banner-detik
LIFESTYLE

Bikin Awet Muda! Konsumsi 9 Buah Ini untuk Menunda Penuaan Dini

author

Mommies Daily02 Jul 2024

Bikin Awet Muda! Konsumsi 9 Buah Ini untuk Menunda Penuaan Dini

Ampuh usir kerutan dan garis halus, buah-buahan ini bisa bikin kulit wajah tetap kencang, awet muda, dan menunda penuaan dini. Ada buah apa saja?

Memiliki kulit mulus, terlihat awet muda, serta fresh merupakan dambaan setiap orang. Namun, seiring bertambahnya usia tentu masalah kulit turut bertambah, seperti munculnya garis halus dan kerutan yang menjadi tanda-tanda penuaan pada kulit wajah. Tentunya hal ini menyebabkan rasa percaya diri yang berkurang. 

Penuaan merupakan proses alami yang tidak bisa dihindari, tetapi Mommies bisa menghambat efeknya, seperti dengan menggunakan produk perawatan wajah, rutin berolahraga, serta menerapkan pola hidup sehat. Cara lain yang tidak kalah penting untuk diterapkan adalah memperhatikan pola makan dan mengonsumsi makanan yang sehat. Mommies dapat memilih makanan dengan kandungan antioksidan, seperti buah-buahan, sayur, dan biji-bijian. 

Buah yang Bisa Bikin Kulit Awet Muda dan Mencegah Penuaan Dini

Makanan yang sehat, terutama buah-buahan memiliki peran yang cukup penting dalam membantu menjaga kesehatan kulit. Berikut ini beberapa buah yang dapat menjaga kulit agar tetap terlihat awet muda dan menunda penuaan dini. Simak ada buah apa saja di bawah ini yuk, Mommies!

1. Alpukat

Buah yang kaya akan lemak sehat, seperti omega 3 dan omega 6 ini dapat membantu menutrisi kulit dan mengurangi peradangan. Alpukat juga memiliki kandungan vitamin A dan vitamin E yang dipercaya mampu membersihkan kulit dari tumpukan sel kulit mati, merangsang produksi kolagen agar kulit tetap cerah serta kenyal, serta melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV). Selain itu, kandungan dua antioksidan, seperti lutein dan zeaxanthin dalam alpukat berfungsi sebagai antioksidan dan memberikan perlindungan ganda pada kulit.

2. Anggur

Anggur memiliki kandungan antioksidan yang disebut sebagai resveratrol dimana dapat melawan penuaan dini serta memperbaiki tekstur kulit. Selain itu, kandungan ini juga dapat membantu melindungi kolagen dari radikal bebas, sehingga kolagen dalam kulit wajah dapat tetap bekerja secara optimal dalam menjaga elastisitas kulit dan membuat tampilan wajah tetap fresh dan terlihat muda. 

BACA JUGA: Bisa Memperbaiki Tekstur Kulit Bopeng, Coba 8 Perawatan Wajah Ini

3. Blueberry

Foto: 4045 on Freepik

Meskipun memiliki bentuk yang kecil, ternyata blueberry memiliki banyak khasiat untuk tubuh, salah satunya adalah dapat menjaga kulit agar tetap terlihat awet muda. Kandungan antosianin yang tinggi pada buah ini dapat menurunkan kerusakan sel akibat radikal bebas yang dapat merusak kulit. Buah yang berwarna ungu tua ini juga diperkaya dengan vitamin A dan C yang dapat menjaga produksi kolagen serta menjaga agar kulit tetap kencang. 

4. Delima

Delima merupakan salah satu buah yang sangat baik untuk kesehatan karena memiliki kandungan antioksidan polifenol yang berguna untuk melindungi tubuh dari paparan radikal bebas pemicu penyakit. Diperkaya dengan kandungan asam ellagic dan punicalagin, buah ini bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen pada kulit wajah. Mommies dapat minum segelas jus buah delima secara rutin untuk merasakan manfaat dari buah yang dapat membantu membuat kulit tetap kencang dan mencegah kerutan. 

5. Jeruk

Buah berikutnya yang dapat membantu menjaga kulit agar tetap terlihat awet muda adalah jeruk. Buah yang terkenal akan kandungan vitamin C nya ini dapat membantu memperbaiki kulit wajah yang rusak, menyamarkan garis-garis halus sebagai tanda penuaan, dan membuat kulit tampak lebih bercahaya. Selain itu, kandungan vitamin A yang terdapat pada jeruk juga dapat merangsang produksi kolagen, mengatasi jerawat, meratakan warna kulit, serta meningkatkan kesehatan kulit secara menyeluruh. 

6. Kiwi

Buah yang memiliki cita rasa asam manis ini memiliki kandungan nutrisi serta manfaat yang baik bagi tubuh. Memiliki nama latin Actinidia Deliciosa, kiwi diperkaya dengan kandungan vitamin E yang dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Selain itu, terdapat juga kandungan vitamin C dan E yang bisa mencegah penuaan dini, membuat kulit lebih kenyal dan lembut, serta melembapkan permukaan kulit wajah. 

7. Pepaya

Sebagai buah yang terkenal akan manfaatnya untuk kesehatan tubuh, seperti melancarkan pencernaan dan mengoptimalkan imun tubuh, ternyata pepaya juga memiliki khasiat yang penting untuk kecantikan. Buah yang memiliki kandungan vitamin A, B, C, K, dan E ini dapat membantu menunda tanda-tanda penuaan, seperti meminimalisir garis-garis halus dan membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas. 

8. Semangka

buah menunda penuaan dini

Foto: rawpixel.com on Freepik

Buah selanjutnya yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit wajah agar dapat tampil awet muda adalah semangka. Buah yang identik dengan warna merah ini memiliki kandungan vitamin A, C, dan E dimana secara efektif dapat mencegah munculnya garis-garis halus atau keriput pada kulit wajah sebagai tanda-tanda penuaan.

Selain itu, kandungan antioksidan lycopene di dalam buah semangka juga berfungsi untuk memperbaiki sel kulit yang rusak, meningkatkan elastisitas kulit, dan dapat membantu melembapkan serta mencerahkan kulit wajah. 

9. Stroberi

Salah satu jenis buah beri dengan ciri khas biji-biji kecil pada permukaannya ini kaya akan vitamin C dan serat yang dapat mencerahkan kulit wajah, melembapkan kulit, melindungi kulit dari paparan sinar UV serta bahaya polusi, dan mencegah timbulnya jerawat. Selain itu, buah stroberi juga memiliki kandungan asam ellagic yang membantu mengurangi keriput, memperbaiki sel kulit yang rusak, dan membantu produksi kolagen. 

BACA JUGA: Wajah Beruntusan Akibat Sinar Matahari dan Polusi, Ini Cara Mengatasinya

Itulah 9 buah yang dapat membantu kulit agar tampak awet muda dan menunda penuaan dini. Selain mengonsumsi buah-buahan di atas, Mommies juga perlu menerapkan pola hidup sehat, seperti rajin berolahraga dan istirahat yang cukup. Selamat mencoba!

Penulis: Nariko Christabel

Cover: Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan