15 Manfaat Seks di Pagi Hari, Meningkatkan Kesehatan dan Kebahagiaan

Sex & Relationship

Fannya Gita Alamanda・23 Jun 2024

detail-thumb

Melakukan seks secara rutin memang baik untuk kedekatan batin dan fisik antara suami istri. Namun, tahukah ternyata ada banyak manfaat seks di pagi hari?

Bagi banyak orang, bangun pagi-pagi apalagi di akhir pekan itu beratnya minta ampun. Bahkan untuk aktivitas yang seharusnya merangkap sebagai rekreasi seperti seks! Tapi rasa malas Anda mungkin akan menipis drastis setelah tahu bahwa seks di pagi hari menawarkan banyak manfaat  kesehatan. Yes, seks bisa menjadi alternatif olahraga di pagi hari. Hati gembira, badan bugar. Semua senang.

Manfaat Seks di Pagi yang Luar Biasa

Ilmu pengetahuan pun mendukung bahwa bercinta di pagi hari banyak manfaatnya. Itu karena beberapa hal berikut ini.

1. Lebih terhubung

Salah satu manfaat utama (dan paling nyata) dari seks pagi hari adalah dampak positifnya terhadap hubungan Mommies dan suami. Kesibukan ini dan itu, plus stres mudah membuat keintiman fisik turun peringkatnya di daftar prioritas hidup. Ketika ini terjadi, hubungan Mommies dan suami perlahan tapi pasti jadi sedingin kulkas 4 pintu. Coba luangkan waktu bercinta di pagi hari. Ini cara yang bagus untuk kembali memprioritaskan hubungan suami istri.

2. Tubuh sangat prima untuk ‘beraktivitas’

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berhubungan seks. Di pagi hari, tubuh sangat siap untuk melakukan hubungan intim karena kadar estrogen dan testosteron sedang berada pada puncaknya. Sebuah penelitian pada tahun 2013 menemukan bahwa libido dipengaruhi oleh kadar hormon — semakin tinggi, semakin besar pula modal untuk saling memuaskan.

BACA JUGA: Mandi Bareng Pasangan, Ini 7 Manfaat untuk Mommies dan Daddies

3. Pria mampu bertahan lebih lama

Berbicara tentang hormon, semakin banyak testosteron, semakin bagus buat seks. Menurut sebuah penelitian tahun 2007, kadar testosteron yang tinggi akan meningkatkan libido pria dan meningkatkan fungsi seksualnya. Sebuah ulasan lama yang diterbitkan pada tahun 2000 juga mengungkapkan bahwa kadar testosteron yang lebih tinggi dapat meningkatkan kekuatan ereksi.

4. Melepaskan oksitosin atau hormon pelukan

Seks di pagi hari bisa semakin mendekatkan suami dan istri. Kok bisa? Ini karena seks menghasilkan oksitosin atau “hormon pelukan”. Oksitosin adalah bahan kimia di otak yang mengendalikan perasaan cinta dan ikatan. Ketika dilepaskan saat berhubungan seks, pasangan suami dan istri akan merasa lebih terhubung.

5. Meredakan stres

Ingin menghilangkan stres? Bercintalah di pagi hari. Sebuah studi tahun 2010 menemukan bahwa aktivitas yang menyenangkan dapat menurunkan kadar hormon stres. Artinya, mencapai klimaks sebelum berangkat kerja atau melakukan aktivitas lainnya dapat membuat suasana hati senang sepanjang hari.

6. Melepaskan hormon endorfin

Seks di pagi hari menghasilkan endorfin, bahan kimia pereda nyeri ajaib di dalam tubuh. Hormon ini bantu meningkatkan suasana hati kita. Itu sebabnya Mommies dan suami akan merasa lebih bahagia setelah mencapai klimaks.

7. Setara dengan olahraga ringan

Jika Mommies dan suami punya kecenderungan kepingin sehat tapi males banget berolahraga, seks pagi hari bisa menjadi opsi memuaskan. Menurut Alexandra Fine, seorang seksolog berlisensi, seks di pagi hari memberi manfaat yang sama seperti olahraga ringan.

“Manfaat fisik apa pun dari olahraga ringan di pagi hari—meningkatkan metabolisme, menghilangkan stres, dan lain lain. Ini juga berlaku untuk seks pagi hari,” jelasnya. Dan sains mendukung klaim ini. Penelitian dari Harvard Medical School menunjukkan bahwa seks membakar sekitar 5 kalori per menit. Bahkan sekadar berciuman juga bisa membakar kalori, lho!

Foto: Andrea Piacquadio on Pexels

8. Di rumah, bisa melakukannya di mana saja

Apa manfaat seks di pagi hari? Jika Mommies dan suami kepingin yang ‘nakal-nakal’, bercintalah saat pagi. Apalagi jika hanya tinggal berdua. Di ruang tamu, dapur, kamar mandi, ruang laundry, hingga garasi bisa dimanfaatkan. Bersenang-senanglah!

9. Anak-anak tidak akan memergoki

Salah satu manfaat seks di pagi hari adalah Mommies dan suami bisa hepi-hepi dengan aman. Bercinta di pagi hari cenderung lebih aman dan nyaman karena biasanya anak-anak masih tertidur lelap. Saat sarapan bersama nanti, suami dan istri bisa saling melempar senyum, mengetahui perbuatan yang baru saja kalian lakukan tanpa sepengetahuan anak-anak.

10. Baik untuk otak

Ingin meningkatkan kinerja otak? Bercinta di pagi hari adalah jawabannya. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa lepasnya campuran neurotransmiter dan hormon khususnya dopamin (hormon perasaan senang) dapat bermanfaat bagi kesehatan otak dan kognisi.

11. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kita tahu vitamin C memiliki keajaiban bagi sistem kekebalan tubuh. Tapi seks juga nggak kalah manfaatnya buat sistem kekebalan tubuh. Para peneliti dari sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa seks dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan memicu pertahanan alami tubuh terhadap bakteri, virus, dan kuman-kuman lainnya.

12. Bikin awet muda

Daripada mengeluarkan  uang ratusan juta untuk operasi plastik demi awet muda, ada cara lain yang lebih baik, yaitu seks! Beberapa ahli berpendapat bahwa seks adalah kunci untuk terlihat lebih muda karena melepaskan oksitosin, beta endorfin, dan molekul anti inflamasi lainnya.

BBC News melaporkan tentang sebuah penelitian yang mengatakan bahwa melakukan hubungan seks setidaknya tiga kali seminggu dapat membuat seseorang terlihat beberapa tahun lebih muda dibandingkan orang yang jarang berhubungan seks. Orgasme bahkan dapat bermanfaat bagi kulit!

13. Cepat dan murah

Seks di pagi hari jelas lebih cepat dan mudah. Bandingkan jika seks dilakukan di malam hari, setelah Mommies dan suami atau salah satu pulang kerja. Menunggu pasangan pulang, mandi, makan malam, gosok gigi, mengatur suasana hati, dan sebagainya.

Belum lagi kalau kepingin banget tapi badan capek. Nah, bercinta di pagi hari, cuma perlu sikat gigi lalu melakukannya. Mau lebih seru? Tidurlah dalam keadaan telanjang. Besok Mommies dan suami akan bangun dalam kondisi siap tempur.

14. Bisa bikin hati senang sepanjang hari

Bos ngomel? Klien cerewet? Duh, orgasme dahsyat tadi pagi Mommies dan suami hanya bisa senyum-senyum bahagia. Ya, itu betul. Minimal, nggak akan gampang baperan ketika sikap bos hari itu kurang bersahabat dan klien rewel bukan main. Kenapa? Karena hati Mommies dan suami sedang bahagia. Sebagai bentuk terima kasih, Mommies dan suami boleh mampir ke toko, membelikan sesuatu yang disukai pasangan sebagai hadiah.

15. Menambah rasa percaya diri

Apa hubungannya bercinta di pagi hari dengan rasa percaya diri? Karena cahaya di kamar relatif lebih terang dibandingkan saat malam hari, Mommies dan suami nggak bisa mematikan lampu buat menyembunyikan apa pun yang ingin disembunyikan.

Kondisi ini membuat pasangan suami istri harus bisa menerima tubuh satu sama lain apa adanya. Nah, semakin sering bercinta di pagi hari, pasangan suami istri akan terlatih untuk leebih dan semakin percaya diri.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Kondom Glow in the Dark, Seks Lebih Seru dan Bergairah

Cover: Freepik