banner-detik
EDUCATION

Dibuka Kembali, Ini Link Pendaftaran dan Cara Klaim KIP Kuliah 2024

author

Mommies Daily03 Jul 2024

Dibuka Kembali, Ini Link Pendaftaran dan Cara Klaim KIP Kuliah 2024

Kembali beroperasi pada akhir Juli 2024 setelah gangguan. Ratusan ribu pendaftar diminta klaim ulang KIP Kuliah 2024. Cek linknya di sini!

Kabar baik bagi para mahasiswa baru karena pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah 2024 akan kembali berlangsung mulai tanggal 29 Juli 2024. Sebelumnya KIP Kuliah 2024 tidak dapat diakses karena Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) terkena serangan siber sejak Kamis, 20 Juni 2024 lalu. 

Akibat hal tersebut, beberapa website kementerian dan Pemerintah Daerah mengalami gangguan, seperti halnya pada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang mengalami gangguan pada 47 domain. Lantas, bagaimana pengaruhnya bagi KIP Kuliah 2024? Simak informasi selengkapnya di bawah ini, yuk, Mommies!

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Anak SD 2024, Dijamin Berkualitas!

Tanggapan Kemendikbudriset

Adanya gangguan tersebut membuat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi angkat suara. Kemendikbudriset menyatakan bahwa data KIP Kuliah tetap aman dan sistem KIP Kuliah dalam proses pemulihan menggunakan data cadangan. Selain data cadangan, Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemendikbudristek, Suharti menyatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan perguruan tinggi untuk menjamin hak mahasiswa. 

“Proses pemindahan, pemulihan, dan rekonfigurasi interkoneksi sistem KIP Kuliah dengan sistem lain di pemerintah membutuhkan waktu. Sistem KIP Kuliah akan kembali beroperasi sepenuhnya paling lambat pada tanggal 29 Juli 2024,” bunyi Surat Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendikbudristek perihal pemberitahuan tentang masalah PDNS. 

Pendaftaran KIP Kuliah 2024

Berdasarkan janji yang telah dinyatakan oleh Kemendikbudriset sebelumnya bahwa sistem KIP Kuliah akan kembali beroperasi sepenuhnya pada 29 Juli 2024. Pendaftaran KIP Kuliah 2024 untuk jalur mandiri perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) dibuka kembali pada 29 Juli 2024 – 31 Oktober 2024. 

Berkaitan dengan adanya pendaftaran yang mundur dari jadwal yang sudah ditetapkan sebelumnya, Suharti, Sesjen Kemendikbudristek meminta perguruan tinggi untuk dapat memundurkan tenggat waktu pembayaran uang kuliah bagi pendaftar KIP Kuliah yang diterima melalui jalur SNBP dan SNBT sampai dengan proses seleksi KIP Kuliah selesai. 

Suharti juga turut menghimbau bagi pendaftar KIP Kuliah 2024 yang mencapai 853.393 peserta sebelum sistem mengalami kendala untuk melakukan klaim ulang atau reclaim dimulai pada tanggal 29 Juli – 31 Agustus 2024. Berikut langkah klaim ulang yang harus diperhatikan, antara lain.

  1. Mengakses sistem KIP Kuliah yang baru dapat diakses per tanggal 29 Juli 2024 nanti di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ .
  2. Melakukan reclaim pada akun KIP Kuliah masing-masing dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
  3. Selanjutnya, unggah kembali dokumen serta data pendukung pendaftaran KIP Kuliah.

BACA JUGA: Rekomendasi Tablet untuk Anak Belajar, Semua di Bawah Rp5 Juta

Nah, itu dia link pendaftaran KIP Kuliah Jalur Mandiri PTN dan PTS beserta langkah klaim ulang yang tidak boleh terlewatkan. Jika Mommies hendak membaca tentang Pencarian KIP Kuliah untuk Mahasiswa Ongoing, bisa melihat selengkapnya di Pendaftaran KIP Kuliah Jalur Mandiri PTN dan PTS Kembali Dibuka 29 Juli. Semoga bermanfaat informasinya!

Penulis: Nariko Christabel

Cover: Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan