banner-detik
LIFESTYLE

8 Perawatan Wajah untuk Kulit Berjerawat dan Manfaatnya, Ampuh!

author

Mommies Daily17 Jun 2024

8 Perawatan Wajah untuk Kulit Berjerawat dan Manfaatnya, Ampuh!

Ingin menghilangkan jerawat di klinik kecantikan? Simak metode-metode perawatan wajah terbaik untuk wajah berjerawat yang sesuai dengan kebutuhan Mommies. 

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang mengganggu sebagian orang. Selain membutuhkan perawatan lebih, bekas jerawat terkadang sulit untuk dihilangkan. Penyebab utama munculnya jerawat karena terjadinya penyumbatan pori-pori oleh minyak berlebih yang sudah bercampur baik itu dengan sisa kotoran, polusi, serta sisa makeup yang tidak dibersihkan secara maksimal. 

Banyak cara dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan kulit yang satu ini, mulai dari menjalankan pola hidup sehat, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, serta rutin menggunakan skincare. Namun, cara lain mengatasi jerawat yang terkenal ampuh dan hasilnya cukup cepat adalah melakukan treatment di klinik kecantikan.

Metode Treatment Kecantikan untuk Menghilangkan Jerawat

Dalam melakukan treatment di klinik kecantikan, Mommies tidak bisa melakukannya secara asal. Tentunya sebelum treatment, terdapat dokter spesialis kulit yang akan membantu untuk menyarankan jenis perawatan kulit yang tepat untuk digunakan oleh Mommies. Berikut ini beberapa perawatan wajah yang dapat membantu hilangkan kulit wajah berjerawat.

1. Microdermabrasion

Microdermabrasion merupakan treatment yang dilakukan dengan cara menyemprotkan butiran kristal kecil ke kulit yang dilakukan selama kurang lebih 30 menit. Tujuannya adalah untuk mengupas atau mengikis lapisan kulit mati sehingga diganti dengan terbentuknya sel kulit baru. 

Cara ini terbukti ampuh untuk merangsang pertumbuhan kulit yang lebih sehat dan halus. Tidak hanya untuk mengatasi permasalahan jerawat saja, tetapi juga Mikrodermabrasi dapat memudarkan bekas jerawat, mengecilkan pori-pori, meratakan warna kulit, mencerahkan warna kulit, hingga memudarkan noda hitam. 

2. Dermabrasi

Foto: Freepik

Treatment kecantikan selanjutnya adalah Dermabrasi. Metode ini cukup mirip dengan Mikrodermabrasi, bedanya pada treatment Dermabrasi memerlukan tindakan anestesi terlebih dahulu. Dokter akan memberikan suntikan obat anestesi pada keseluruhan wajah sebelum memutarkan alat getar dengan berkecepatan tinggi. 

Tujuan pemberian anestesi karena efek samping yang diberikan setelah treatment ini adalah kulit Mommies akan muncul kemerahan serta rasa terbakar. Namun, tidak perlu khawatir karena proses penyembuhannya hanya memakan waktu 7 hari saja kok, Mommies. Metode ini bertujuan untuk membantu menghilangkan lapisan kulit yang mengandung jerawat dan merangsang pertumbuhan kulit yang lebih sehat. Dermabrasi juga dapat mengurangi komedo, menghilangkan bekas cacar, mengurangi kerutan, dan memperbaiki tekstur kulit wajah. 

BACA JUGA: Wajah Beruntusan Akibat Sinar Matahari dan Polusi, Ini Cara Mengatasinya

3. Platelet Rich Plasma (PRP)

Platelet Rich Plasma atau PRP Acne merupakan bentuk treatment kecantikan dengan menggunakan plasma darah. Penggunaan plasma darah dipercaya dapat mengatasi proses penyembuhan jaringan kulit. Plasma darah yang telah diambil diproses terlebih dahulu sebelum menjadi serum. Selanjutnya, serum dimasukkan ke dalam sebuah alat yang memiliki jarum berukuran kecil (Dermapen) agar serum tersebut benar-benar masuk ke dalam kulit ketika dioleskan ke kulit Mommies. 

Inilah yang menyebabkan treatment satu ini disebut dengan Vampire Treatment. Cara kerja metode ini yakni dengan merangsang pergantian sel kulit mati menjadi sel baru yang sehat, sehingga prosesnya membutuhkan waktu cukup lama. Oleh karena itu, hasil tidak dapat langsung dilihat setelah satu kali treatment saja ya, Mommies. Diperlukan setidaknya tiga kali perawatan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

4. Chemical Peeling

Metode treatment berikutnya yang dapat Mommies coba apabila memiliki permasalahan kulit jerawat adalah Chemical Peeling. Chemical Peeling merupakan metode treatment di klinik kecantikan yang berguna untuk menghilangkan sel kulit mati dengan menggunakan bahan kimia. Pemilihan bahan kimia yang digunakan juga bervariasi tergantung pada tingkat keparahan jerawat. 

Treatment yang bertujuan untuk membantu mengatasi jerawat dan memperbaiki tekstur kulit ini memiliki efek samping, seperti kulit menjadi lebih kering, timbul kemerahan, perih, hingga rasa terbakar. Tidak hanya untuk jerawat, treatment ini juga dapat membantu penyerapan skincare, mengatasi rosacea, serta menghaluskan garis-garis halus. 

5. Intense Pulsed Light (IPL)

Intense Pulse Light atau IPL menggunakan teknologi penyinaran bertegangan tinggi yang berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab timbulnya jerawat, menyamarkan bekas jerawat, dan mengatasi acne spot. Treatment IPL cukup mirip dengan laser. Metode laser biasanya menggunakan gelombang infrared, sedangkan IPL menggunakan kombinasi berbagai jenis gelombang cahaya dan getaran sehingga cakupan area perawatannya bisa lebih luas.

Sebelum melakukan treatment IPL, kulit Mommies akan diberikan anestesi berupa gel terlebih dahulu. Selanjutnya, dokter akan mengambil tindakan dengan menyorotkan sinar ke area kulitmu selama kurang lebih 20 menit. Metode ini juga dapat mengurangi peradangan jerawat dan mengatasi pembuluh darah yang muncul pada permukaan kulit wajah. 

6. Acne Injection

perawatan wajah berjerawat

Foto: Freepik

Acne Injection merupakan treatment yang dilakukan untuk mengatasi jerawat dengan melakukan penyuntikan langsung pada jerawat. Treatment ini menggunakan jenis obat kortikosteroid yang juga bermanfaat untuk membantu menghilangkan bekas jerawat dan mengobat jerawat meradang. 

Meskipun metode ini sangat cepat terlihat hasilnya yakni dalam 1-2 hari saja, tetapi Mommies juga perlu perhatikan beberapa hal. Acne Injection hanya dapat dilakukan oleh orang yang berusia di atas 18 tahun, tidak boleh dilakukan pada wanita yang sedang hamil, memiliki penyakit darah tinggi, gangguan ginjal, infeksi jamur, riwayat penyakit hati, tiroid, hingga gangguan lambung. 

7. Laser

Sesuai dengan namanya, treatment laser menggunakan gelombang infrared yang berfungsi untuk merangsang produksi kolagen, mengurangi peradangan jerawat, menghilangkan bakteri penyebab jerawat, serta meratakan permukaan kulit. Terdapat dua jenis perawatan laser untuk mengatasi jerawat. 

Dua jenis laser tersebut adalah laser ablatif dan laser non ablatif. Laser ablatif bertujuan untuk menghancurkan lapisan bekas jerawat di kulit, sehingga sel-sel kulit baru bisa tumbuh. Sementara itu, laser non ablatif dilakukan untuk merangsang produksi kolagen dan pertumbuhan sel kulit baru.

8. Oxy Facial Acne

Treatment kecantikan berikutnya yang dapat Mommies coba untuk menghilangkan jerawat adalah Oxy Facial Acne. Oxy Facial Acne merupakan metode perawatan kulit jerawat dengan menggunakan serum oksigen. Cairan oksigen tersebut disemprotkan dengan alat yang bernama jet spray

Selain dapat mengatasi permasalahan jerawat, treatment satu ini juga dapat membersihkan pori-pori wajah dari kotoran, melancarkan sirkulasi darah dalam kulit wajah, melembapkan kulit, hingga menangkal radikal bebas penyebab jerawat. 

BACA JUGA: Bikin Wajah Kencang, Ini 5 Manfaat Gua Sha hingga Rekomendasinya

Itulah jenis perawatan wajah beserta manfaatnya yang dapat Mommies coba apabila memiliki permasalahan kulit berjerawat. Pastikan agar Mommies melakukan treatment yang sesuai dengan kondisi kulit agar tidak menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan, ya. Selamat mencoba!

Penulis: Nariko Christabel

Cover: lookstudio on Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan