banner-detik
#MOMMIESWORKINGIT

9 Tips Styling Oversize Blazer, Outfit Kerja Casual Tapi Tetap Stylish

author

Mommies Daily09 Jul 2024

9 Tips Styling Oversize Blazer, Outfit Kerja Casual Tapi Tetap Stylish

Yuk, bikin tampilan semakin eye catchy dan stylish dengan oversize blazer untuk ke kantor. Bisa dijadikan sebagai atasan dan outerwear juga, lho.

Pakaian oversize menjadi salah satu fashion item yang sudah menjadi basic items yang harus dimiliki. Selain dapat digunakan pada berbagai acara, baik formal dan kasual, pakaian oversize juga mudah untuk di mix and match dengan item lainnya. Salah satu fashion stuff yang dimaksud adalah oversize blazer

Penggunaan blazer pada mulanya memang hanya digunakan sebagai busana formal untuk bekerja atau menghadiri acara penting saja. Namun, seiring waktu berjalan outerwear yang satu ini justru digunakan sebagai pelengkap outfit yang bisa dipadupadankan dengan jeans, dress, bahkan t-shirt

Tips Menggunakan Oversize Blazer

Mulai dari hangout bersama teman hingga meeting di kantor, oversize blazer bisa fit-in ke berbagai occasion. Nah, supaya Mommies gak bingung bagaimana cara styling oversize blazer, berikut Mommies Daily telah merangkum tipsnya di bawah ini!

1. Menggunakan Blazer Besar

Semakin besar blazer yang digunakan, maka semakin mudah juga untuk di mix and match dengan fashion item lainnya. Blazer yang lebih besar banyak digunakan pada runaway karena mudah untuk di styling. Mommies bisa memadukan oversize blazer di atas gaun panjang ataupun pendek yang dilengkapi dengan high heels untuk tampilan elegan dan formal. 

2. Memilih Double-Breasted Blazer

Tips berikutnya yang dapat Mommies terapkan adalah dengan memilih untuk menggunakan double-breasted blazer. Double-breasted sendiri merupakan istilah untuk blazer yang memiliki dua kolom kancing sejajar serta penutup yang tumpang tindih. Meskipun model blazer yang satu ini sering digunakan oleh pria, Mommies juga bisa menggunakannya untuk mendapatkan tampilan bak wanita karir 80an. 

BACA JUGA: Sat Set, Ini Rekomendasi Foundation Mengandung SPF untuk Ibu Bekerja

3. Mencoba Structured Blazer

Structured blazer merupakan jenis blazer yang memiliki bantalan pada bagian bahu serta kanvas bagian dalam untuk mempertahankan bentuknya. Bentuk blazer ini sangat mendukung outfit Mommies jika menginginkan tampilan formal dan rapi. Eits, tapi structured blazer juga bisa di mix and match dengan celana jeans favorit kamu serta blouse ataupun t-shirt untuk mendapatkan tampilan semi-formal.

4. Pilih Blazer dengan Warna Netral

Foto: halayelex on Freepik

Selain pemilihan ukuran, penting untuk Mommies perhatikan juga terkait pemilihan warna oversize blazer. Pilihlah blazer dengan warna netral, seperti hitam, biru tua, abu-abu, putih, hingga krem agar mudah untuk dipadukan dengan fashion item lainnya baik itu bercorak ataupun polos. Tujuan memilih blazer berwarna netral juga adalah agar jika di styling dengan baju atau dress bermotif, tampilan Mommies tidak terlihat penuh atau bertabrakan. 

5. Menggunakan Blazer Bermotif Kotak-Kotak

Berbeda dengan sebelumnya, jika Mommies termasuk tipe orang yang suka dengan motif maka blazer dengan motif kotak-kotak dapat menjadi pilihan utama. Blazer dengan motif kotak-kotak membuat tampilan menjadi unik dan klasik. Agar tetap terlihat fashionable, Mommies bisa memadukan blazer kotak-kotak dengan dress berwarna hitam, celana jeans, celana bahan hitam, denim skirt

6. Menggunakan Set Blazer

Apabila Mommies menginginkan look vintage, maka bisa menggunakan set blazer dengan corak kotak-kotak dengan bawahan yang bercorak senada. Biasanya set gingham blazer ini dipadukan dengan bawahan berupa mini skirt atau celana bahan panjang. Tentunya tampilan ini bisa kamu pakai untuk kegiatan formal dan kasual sesuai dengan selera. 

7. Menjadikan Blazer sebagai Atasan

Oversize blazer memang cenderung sering untuk dijadikan sebagai outerwear, baik itu digunakan di atas dress, t-shirt, kemeja, ataupun tank top. Namun, tidak ada salahnya juga untuk menggunakan oversize blazer sebagai atasan tanpa harus layering loh, Mommies! Dengan menggunakan blazer sebagai atasan, tampilan menjadi lebih bersih dan elegan. 

8. Menambahkan Aksesoris

Langkah selanjutnya yang dapat Mommies lakukan untuk mendapatkan look elegan, classy, serta fashionable saat menggunakan oversize blazer adalah dengan menambahkan aksesoris. Penggunaan aksesoris, seperti kalung, kacamata hitam, gelang, serta anting bisa membuat tampilan Mommies menjadi lebih stylish. Selain aksesoris di atas, kamu juga bisa menambahkan ikat pinggang dan scarf dengan motif lucu yang bisa meningkatkan rasa percaya diri Mommies. 

9. Lakukan Teknik Layering

oversize blazer

Foto: Freepik

Teknik layering memang dipercaya bisa membuat tampilan outfit menjadi lebih unik dan tidak membosankan. Meskipun sebagian orang beranggapan bahwa teknik ini bisa membuat kesan berat, tetapi layering juga bisa digunakan dengan konsep minimalis yang tidak akan membuat outfit Mommies memiliki kesan “penuh”. Mommies bisa menjadikan oversize blazer sebagai outer dan memadukannya dengan slip dress dan sweater. 

BACA JUGA: 8 Jam Tangan di Bawah Rp1 Juta untuk Ibu Bekerja, Elegan dan Berkelas!

Itu dia beberapa tips menggunakan oversize blazer yang dapat Mommies terapkan. Menurut Mommies tips nomor berapa yang menjadi favorit dan akan diterapkan? Selamat mencoba!

Penulis: Nariko Christabel

Cover: Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan