banner-detik
SEX & RELATIONSHIP

7 Alat Tes Masa Subur yang Akurat, Serta Cara Pakainya yang Benar

author

Mommies Daily2 days ago

7 Alat Tes Masa Subur yang Akurat, Serta Cara Pakainya yang Benar

Ini dia rekomendasi alat tes masa subur yang cepat dan akurat yang bisa Mommies beli di apotek terdekat.

Bagi perempuan, mempunyai alat tes masa subur di rumah bisa jadi adalah salah satu barang wajib di P3K. Alat uji tes masa kesuburan adalah cara untuk menentukan apakah berada dalam masa subur. Harus diingat jika alat tes masa subur ini berbeda dengan test pack kehamilan loh, Mommies.

Di masa subur, tubuh mulai mengalami perubahan untuk mendukung sel-sel yang akan berkembang di area rahim. Pada masa ovulasi atau masa subur, tubuh melepaskan sel telur yang matang dari ovarium. Setelah sel telur dilepaskan, sel telur akan berjalan menuju tuba falopi, tempat sel telur dapat dibuahi oleh sperma.

Kemungkinan hamil paling tinggi adalah ketika sperma hidup berada di dalam tuba falopi selama ovulasi. Nah, penting bagi perempuan untuk tahu masa subur mereka, terutama jika Mommies dan suami memang sedang berjuang untuk mendapatkan anak.

Rekomendasi Alat Tes Kesuburan

Alat tes kesuburan dapat dilengkapi dengan beberapa strip tes kertas, atau tes ini mungkin lebih mirip dengan alat test pack kehamilan. Yuk simak apa saja rekomendasi produk alat tes kesuburan yag bisa Mommies pilih.

1. Clearblue Advanced Digital Ovulation Test

alat tes masa subur

Foto: Boots

Salah satu alat tes kesuburan yang banyak ditemukan di apotek dan juga e-commerce. Hasilnya cukup akurat dan memprediksi masa subur setidaknya selama 4 hari. Mirip dengan tes urine testpack kehamilan, cara menggunakan alat tes masa subur ini sangat sederhana: Keluarkan alat tes dari kemasannya, letakkan ujung penyerap alat pembaca tes ke dalam aliran urine selama beberapa detik dan tunggu 5 hingga 10 menit untuk membaca hasilnya.

Harga: Rp550.000

2. Sensitif Ovutest Strip

Foto: e-commerce

Kalau Mommies ingin mencari rekomendasi harga termurah, bisa mencoba Senstif Ovutest Strip. Alat tes ini mendeteksi luteinizing hormone (LH) dalam urine untuk mengetahui masa subur. Cara menggunakannya juga mudah karena cukup mencelupkan strip pada urine. Alat ini dijual dengan harga Rp20 ribuan dan bisa dibeli di apotek terdekat.

Harga: Rp29.000

BACA JUGA: Kaya Nutrisi, Ini 14 Makanan untuk Meningkatkan Peluang Hamil Anak Laki-laki dan Perempuan

3. Watsons One Step Ovulation Test

alat tes masa subur

Foto: Watsons

Alat tes kesuburan dari Watsons ini mempunyai tampilan seperti testpack kehamilan sehingga pemakaiannya lebih familiar. Hasil tes juga cepat dan bisa didapatkan kurang dari 1 menit, loh. Begini cara menggunakannya: Arahkan ujung penyerap ke bawah; letakkan ujung penyerap dalam penampuang air seni setidaknya selama 10 detik untuk memastikan benar-benar basah.

Jangan buang air kecil langsung ke alat tes. Sebagai alternatif, Mommies dapat menampung urine ke dalam cangkir bersih dan mencelupkan setengah dari ujung penyerap ke dalam urine.

Harga: Rp89.900

4. Andalan Ovulation Test Kit

Foto: K24

Produk dalam negeri ini juga tak kalah dengan produk luar untuk mendeteksi masa subur perempuan. Alat ini diklaim 99,9 persen akurat untuk mengetahui masa subur wanita hanya dalam waktu satu menit.

Cara mengunakan alat tes kesuburan yang benar ini cukup gunakan pipet yang telah disediakan untuk meneteskan urine ke lubang sampel test kit. Untuk membaca hasilnya, apabila terdapat garis Test Line (T) yang warnanya sama dengan garis Control line (C) atau lebih gelap, maka menunjukkan hasil tes positif. Sebaliknya yang negatif hanya muncul satu garis merah muda.

Harga: Rp14.000

5. Accufast Ovulation Tests

Foto: e-commerce

Accufast dapat secara akurat memprediksi ovulasi 6 jam kemudian, yang jauh lebih akurat daripada tes ovulasi 24-48 jam lainnya, sangat meningkatkan peluang hamil. Tidak perlu mengumpulkan air seni. Ujung 12mm ekstra lebar memudahkan untuk menempatkan bantalan penyerap di aliran urine selama sekitar 5 detik, dan letakkan di tempat yang kering. Kemudian hitung saja untuk melihat lonjakan LH dalam 3-5 menit.

Harga: Rp293.400

6. Baby Test OneMed

Foto: e-commerce

Alat tes masa subur dari OneMed ini hadir dalam bentuk strip. Dalam satu box, Mommies bisa mendapatkan 5 strip alat tes kesuburan dengan harga cukup terjangkau. Bagaimana cara menggunakan Baby Test OneMed? Cukup celupkan strip sampai tanda batas MAX ke dalam cup urine selama 35-45 detik dan tunggu hasilnya dalam 3-5 menit. Mudah, kan?

Harga: Rp32.000

7. LH Ovulation Test Strip

Foto: e-commerce

Produk terjangkau ini cukup terkenal di kalangan perempuna dengan sebutan alat tes kesuburan ungu. Karena kemasan produknya yang keunguan dan harganya murah, menjadikan produk ini favorit di kalangan perempuan yang ingin mengetahui masa subur mereka.

Cara menggunakan alat tes subur ini mirip dengan alat tes kesuburan dalam bentuk strip, yang harus dicelupkan ke urine. Jika muncul 1 garis hanya control line berarti tidak sedang ovulasi. Sementara jika muncul 2 garis yang sama warnanya atau lebih gelap dari control line artinya sedang ovulasi.

Harga: Rp1.300

Bisakah Menggunakan Aplikasi untuk Menentukan Masa Subur?

Dengan berkembangnya teknologi, saat ini ada beberapa aplikasi masa subur seperti Flo dan Clue. Namun apakah tepat menggunakan aplikasi untuk menentukan masa subur Mommies?

Setiap perempuan memiliki kebutuhan yang berbeda dalam hal memprediksi ovulasi sehingga muncul aplikasi teknologi untuk membantu hal ini. Setelah rincian tentang periode dimasukkan, aplikasi akan memberikan waktu subur dari siklus tersebut.

Hal ini mungkin membantu tapi jika pasangan telah mencoba untuk hamil selama lebih dari enam bulan dan belum juga bisa hamil, alat tes masa subur dapat membantu karena perkiraannya lebih tepat.

BACA JUGA: 20 Pertanyaan yang Wajib Ditanyakan Ibu Hamil ke Dokter Kandungan

Penulis: Imelda Rahma

Cover: wirestock on Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan