banner-detik
#MOMMIESWORKINGIT

Jadi Ibu Content Creator: Gadget yang Dibutuhkan Nggak Pakai Mahal

author

dewdew15 Jul 2024

Jadi Ibu Content Creator: Gadget yang Dibutuhkan Nggak Pakai Mahal

Ingin merintis karir jadi ibu yang juga content creator? Berikut ini beberapa rekomendasi gadget yang sebaiknya dipenuhi.

Siapa bilang ibu-ibu nggak bisa jadi content creator? Apalagi seorang ibu itu biasanya kaya pengalaman untuk dibagikan ke khayalak netizen. Pengalaman mengasuh bayi, balita, remaja, bahkan pengalaman hidup pribadi bisa jadi konten yang bermanfaat, lho.

Nah, kalau mommies sudah tahu apa yang akan disajikan kepada audiens, tinggal kebutuhan gadget yang wajib dipenuhi. Nggak perlu mahal, beberapa rekomendasi berikut ini cukup terjangkau bagi content creator pemula. 

Smartphone dengan kamera berkualitas

Xiaomi Redmi 12

Smartphone adalah gadget utama yang mommies butuhkan untuk membuat dan mengedit konten. Kalau ada dananya, sih, pilih smartphone dengan kamera yang bagus, prosesor yang kuat, dan penyimpanan yang cukup. 

Beberapa fitur yang penting untuk dimiliki smartphone content creator adalah kamera berkualitas yang artinya punya resolusi tinggi, aperture yang besar, dan kemampuan low-light yang baik untuk menghasilkan foto dan video yang jernih dan tajam.

Kamera mirrorless

Fujifilm Xa3 Kit 16-50mm Kamera Mirrorless

Punya dana lumayan, mungkin bisa memilih kamera mirrorless dibanding kamera smartphone atau bahkan DSLR. Kamera ini bisa menghasilkan foto dan video yang lebih berkualitas tinggi dibandingkan dengan kamera smartphone. Mirip DSLR, tapi tak terlalu tinggi harganya. Sekali lagi, ini nggak wajib. Boleh dibeli kelak ketika konten-konten kita sudah menghasilkan cuan. 

Baca juga: 7 Alat Dapur Yang Bisa Dijadikan Pelengkap Bikin Konten Video

Mikrofon 

DJI's pocketable microphone

Nah, buat Mommies yang suka berbagi pengalaman melalui konten audio, mikrofon eksternal bisa jadi penting. Karena bisa membantu meningkatkan kualitas suara video. Pilihlah mikrofon dengan pola pickup yang sesuai dengan kebutuhan. 

Tripod atau tongsis

Kalau mommies bikin konten video masak memasak, atau traveling, tripod atau tongsis sudah jelas dibutuhkan. Dua benda ini akan membantu merekam video yang stabil dan bebas guncangan. 

Bisa juga buat mommies yang ingin membuat vlog, termasuk tutorial. Salah satunya tutorial makeup, aplikasi skincare, hingga konten DIY. 

Lighting atau lampu

Ringlight Ring Light Lampu Selfie

Pencahayaan yang baik bisa bikin konten terlihat lebih profesional. Sekarang banyak, kok, lighting untuk para content creator pemula. Harganya juga nggak sampai Rp 500.000. Mommies bisa menggunakan lampu LED atau ring light untuk menerangi subjek video.

Belum mau mengeluarkan dana tambahan untuk lighting? Nggak apa-apa, bisa pakai sinar matahari. Saat shooting video, mommies bisa meletakkan subjek konten di dekat jendela yang kena sinar matahari.

Editing Software

Ada banyak software editing foto dan video yang tersedia, baik yang gratis maupun berbayar. Mommies bisa pilih software yang sesuai dengan kebutuhan dan tingkat keahlian.

Saat ini banyak, kok, software editing yang bisa di-install di smartphone. Selain Capcut ada Inshot, Kinemaster, dan lain-lain. Buat yang suka editing di laptop ada software Adobe Premiere. Kalau yang ini, memang lebih complicated, tapi kebisaannya juga lebih banyak. 

Baca juga: 10 Bahaya Teknologi Terhadap Pernikahan

Power bank

Barang yang satu ini penting Mommies miliki jika Anda senang membuat konten di luar ruangan.

Pas banget buat yang suka bikin konten traveling, atau review cafe, resto, atau warung makan. Bahkan review playground juga bisa. 

 

Kebutuhan gadget untuk dalam rangka merintis karir sebagai content creator sekali lagi harus disesuaikan dengan kebutuhan. Gadget untuk content creator bisa berkisar dari harga yang murah hingga yang mahal. Pikirkan jenis konten apa yang ingin dibuat dan fitur apa yang dibutuhkan. Yang juga tak kalah penting, ccari review jujur. Apakah itu online ataupun pengalaman dari sesama content creator ketika hendak membeli gadget. Nggak perlu terburu-terburu. Review dari pengguna lain akan sangat membantu Mommies dalam membuat keputusan, beli atau pakai yang ada aja dulu.

Cover photo by Freepik

 

Share Article

author

dewdew

Mother of Two. Blogger. Make-Up Lover. Skin Care Amateur. Beginner Baker. Entrepreneur Wannabe. And Everything in Between. www.therusamsis.wordpress.com


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan