banner-detik
#MOMMIESWORKINGIT

8 Cara Menghadapi Anak Kembali ke Sekolah untuk Orang Tua Bekerja, Anti Capek!

author

Mommies Daily02 Jul 2024

8 Cara Menghadapi Anak Kembali ke Sekolah untuk Orang Tua Bekerja, Anti Capek!

Anak sudah kembali sekolah? Untuk orang tua bekerja ini tips menghadapi dan mengatasinya biar tidak capek dan kewalahan. Simak di sini, ya!

Tidak terasa tahun ajaran baru sebentar lagi tiba. Ini artinya anak-anak akan kembali sekolah setelah liburan. Namun bagi orang tua yang bekerja, rutinitas kembali sekolah bisa merepotkan dan melelahkan. Tak hanya mengatur waktu untuk bekerja dan mengurus rumah, ada lagi tugas untuk mempersiapkan anak ke sekolah.

Jangan sampai lengah, Mommies! Mungkin saat liburan bisa cukup santai karena anak-anak bisa bangun siang sementara Mommies siap-siap ke kantor. Nah, sebentar lagi akan terasa hectic karena Mommies tak hanya mempersiapkan diri sendiri tapi juga anak-anak, loh.

Tips Mempersiapkan Anak Masuk Sekolah

Menyeimbangkan antara pekerjaan dan keluarga bisa jadi sulit, namun Mommies bisa mengatasinya dengan tips mempersiapkan anak kembali semangat sekolah.

1. Urus dokumen sekolah dari jauh-jauh hari

Setiap tahun ajaran baru biasanya ada formulir yang harus diisi dan dilengkapi, misalnya formulir buat buku dan seragam. Biasanya hal ini sudah diinfo dari awal sebelum liburan, nih. Jangan ditunda, lebih baik langsung diselesaikan.

Isi semua formulir anak yang diperlukan, dokumen dan foto yang perlu dipersiapkan, hingga menghubungi tukang jahit untuk mempersiapkan baju sekolah yang baru. Dengan begitu, Mommies tidak perlu terburu-buru memenuhi tenggat waktu kembali ke sekolah untuk menyelesaikan semuanya.

2. Beli perlengkapan sekolah saat liburan

anak kembali sekolah

Foto: prostooleh on Freepik

Sudah tahu apa saja yang diperlukan anak saat masuk sekolah kembali? Misalnya beli sepatu baru atau tas sekolah baru. Nah, ini juga bisa Mommies lakukan jauh-jauh hari seperti di saat libu sekolah.

Ya, belilah perlengkapan sekolah lebih awal untuk menghindari kerepotan mendadak jelang masuk sekolah kembali. Atau Mommies juga bisa memesan semuanya secara online dan meminta barangnya dikirim.

BACA JUGA: Unik! Ini 7 Cara Orang Cerdas dalam Mengatasi Stres dan Burnout

3. Siapkan di malam hari

Waktu di pagi hari bisa berjalan sangat cepat karena banyak yang disiapkan. Untuk mengatasi sedikit keribetan di pagi hari, Mommies bisa mempersiapkan beberapa hal di malam hari. Misalnya, mempersiapkan meal prep untuk sarapan dan bekal sekolah di waktu malam.

Bisa juga mempersiapkan seragam dan tas sekolah untuk hari esok di malam sebelumnya. Percaya deh, ini akan sangat membantu!

4. Minta bantuan orang lain untuk pekerjaan rumah

Jika Mommies punya asisten rumah tangga, mungkin untuk urusan rumah tangga bisa agak sedikit bernapas lega. Namun jika tidak maka bisa coba tips ini. Taruh pakaian kotor di satu tempat dan bawa ke laundry di hari tertentu.

Setelah itu sekaligus gunakan jasa setrika untuk langsung menyetrika baju kantor dan seragam yang akan dipakai selama 1 minggu ke depan. Jika rumah cepat kotor, lebih baik gunakan vacum cleaner daripada sapu.

5. Hubungi orang kantor untuk hal-hal mendadak

Foto: Mimi Thian on Unsplash

Biasakan mempunyai nomor kontak manajer, supervisor, atau HRD untuk urusan sekolah yang mendesak. Misalnya, jika Mommies kadang-kadang membutuhkan waktu yang fleksibel untuk mengantar anak, diskusikan hal ini dari hari sebelumnya dengan orang kantor.

6. Sinkronkan kalender sekolah anak dengan kalender kerja

Tandai tanggal penting sekolah, konferensi orang tua-guru, dan kegiatan ekstrakurikuler. Gunakan alat bantu digital seperti Google Calendar atau aplikasi penjadwalan untuk mengetahui semuanya. Hal ini akan mencegah kejutan di menit-menit terakhir dan membantu Mommies lebih baik bekerja sekaligus menghadapi jadwal sekolah anak.

7. Komunikasi dengan orang tua bekerja lainnya

Punya komunitas yang mirip akan sangat membantu, loh, Mommies. Jika Mommies punya sahabat yang juga orang tua bekerja maka bisa banget saling mengobrol, mencari cara mengatasi, dan ide manajemen waktu secara keseluruhan.

Selain itu, jika Mommies punya kenalan orang tua bekerja yang anaknya satu sekolah maka jadwal mereka kemungkinan besar akan paralel dengan jadwal Mommies. Ini dapat memperkuat hubungan yang kuat dengan orang tua lain.

8. Minta bantuan suami dan anak

Ingat Mommies, jangan mengurus semua hal ini sendirian. Minta bantuan suami untuk juga membantu menghadapi semua kerepotan sebelum sekolah. Berbagi tanggung jawab kembali ke sekolah dengan orang dewasa lainnya dapat membantu meringankan beban di pundak, loh.

Bahkan jika Mommies adalah single mother, meminta bantuan kepada anak sendiri juga bisa sangat meringankan. Anak juga belajar mengemban tanggung jawab untuk kembali ke sekolah.

BACA JUGA: Ingin Karir Sukses? Coba Lakukan 5 Kebiasaan Kecil Ini!

Penulis: Imelda Rahma

Cover: Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan