banner-detik
EDUCATION

KeenKids: Kembangkan Multiple Intelligence Siswa dengan Dua Metode Belajar

author

Mommies Daily27 Jun 2024

KeenKids: Kembangkan Multiple Intelligence Siswa dengan Dua Metode Belajar

Tanpa tes masuk, sekolah KeenKids menerapkan metode pembelajaran active learning dan Montessori. Yuk, kenal lebih dalam dengan KeenKids disini!

Pendidikan memiliki peran yang penting bagi proses tumbuh kembang anak, terutama memberikan pendidikan anak usia dini yang berkualitas. Tujuan memberikan pendidikan sedini mungkin kepada anak adalah untuk membentuk kepribadian anak sehingga menjadi lebih matang, menjadikannya pribadi yang mandiri, serta dapat bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya.

Nilai-nilai tersebutlah yang diterapkan oleh sekolah KeenKids, salah satu lembaga pendidikan usia dini serta usia dasar. Mommies Daily pun berkesempatan untuk mewawancarai Bu Lanny, selaku Kepala Sekolah KeenKids dan bertanya mengenai proses pendidikan serta metode belajar di sekolah yang satu ini. Simak informasi selengkapnya di bawah ini yuk, Mommies!

BACA JUGA: SD Sumbangsih Grogol, Tidak Pakai Tes Akademik untuk Syarat Masuk

Kurikulum yang Diterapkan KeenKids

Dengan menerapkan visi “to become parents partner in developing children properly”, sekolah KeenKids memadukan teori Multiple Intelligences dengan Kurikulum Nasional Indonesia. Metode pembelajaran yang digunakan oleh KeenKids adalah active learning dan Montessori yang bertujuan untuk merangsang delapan kecerdasan dalam Multiple Intelligences.

Multiple Intelligences tersebut meliputi kecerdasan spasial (visual), kecerdasan linguistik (verbal), kecerdasan logis (matematika), kecerdasan kinestetik (jasmani), kecerdasan musik, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, dan kecerdasan naturalistik. Selain itu, KeenKids juga membagi murid per kelas berjumlah maksimal dua belas anak saja. Hal ini bertujuan untuk mendorong keefektifitasan proses pembelajaran, dimana setiap kelasnya akan dibimbing oleh satu guru dan satu asisten guru.

Untuk program pendidikan usia dini, aktivitas yang disajikan oleh KeenKids adalah kegiatan bermain sambil belajar. Sedangkan untuk pendidikan dasar, metode pembelajaran yang diterapkan memiliki fungsi untuk memperkuat pemahaman logika pada kelas 1 – 3 dan menekankan pencapaian akademis pada kelas 4 – 6.

Memiliki 6 Program Pembelajaran

Lembaga pendidikan yang memiliki misi dalam membentuk anak-anak yang cerdas, ceria, kreatif, serta tangguh ini menyediakan enam program pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan usia dan kebutuhan anak. Berikut enam program yang disediakan oleh KeenKids, antara lain.

  1. KeenKids Daycare
  2. KeenKids Pre-School
  3. KeenKids Kindergarten A
  4. KeenKids Kindergarten B
  5. KeenKids Elementary School
  6. KeenAgers Secondary School

Fasilitas dan Ekstrakurikuler yang Lengkap

KeenKids memiliki deretan fasilitas lengkap yang bertujuan untuk menunjang proses pembelajaran dan tumbuh kembang anak. Beberapa fasilitas tersebut, meliputi outdoor children playground, indoor children playground, lapangan basket mini, lapangan futsal mini, kolam renang, function room, movies room, gym room, music room, library, dentist, pediatrician, mushalla, serta toilet.

Sedangkan untuk kegiatan ekstrakurikuler, KeenKids juga menyediakan kegiatan yang bervariasi, mulai dari bidang seni, agama, hingga olahraga. Untuk ekstrakurikuler bidang kesenian terdiri dari melukis dan musik. Pada bidang agama dan pelajaran, terdapat science Iqra.

Ekstrakurikuler Iqra bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar bagi anak terhadap huruf hijaiyah, dapat membedakan huruf-huruf hijaiyah dengan baik dan benar, baik itu secara urut maupun acak. Sedangkan untuk bidang olahraga terdapat ekstrakurikuler renang, karate, dan sepakbola.

Tidak Ada Tes Akademik sebagai Syarat Masuk

KeenKids tidak menyediakan tes akademik sebagai persyaratan masuk, tetapi pihak sekolah mengadakan program trial yang dapat dicoba oleh si kecil. Pada program trial ini, pihak KeenKids akan melihat apakah pola pengasuhan dan pembelajaran yang diberikan dapat diterima secara efektif oleh anak atau tidak. Sebaliknya juga, dengan mengikuti program trial, anak dapat menikmati kegiatan yang disediakan serta manfaatnya.

Apabila sudah tepat maka Mommies dapat langsung mendaftarkan si kecil pada program di sekolah KeenKids yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Selain itu, KeenKids juga menyediakan pendampingan langsung dari psikolog bagi anak berkebutuhan khusus. Untuk biaya sekolah yang ada di KeenKids terdiri dari dua jenis, yakni Annual Fee dan Monthly Fee, yang tentunya disesuaikan dengan program yang diikuti oleh si kecil.

KeenKids Kebayoran
Alamat: Jl. Ciputat Raya No.2, RT.7 RW.8, Kebayoran Lama Utara, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12240.
Telepon: (021) 7294170

KeenKids Poso
Alamat: Jl. Danau Poso No.28, RT.12 RW.4, Bend. Hilir, Kecamatan Tanah Abang,Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10210.
Telepon: 57851760

BACA JUGA: SMA Labschool Cibubur, Punya Program France Track hingga Kesempatan Kuliah di Prancis

Ditulis oleh: Nariko Christabel

Foto: KeenKids

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan