banner-detik
EDUCATION

Masih Libur Sekolah, Ini 8 Toko Buku untuk Mengajak Anak Membaca

author

Mommies Daily6 days ago

Masih Libur Sekolah, Ini 8 Toko Buku untuk Mengajak Anak Membaca

Selain ke tempat wisata, Mommies juga bisa ajak anak liburan sekolah ke toko buku, lho! Enggak cuma menambah wawasannya, tetapi juga meningkatkan kemampuan literasi mereka.

Setiap anak liburan sekolah, Mommies pasti suka bingung mau ajak mereka healing ke tempat mana lagi. Apalagi kalau Mommies sering ajak anak ke berbagai tempat wisata setiap liburan. Nah, sekarang selain berkunjung ke tempat wisata, Mommies juga bisa ajak anak liburan ke toko buku.

Membaca buku adalah kemampuan yang harus diajarkan pada anak sejak dini. Terutama pada anak usia prasekolah atau di bawah 5 tahun yang rasa ingin tahunya tinggi dan senang mengeksplor banyak hal di sekitarnya. Meski mereka belum bisa membaca dengan lancar, tetapi Mommies bisa membacakan mereka buku secara langsung dan membiarkannya memilih buku cerita yang disukainya.

Enggak cuma menambah wawasan anak, membiasakan baca buku pada anak juga bisa meningkatkan kemampuan literasinya. Sebelum membahas rekomendasi toko buku yang ada di Jakarta, berikut Mommies Daily berikan informasi mengenai manfaat baca buku untuk anak.

BACA JUGA: Belajar Bahasa Asing Sejak Dini, Ini 12 Kursus Mandarin dan Jepang Terbaik untuk Anak

Manfaat Membaca Buku untuk Anak

Berikut beberapa manfaat membaca buku untuk anak.

1. Menambah Wawasan Baru

Membaca buku pastinya akan menambah wawasan dan pengetahuan anak. Sebab, saat membaca atau dibacakan buku anak akan mendapatkan informasi baru yang selama ini belum diketahuinya. Oleh karena itu, mengenalkan anak pada buku dan membiasakannya untuk membaca menjadi kegiatan yang sangat penting.

2. Meningkatkan Kualitas Memori Anak

Selain menambah wawasannya, membaca buku juga bisa meningkatkan kualitas memori anak. Hal ini karena membaca buku bisa membuat anak lebih mudah mengingat sesuatu, sehingga kinerja otaknya juga lebih optimal.

3. Mengenal Kosakata dan Konsep

Saat anak dibiasakan membaca atau dibacakan buku, pastinya kosakatanya akan bertambah serta keterampilan komunikasinya juga meningkat. Informasi baru yang diserapnya juga bisa mengenalkan anak pada konsep cerita, angka, warna, huruf, dan bentuk. 

4. Meningkatkan Imajinasi dan Kreativitas

Informasi baru yang ada di buku bisa meningkatkan imajinasi dan merangsang kreativitas anak. Selain untuk mengembangkan minat dan ide pada anak, kreativitas juga bisa membantu anak mengelola emosinya saat ia dewasa.

5. Melatih Keterampilan Berpikir

Anak yang hobi membaca biasanya akan tumbuh menjadi anak yang cerdas dengan rasa ingin tahu yang tinggi. Hal ini juga akan terus melatih keterampilan berpikirnya untuk menganalisis suatu masalah yang ada di dalam buku tersebut dan mencari solusinya.

6. Menstimulasi Mental Anak

Membaca buku bisa menjaga otak agar bisa tetap aktif dan menjalankan fungsinya dengan baik dan benar, sehingga dapat membantu menstimulasi mental anak serta melatih kesehatan otaknya. 

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Pop Up Class Terbaik, Bantu Stimulasi Otak Motorik dan Sensorik Anak 

Toko Buku Offline di Jakarta

Yuk, ajak anak liburan ke tempat buku offline yang ada di Jakarta ini.

1. Kedai Patjarmerah

  

Foto: Jakarta Book Review

Kedai Patjarmerah yang berlokasi di Pos Bloc Jakarta ini menjual berbagai macam buku, seperti sastra, filsafat, dan sejarah. Selain menjual buku, toko buku ini juga sering bikin festival buku keliling Nusantara yang dilengkapi dengan kegiatan diskusi para penulis, penerbit, penyair, klub baca, sineas, dan seniman. Mommies bisa banget ajak anak ke sini untuk meningkatkan semangat literasinya dan mendapatkan insight baru dari para narasumber yang hadir.

Alamat: Jl. Pos, Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat.

2. Blooks

Foto: @blooks.store

Toko buku yang berada di kawasan Blok S Jakarta ini ternyata didirikan oleh seorang pengamat film bernama Hikmat Darmawan bersama teman-temannya, pada tanggal 1 Juli 2023. Anak Mommies juga bisa beli dan lihat-lihat berbagai merch dan artworks yang ada di toko buku ini. Enggak cuma itu, anak Mommies juga akan berkesempatan mendapatkan puisi yang langsung ditulis oleh Hikmat Darmawan menggunakan mesin ketik tua. Menarik banget, ya, Mommies!

Alamat: Jl. Birah Raya No.10, RT.5/RW.6, Kota Jakarta Selatan, Kec. Kebayoran Baru.

3. Kios Ojo Keos

Foto: Horego.com

Selanjutnya, toko buku yang enggak kalah menarik adalah Kios Ojo Keos yang berlokasi di Bona Indah Plaza, Lebak Bulus. Toko buku ini super lengkap, mulai dari buku baru, buku bekas, buku impor, hingga buku lokal semuanya ada di sini. Selain itu, Kios Ojo Keos juga menjual records musisi lokal serta kaos dan sering mengadakan kegiatan seru setiap minggunya, seperti diskusi, nonton film, hingga open mic

Alamat: Bona Indah Plaza Blok A2 No. B11, Jl. Karang Tengah Raya, Lebak Bulus.

4. POST Bookshop

toko buku

Foto: Tirai

Toko buku yang berlokasi di Pasar Santa ini menjual berbagai jenis buku, mulai dari genre sastra, arsitektur, fiksi dan nonfiksi, hingga buku anak-anak. Buku-buku tersebut juga sudah dipilih langsung oleh pemiliknya, yaitu Maesy Ang dan Teddy W. Kusuma. POST Bookshop juga punya konsep yang Instagramable sehingga cocok untuk dijadikan tempat foto-foto bersama anak Mommies.

Alamat: Santa Modern Market, Jl. Cisanggiri II No.6 upper floor, RT.5/RW.4, Petogogan.

5. Lorong Buku Batavia

Foto: Instagram  @lorongbukubatavia

Sesuai dengan namanya, toko buku ini merupakan suatu lorong yang berada di kawasan Pasar Gembrong Baru, Jatinegara, Jakarta Timur. Kalau berkunjung ke sini, Mommies enggak perlu khawatir kehabisan buku karena ada banyak toko-toko buku yang bisa Mommies kunjungi. Suasananya yang vintage juga akan memberikan pengalaman belanja buku yang berbeda bagi anak Mommies.

Alamat: Jl. Jendral Basuki Rachmat, RT.4/RW.6, Cipinang Besar Selatan, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur.

6. Gramedia Grand Indonesia

toko buku

Foto: Love Indonesia Directory

Gramedia di Grand Indonesia menawarkan spot Instagramable dengan pemandangan Bundaran HI. Enggak cuma ada rak buku, alat tulis, mainan anak, atau alat musik, gramedia ini juga menyediakan Pojok Membaca yang terletak di tengah kedua sisi toko. Lokasinya ada di lantai 3 East Mall, Grand Indonesia.

Alamat: Jl. M.H. Thamrin No.1, Lantai 3, Kb. Melati, Kec. Menteng, Jakarta Pusat.

7. Kinokuniya Bookstore

toko buku

Foto: Instagram @kinokuniya_id

Mau baca buku di tempat yang super nyaman dan minimalis ala Jepang? Kinokuniya Bookstore jawabannya. Toko buku yang berlokasi di PIK ini menyediakan berbagai jenis buku dan setiap lemarinya punya judul section masing-masing, mulai dari toddler, young adult, hingga reference sehingga memudahkan Mommies saat mencari buku yang ingin dibaca.

Alamat: Central Market PIK, Lantai 1 FF02-03A, Golf Island, Kawasan Pantai Maju

8. Periplus

Foto: Wikipedia

Selain tersedia untuk online, Periplus juga ada toko offline-nya lho, Mommies! Toko offline Periplus menyediakan berbagai jenis buku khususnya dalam bahasa Inggris, seperti fiksi, non-fiksi, buku anak-anak, buku tentang bisnis, buku tentang kesehatan, buku remaja, dan masih banyak lagi. Tempatnya yang nyaman dan luas dijamin bikin anak betah.

Alamat:

Metro Pondok Indah Mall Blok III B Lt.1 No.148, Jalan Metro Pondok Indah, Pondok Pinang, Kebayoran Lama.

BACA JUGA: Rekomendasi Tablet untuk Anak Belajar, Semua di Bawah Rp5 Juta

Nah, itu dia 7 rekomendasi toko buku offline di Jakarta. Yuk, mulai sekarang ajak anak liburan ke toko buku terdekat!

Penulis: Shandya Pricilla

Cover: Abby Chung on Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan