dengan lingkungannya.

10. Pameran Seni

Pameran seni bisa jadi salah satu ide kegiatan MPLS menarik yang bisa diikuti oleh seluruh siswa baru di sekolah. Selain meningkatkan kreativitas mereka, pameran seni juga bisa jadi sarana untuk memamerkan atau memperlihatkan hasil karya seni dari para siswa baru.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Tumbler Lucu untuk Dibawa ke Sekolah, Harga Mulai dari Rp16 Ribu

Jawaban Teka-teki Makanan atau Minuman MPLS

  1. Telur cicak: Kacang pilus
  2. Chiki bohong: Lays
  3. Teh band: Teh kotak
  4. Chiki simpan dulu: Taro
  5. Biskuit lebih baik: Better
  6. Buah harajuku: Jeruk
  7. Coklat jerawat: Beng-beng
  8. Biskuit raja dangdut: Roma kelapa
  9. Buah upacara: Apel
  10. Hati kenyal: Yupi
  11. Kafein kecil: Kopiko
  12. Permen maksiat: Kiss
  13. Bintang selanjutnya: Nextar
  14. Cacing goreng: Mie goreng
  15. Darah beku: Cincau
  16. Dodol sapi: Sosis
  17. Cokelat Rihanna: Cokelat payung
  18. Keju berputar: Richeese roll
  19. Ikan berdiri: Teri jengky
  20. Jajanan keranda terbang: Momogi
  21. Jajanan tepat waktu: Good time
  22. Kedelai semen: Tempe
  23. Kacang ilmuwan: Kacang atom
  24. Ayam selimut: Ayam goreng tepung
  25. Bantal tepung terigu: Roti bantal
  26. Buah 12 shio: Buah naga
  27. Singkong I Love You: Kusuka
  28. Wafer oli: TOP
  29. Tongkat Harry Potter: Pocky
  30. Wafer seduh: Energen

Penulis: Shandya Pricilla

Cover: studioredcup on Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan