banner-detik
LIFESTYLE

Terinspirasi dari Kisah Nyata, Intip 6 Fakta dan Sinopsis Film Ipar Adalah Maut

author

Mommies Daily21 Jun 2024

Terinspirasi dari Kisah Nyata, Intip 6 Fakta dan Sinopsis Film Ipar Adalah Maut

Film Ipar Adalah Maut yang diangkat berdasarkan kisah nyata udah tembus 1 juta penonton dalam 5 hari. Ini sinopsis, daftar pemain, hingga faktanya.

Akhir-akhir ini ada film Indonesia baru yang menjadi perbincangan banyak orang, yakni Ipar Adalah Maut. Film bergenre drama romantis ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan diproduksi oleh MD Pictures, dan sudah resmi tayang di seluruh bioskop di Indonesia sejak 13 Juni 2024 lalu.

Film yang dibintangi oleh Deva Mahenra dan Michelle Ziudith ini mengisahkan tentang kehancuran rumah tangga akibat perselingkuhan. Lantas, apa saja fakta mengenai film Ipar Adalah Maut? Simak selengkapnya di bawah ini, yuk, Mommies!

BACA JUGA:

Sinopsis Film Ipar Adalah Maut

Film Ipar Adalah Maut berawal dari Nisa (Michelle Ziudith) yang dipinang oleh dosen muda dari kampusnya, Aris (Deva Mahenra), laki-laki cerdas yang memiliki pesona luar biasa. Pada awalnya, pernikahan mereka sangatlah sempurna dan harmonis, terlebih dengan lahirnya putri mereka, Raya (Alesha Fadilah Kurniawan).

Kisah rumah tangga yang indah bak di negeri dongeng tersebut ternyata harus mengalami guncangan yang tidak terduga. Ibu Nisa secara tiba-tiba menitipkan putri keduanya, Rani (Davina Karamoy), untuk tinggal bersama Aris dan Nisa. Rani yang tadinya menjaga jarak dengan Aris secara perlahan membuka celah hubungan di antara mereka. Di belakang Nisa, Aris menjalankan hubungan terlarang dan mengkhianati pernikahannya dengan adik kandung Nisa alias Rani.

Pemeran Film Ipar Adalah Maut

Berikut daftar pemain film Ipar Adalah Maut. Simak daftar pemainnya di bawah ini, yuk!

  • Deva Mahendra sebagai Aris
  • Michelle Ziudith sebagai Nisa
  • Davina Karamoy sebagai Rani
  • Alesha Fadillah sebagai Raya
  • Dewi Irawan sebagai Asri (Ibu Nisa dan Rani)
  • Devina Aureel sebagai Manda
  • Asri Welas sebagai Esti
  • Nyimas Ratu Rafa sebagai Septi
  • Toby Armstrong sebagai Yan
  • Adam Farrel sebagai Jefri
  • Ruman Rosadi sebagai Ustadz
  • Susilo Nugroho sebagai Junaerdi
  • Aditya Novika sebagai Rohmah
  • Mbok Tun sebagai Tin
  • Akbarry Noor sebagai Robby
  • Nayra Kanaya sebagai Rani Muda
  • Fredy Amin sebagai Dokter Bedah
  • Astri Nurdin sebagai Dokter Spesialis Penyakit Dalam
  • Lia Amelia sebagai Karyawan Nisa
  • Agnes Endah Arum sebagai Perawat
  • Vera Sinambela sebagai Perawat Nisa
  • Ratna Aulia Perawat Nisa

Fakta Menarik Film Ipar Adalah Maut

Berikut Mommies Daily telah rangkum beberapa fakta mengenai film Ipar Adalah Maut yang perlu Mommies ketahui.

1. Berdasarkan Kisah Nyata

Film ini ternyata diangkat dari kisah nyata, loh, Mommies! Film bergenre drama ini diadaptasi dari kisah nyata konten kreator, Eliza Sifaa di TikTok. Eliza mengangkat cerita dari salah satu followersnya, kemudian cerita tersebut menjadi viral sampai menarik pihak MD Pictures.

MD Pictures pun langsung menawarkan kepada Eliza dan segera difilmkan. Penawaran film tersebut hanya membutuhkan waktu satu menit saja untuk disanggupi oleh Manoj Punjabi. Film tersebut akhirnya berhasil dieksekusi bersama dengan Hanung Bramantyo.

2. Judul yang Terinspirasi dari Hadist

Sebelum menjadi film, ternyata judul “Ipar Adalah Maut” ditemukan sendiri oleh Eliza yang terinspirasi dari hadist. Dimana pada hadist tersebut menggambarkan bahaya jika seorang ipar lawan jenis tinggal bersama keluarga kandung kakak sendiri. Berikut isi hadist yang menjadi inspirasi film ini.

“Janganlah kalian memasuki wanita tanpa mahram.” Kemudian seorang dari kaum Anshar berkata, ‘Apa pendapatmu tentang ipar?’ Rasulullah menjawab, “Ipar adalah maut.” (HR. Al-Bukhari no. 5232 dan Muslim no. 2172).

3. Menguras Air Mata dan Emosi

Tentunya film ini akan menguras banyak air mata, sebab dari alur film dan emosi yang digambarkan turut membawa penonton merasakannya. Terlebih pada satu adegan dimana Nisa (Michelle Ziudith) dan Rani (Davina Karamoy) berdebat besar.

Pada adegan tersebut tergambar jelas kepiawaian akting dari Michelle Ziudith. Bahkan, setelah adegan syuting telah selesai, Michelle masih terbawa emosi hingga air matanya terus bercucuran.

4. Deva Mahenra Dilempar Buku Tebal

Pada salah satu adegan film dimana konflik antara Nisa dan Aris, Nisa diharuskan melemparkan benda-benda kepada Aris. Namun, seharusnya Michelle Ziudith menghantam benda yang aman serta tidak keras, tetapi karena terbawa suasana dan emosi ia melemparkan buku tebal ke pipi kiri Deva Mahenra. Akibatnya, pipi Deva merah selama proses syuting. Hal itu dikarenakan penjiwaan Michelle yang totalitas dalam memerankan tokoh Nisa.

5. Soundtrack Filmnya Juara

Film Ipar Adalah Maut menggunakan dua soundtrack film original yakni lagu “Tak Pantas” yang dinyanyikan oleh Mytha Lestari dan “Tak Selalu Memiliki” dari Lyodra. Dua lagu ini mewakili setiap perempuan yang yang merasakan pengkhianatan terbesar oleh orang terdekatnya.

6. Tembus 1 Juta Penonton dalam 5 Hari

Atas rasa antusias dan penasaran masyarakat, film ini berhasil meraih 1 juta penonton hanya dalam waktu lima hari saja, loh, Mommies! Hal tersebut membuat film ini menjadi salah satu film drama tercepat yang mencapai 1 juta penonton. Film ini pun mendapat respon positif alibat terkesima dengan jalan cerita dan akting para pemainnya.

Nah Mommies, itulah beberapa fakta menarik mengenai film Ipar Adalah Maut beserta sinopsis dan pemerannya. Jika Mommies masih penasaran dengan keseluruhan filmnya, tonton langsung di bioskop sebelum ketinggalan, yuk!

BACA JUGA:

Ditulis oleh: Nariko Christabel

Foto: Instagram/iparadalahmautmovie

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan