banner-detik
LIFESTYLE

10 Makanan Khas Jogja Paling Terkenal, Dijamin Enak dan Wajib Coba!

author

Mommies Daily04 Jul 2024

10 Makanan Khas Jogja Paling Terkenal, Dijamin Enak dan Wajib Coba!

Setelah berburu skincare dan makeup di Yogyakarta X Beauty 2024, jangan lupa coba beberapa makanan khas Jogja yang paling sering dicari wisatawan ini.

Selain terkenal dengan tempat wisatanya yang lengkap, cita rasa kuliner di Jogja juga lumayan populer di kalangan para wisatawan. Kota yang penuh kenangan ini selalu berhasil mengundang banyak wisatawan untuk berkunjung kembali ke kotanya sambil mencari inspirasi tempat makan baru. Ada banyak pilihan tempat makan yang bisa Mommies pilih di Jogja, mulai dari warung hingga restoran modern.

Bagi Mommies berencana liburan ke Jogja bersama keluarga dan ingin menikmati kuliner legendarisnya, berikut Mommies Daily berikan beberapa rekomendasi tempat makan khas Jogja yang wajib dikunjungi.

Tempat Makan Khas Jogja

Berikut beberapa makanan khas Jogja yang bisa Mommies coba.

1. Lupis Mbah Satinem

makanan khas jogja

Foto: Visiting Jogja

Lupis Mbah Satinem terkenal dengan lupis dan cenilnya yang disiram gula merah kental serta dibungkus kertas cokelat dan dialasi daun pisang. Selain lupis dan cenil, Mommies juga bisa cobain gatot dan tiwul. Kalau Mommies tertarik untuk mampir ke sini, harus siap-siap antre karena Lupis Mbah Satinem sudah ramai sejak pukul 05:30 WIB.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp10.000

Alamat: Jl. Bumijo No.52-40, Bumijo, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta.

2. Gudeg Yu Djum

Foto: gudegyudjumpusat.com

Bagi Mommies yang pecinta gudeg jangan lupa mampir ke Gudeg Yu Djum yang paling legendaris di Jogja ini. Rasanya yang dominan manis dan enggak berkuah, dijamin bikin Mommies ketagihan. Gudeg Yu Djum sudah tersebar di berbagai cabang, tetapi Mommies bisa berkunjung ke pusatnya yang terletak di Mbarek.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp18.000

Alamat: Jalan Kaliurang Km 4.5 CT III/22, Gang Cokrowolo Karangasem, Mbarek.

3. Warung Kopi Klotok

makanan khas jogja

Foto: Magneto Holidays

Mommies pasti sudah enggak asing lagi dengan tempat makan yang satu ini. Warung Kopi Klotok sempat viral di media sosial karena menyajikan makanan yang lezat dengan harga terjangkau, seperti sayur lodeh terong, ayam goreng, dan telur krispi. Warung ini selalu ramai dikunjungi wisatawan sejak pukul 7 pagi, terutama saat musim liburan.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp3.500.

Alamat: Jalan Kaliurang No.KM.16, Area Sawah, Pakembinangun.

BACA JUGA: 8 Hotel Lucu dan Instagramable di Yogyakarta, Liburan Sambil Foto OOTD

4. Sate Klathak Pak Pong

makanan khas jogja

Foto: detikFood

Berbeda dengan sate pada umumnya yang menggunakan tusuk kayu untuk menyajikan makanannya, Sate Klathak Pong menggunakan jeruji besi pada satenya. Selain itu, rasa sate kambingnya yang nikmat juga berhasil bikin para pelanggan ingin kembali lagi makan di sini. Mommies juga bisa coba menu lainnya, seperti gulai daging kambing, tongseng daging kambing, dan kicik.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp30.000

Alamat: Jalan Sultan Agung No.18 (Sebelah timur Stadion Bantul).

5. Bakmi Pak Pele

Foto: Wisata – Harian Jogja

Rasanya kurang afdol kalau belum menyantap Bakmi Jawa langsung dari tempat asalnya. Salah satu tempat makan bakmi yang terkenal di Jogja adalah Bakmi Pak Pele. Tempat makan bakmi yang satu ini dikenal dengan tekstur kuahnya yang creamy dan gurih karena ditambahkan telur bebek. Ada banyak menu yang bisa Mommies coba, mulai dari bakmi godog kuning, bakmi godog campur, bakmi goreng kuning, bakmi goreng campur, bakmi godog nyemek, dan nasi goreng.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp18.000

Alamat: Jl. Alun-Alun Utara, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta.

6. Lumpia Samijaya

Foto: Warta Kita

Lumpia Samijaya merupakan salah satu destinasi kuliner yang enggak boleh Mommies lewatkan di Jogja. Berbeda dengan lumpia lainnya, Lumpia Samijaya menggunakan bengkuang untuk isiannya dengan rasa yang renyah dan lezat yang dijamin bikin Mommies ketagihan.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp5.000.

Alamat: Jalan Malioboro No.18, Suryatmajan, Kecamatan Danurejan.

7. Nasi Teri Pojok Gejayan

Foto: Rinfooddiary

Tempat makan khas Jogja yang satu ini terkenal dengan menu andalannya, yaitu nasi campur teri yang super nikmat. Mommies juga bisa pilih menu lauk dan sayur lainnya, seperti sayur terik, sayur nangka muda, perkedel kentang, telur ceplok, ayam, dan gorengan. 

Kisaran Harga: Mulai dari Rp8.000

Alamat: Jl. Affandi No.5, Klitren, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

8. Ayam Pedas Artomoro

Foto: Instagram @voilajogja

Mommies hobi makan pedas? Wajib banget mampir ke Ayam Pedas Artomoro yang menghadirkan rasa pedas yang kuat pada ayam bakarnya. Tempat ini selalu ramai oleh pengunjung yang suka makan pedas dan ingin mencoba tingkat kepedasan yang berbeda dari Ayam Pedas Artomoro. Selain ayam bakar pedas, Mommies juga bisa pesan ayam bakar manis. 

Kisaran Harga: Mulai dari Rp15.900

Alamat: Jalan Palagan Tentara Pelajar Km.7,8 No.30s, Karang Moko, Sariharjo.

9. Warung Sop dan Sate Sapi Pak Bayu

Foto: Amin Kiswantoro

Warung Sop dan Sate Sapi Pak Bayu menawarkan olahan daging sapi yang menggugah selera makan. Mommies bisa pilih berbagai menu yang tersedia di tempat makan ini, seperti sate sugih, sate koyor, sate sultan, sop iga, sop daging, iga bakar, dan sate goyang lidah. Mommies juga bisa pesan minuman yang menyegarkan, seperti es timun serut, es cincau ireng, susu jahe, teh panas, dan es jeruk.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp10.000

Alamat: Jl. Yudistiro No.2, RT.05/RW.11, Palgading, Sinduharjo.

10. Sate Ratu

makanan khas jogja

Foto: @sateratu

Sate Ratu lumayan terkenal dengan sate ayam merahnya dengan potongan daging yang besar serta rasanya yang nikmat. Selain sate ayam merah, Mommies juga bisa coba sate kanak dan sate kulit. Sate Ratu mengolah semua menu satenya menggunakan rempah dan bumbu tradisional khas Jawa.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp30.000

Alamat: Jl. Sidomukti, Tiyosan, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman.

BACA JUGA: Suka Nonton Drakor? Ini 20 Tempat Ikonik K-Drama yang Bisa Dikunjungi

Nah, itu dia beberapa makanan khas Jogja yang bisa Mommies kunjungi bersama keluarga. Selamat mencoba, Mommies!

Penulis: Shandya Pricilla

Cover: Wikipedia

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan