banner-detik
LIFESTYLE

14 Makanan dan Minuman Penetralisir Tubuh Setelah Makan Daging Sapi saat Idul Adha

author

Mommies Daily13 Jun 2024

14 Makanan dan Minuman Penetralisir Tubuh Setelah Makan Daging Sapi saat Idul Adha

Bebas khawatir kolesterol dan darah tinggi setelah makan daging sapi saat Idul Adha. Ini 7 makanan dan minuman penetralisir yang bisa Mommies coba.

Idul Adha selalu identik dengan makanan serba daging sapi atau kambing dari hasil kurban. Rasanya yang gurih dan nikmat setelah diolah, terkadang membuat kita lupa memperhatikan kesehatan saat mengonsumsinya. Meski daging mengandung banyak protein, tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan bisa menimbun lemak dan kolesterol jahat.

Selain itu, mengonsumsi daging berlebihan juga membuat perut kembung dan meningkatkan risiko sembelit. Oleh karena itu, Mommies membutuhkan makanan dan minuman penetralisir setelah makan daging.

Berikut Mommies Daily berikan 7 rekomendasi makanan dan minuman penetralisir tubuh setelah makan daging yang bisa Mommies coba.

BACA JUGA: 8 Ide Menu Olahan Selain Rendang Untuk Idul Adha

7 Makanan Penetralisir Tubuh Setelah Makan Daging

Ini makanan penetralisir tubuh yang wajib Mommies coba setelah makan daging.

1. Buah-buahan

Mengonsumsi buah-buahan setelah makan daging dapat memenuhi kebutuhan vitamin, mineral, dan serat untuk tubuh agar pencernaan lebih lancar. Selain itu, buah-buahan juga bisa mencegah sembelit. Mommies bisa coba bikin semangkuk sedang (125 gr) salad buah segar untuk memenuhi asupan gizi seimbang harian Mommies setelah makan daging.

Foto: Pexels

2. Sayuran

Sayur adalah salah satu makanan penawar yang wajib Mommies coba setelah makan daging. Sebab, kandungan serat yang dimiliki sayur bisa membantu mengurangi penyerapan lemak jenuh dan mengikat lemak dari daging. Mommies bisa memilih sayur-sayuran hijau, seperti bayam, sawi, dan kangkung untuk menurunkan kolesterol dan memperlancar proses pencernaan.

3. Kentang

Enggak cuma bikin kenyang, kentang juga bisa menurunkan kolesterol dalam tubuh. Mommies bisa mengonsumsinya dengan cara direbus atau makan kentang rebus bersamaan dengan kulitnya.

Foto: Pexels

4. Acar

Selanjutnya, Mommies bisa coba mengonsumsi acar sebagai penyeimbang naiknya kolesterol akibat makan daging. Mommies bisa mencampur mentimun, bawang merah, dan wortel untuk dijadikan acar. Ketiga bahan makanan tersebut mengandung asam amino belerang yang bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan menaikkan kolesterol baik (HDL).

5. Yoghurt

Yoghurt mengandung probiotik yang bisa meningkatkan bakteri baik dalam usus sehingga dapat mendukung sistem kekebalan pencernaan dan kekebalan tubuh. Selain itu, yoghurt juga bisa melancarkan sistem pencernaan Mommies setelah mengonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak.

Foto: Pexels

6. Tomat

Tomat adalah salah satu buah yang bisa Mommies pilih sebagai ”penawar” kolesterol yang terkandung dalam daging. Sebab, tomat mengandung senyawa likopen yang merupakan senyawa hidrokarbon karotenoid yang bisa menurunkan kolesterol dalam darah.

7. Lemon

Lemon bisa membantu menyediakan vitamin, mineral, dan serat untuk tubuh agar sistem pencernaan lebih lancar setelah makan daging. Selain itu, kandungan flavonoid dan asam sitrat di dalam lemon juga bisa mengikat kadar lemak yang berlebih dalam darah.

Foto: Pexels

7 Minuman Penetralisir Tubuh Setelah Makan Daging

Selain makanan, Mommies juga bisa cobain minuman penetralisir tubuh ini setelah makan daging.

1. Air Kelapa

Air kelapa bisa jadi pilihan minuman pertama yang wajib Mommies pilih sebagai penetralisir tubuh setelah makan daging. Sebab, air kelapa bisa meningkatkan produksi hormon leptin di dalam lambung yang bisa mencegah obesitas dan mempercepat proses metabolisme lemak setelah makan daging dalam jumlah yang cukup banyak.

Foto: Pexels

2. Teh

Senyawa kimia katekin yang terkandung di dalam teh merupakan salah satu senyawa polifenol alami yang berfungsi sebagai antioksidan alami untuk tubuh yang bisa menetralisir kadar kolesterol tinggi akibat mengonsumsi daging dalam jumlah banyak.

3. Jus Jambu Biji

Jus jambu biji memiliki asupan serat baik sebesar 8,9 gram yang berfungsi menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam jus biji juga bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dan mencegah penyakit jantung.

Foto: Detikfood

4. Air Hangat

Minum air hangat setelah makan daging bisa menjadi penawar rasa kembung pada perut, karena air hangat bisa mengeluarkan racun dari tubuh, melancarkan pencernaan, dan mengurangi kembung.

5. Timun Serut

Mommies bisa mengonsumsi timun serut secara langsung atau diolah menjadi minuman yang enak dan segar. Caranya cukup mudah, Mommies hanya perlu serut mentimun dan tambahkan beberapa tetes jeruk nipis atau gula sesuai selera sebelum dikonsumsi.

Foto: Cookpad

6. Infused Water Mentimun dan Mint

Pilihan lain yang bisa menghilangkan rasa berat setelah mengonsumsi daging adalah infused water mentimun dan daun mint. Mentimun memiliki kandungan air tinggi yang bisa membersihkan sistem pencernaan, sedangkan daun mint bisa memberikan efek segar yang membantu meredakan sensasi perut kembung setelah makan daging.

7. Jus Semangka

Seperti yang kita ketahui, semangka memiliki kandungan air yang lebih tinggi dibandingkan dengan buah lainnya. Oleh karena itu, jus semangka bisa jadi pilihan minuman penetralisir tubuh yang wajib Mommies coba setelah makan daging. Selain itu, kandungan vitamin C yang ada di semangka juga bisa mengurangi lemak yang menumpuk di dalam tubuh.

Foto: Pexels

Itu dia 14 makanan dan minuman penetralisir tubuh setelah makan daging saat Idul Adha. Selamat mencoba, Mommies!

BACA JUGA: Pentingnya Mengenalkan Budaya dan Tradisi (Idul Adha) Pada Si Kecil

Ditulis oleh: Shandya Pricilla

Cover: Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan