banner-detik
SEX & RELATIONSHIP

6 Manfaat Berbagi Pekerjaan Rumah Tangga, Serta Tipsnya

author

Dhevita Wulandari26 Jun 2024

6 Manfaat Berbagi Pekerjaan Rumah Tangga, Serta Tipsnya

Melakukan tugas rumah bersama punya banyak manfaat bagi pasangan suami dan istri, bahkan anak. Simak tips dan manfaat berbagi pekerjaan rumah tangga, yuk!

Stigma tentang pekerjaan rumah umumnya dilakukan oleh perempuan atau istri. Padahal, pekerjaan rumah merupakan pekerjaan bersama antara suami dan istri, lho! Maka dari itu, pembagian tugas rumah harusnya dibicarakan dan didiskusikan bahkan dari sebelum menikah.

Untuk Mommies yang sudah menikah tapi belum membicarakan soal pembagian tugas atau pekerjaan rumah dengan suami, tidak ada kata terlambat kok jika ingin membicarakannya sekarang. Sebab, sebenarnya banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh suami dan istri ketika pekerjaan rumah dibagi bersama.

Tips Berbagi Tugas Rumah Tangga

Ini beberapa tips yang bisa Mommies dan suami lakukan untuk membagi pekerjaan rumah tangga.

1. Komunikasi yang terbuka dan jujur

Bicarakan dengan suami mengenai pembagian tugas rumah tangga. Pastikan Mommies dan pasangan saling memahami dan menyetujui pembagian tugas yang dibicarakan.

2. Fleksibiltas

Keadaan mungkin tidak selalu berjalan sesuai keinginan dan rencana, maka cobalah untuk bersikap fleksibel dan terbuka untuk perubahan. Di sini Mommies dan suami dibutuhkan untuk saling mengerti dan mau membantu satu sama lain.

3. Bersyukur dan saling menghargai

Bukan hanya suami yang harus diberikan penghargaan dan ucapan terima kasih saat ia mampu menyelesaikan pekerjaan rumah tangga, namun istri juga harus selalu diberikan penghargaan dan ucapan terima kasih. Ingat dan tanamkan bahwa pekerjaan rumah bukan hanya tugas perempuan atau istri, melainkan semua orang yang ada di dalam rumah.

Dengan begitu, baik suami dan istri akan sama-sama merasa dihargai dan termotivasi untuk terus saling membantu.

4. Mengambil keputusan bersama

Ketidaksepakatan saat mendiskusikan pembagian tugas bisa saja terjadi. Cobalah untuk mendengarkan terlebih dulu dan menyelesaikannya dengan cara yang damai, tenang, dan penuh hormat antara satu sama lain.

Manfaat Membagi Pekerjaan Rumah antara Suami dan Istri

Foto: Freepik

Selain bisa membuat pekerjaan rumah cepat selesai, ternyata membagi tugas rumah tangga dengan suami memiliki banyak manfaat berbagi pekerjaan rumah tangga untuk diri sendiri dan hubungan pernikahan. Simak, yuk!

1. Mengurangi dan meringankan beban

Saat pekerjaan rumah dibagi secara merata antara suami dan istri, beban yang dulunya ditanggung sendiri akan terasa lebih ringan. Hal ini juga dapat membantu mengurangi stres dan mengurangi kelelahan, apalagi kalau pasangan memiliki kesibukan tinggi di luar rumah seperti bekerja atau di dalam rumah seperti mengurus anak.

2. Membangun kerja sama yang sehat

Ketika suami dan istri saling membantu dalam melakukan dan menyelesaikan pekerjaan rumah, maka akan timbul rasa kemitraan dan kerjasama yang lebih kuat dan sehat dalam pernikahan. Kondisi ini juga menumbuhkan rasa saling menghargai antara satu sama lain dan menyadari bahwa pekerjaan rumah adalah tanggung jawab bersama, bukan salah satunya.

3. Meningkatkan kualitas hubungan

Melakukan pekerjaan bersama bisa membantu meningkatkan kualitas hubungan antara suami dan istri. Bukan hanya kekompakan saja, namun juga bisa memperkuat keintiman dan meningkatkan kebahagiaan dalam hubungan.

4. Meningkatkan keterampilan dan kemampuan

Dengan melakukan berbagai pekerjaan rumah tangga, suami dan istri bisa belajar keterampilan dan kemampuan baru. Tentunya hal ini bisa meningkatkan rasa percaya diri dan memberikan kepuasaan dalam diri masing-masing.

5. Menjadi teladan yang baik bagi anak

Membagi tugas rumah antara suami dan istri menjadi cara yang paling baik untuk memberikan contoh yang bagi anak-anak daripada hanya sekedar menyuruh. Anak-anak akan belajar tentang bagaimana membangun hubungan yang setara, membangun kerja sama yang baik, saling menghargai, dan saling menghormati.

6. Menumbuhkan rasa tanggung jawab dan mandiri pada anak

Mengerjakan pekerjaan rumah bersama pasangan dapat membantu anak tumbuh menjadi orang yang bertanggung jawab dan mandiri. Bukan hanya sekedar mengerjakan pekerjaan rumah, perlu diingat juga bahwa Mommies dan Daddies sedang membesarkan anak laki-laki yang akan menjadi bapak dan ayah serta anak perempuan yang akan menjadi istri dan ibu kelak.

BACA JUGA: Suami Istri, Hindari Ucapkan 5 Kalimat Ini agar Rezeki Tak Seret!

Cover: Freepik

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan