banner-detik
EDUCATION

8 Kampus dengan UKT di Bawah Rp15 Juta di Indonesia, Cek di Sini!

author

Mommies Daily12 Jun 2024

8 Kampus dengan UKT di Bawah Rp15 Juta di Indonesia, Cek di Sini!

Ini beberapa daftar kampus di Indonesia dengan UKT di bawah Rp15 juta bagi calon mahasiswanya. Ada kampus impian anak Mommies?

UKT atau Uang Kuliah Tunggal menjadi salah satu hal yang selalu menjadi pertimbangan calon mahasiswa baru ketika ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang S1 atau Vokasi. Berita kenaikan UKT di beberapa PTN sempat menghebohkan publik, terutama para calon mahasiswa yang baru mau masuk kuliah. Setelah mendengar aspirasi dari berbagai pihak, Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim akhirnya membatalkan kenaikan UKT di tahun 2024.

Setiap PTN biasanya membagikan besaran jumlah UKT menjadi beberapa golongan sesuai dengan keadaan ekonomi mahasiswa dan harus dibayarkan setiap pergantian semester. Biasanya, mahasiswa yang lulus di jalur reguler atau seleksi Nasional mendapatkan UKT yang lebih kecil dibandingkan mahasiswa kelas Internasional atau sebagainya.

Bagi anak Mommies yang akan melanjutkan pendidikannya di PTN, berikut Mommies Daily berikan beberapa rekomendasi PTN di Indonesia yang punya UKT terjangkau dengan kualitas pendidikan terbaik.

Foto: Ahsanjaya on Pexels

8 PTN yang UKT Tertingginya di Bawah Rp15 Juta

Jangan lupa dicatat, ini beberapa kampus dengan UKT di bawah Rp15 juta.

1. Universitas Negeri Medan (Unimed) – Medan Sumut

Kabar baik bagi anak Mommies yang ingin melanjutkan pendidikannya di Universitas Negeri Medan atau Unimed. PTN ini memiliki UKT tertinggi sebesar Rp7,5 juta dan UKT-nya dikelompokkan menjadi 8 golongan. UKT tertinggi tersebut hanya berlaku di beberapa prodi Unimed, seperti Prodi S1 Matematika, S1 Pendidikan Biologi, S1 Pendidikan Kimia, S1 Fisika, S1 Pendidikan Tata Boga, S1 Pendidikan Teknik Elektro, dan S1 Pendidikan Teknik Mesin.

BACA JUGA: Memberikan Anak Hadiah agar Semangat Belajar, Ini Kata Psikolog

2. Universitas Siliwangi (Unsil) – Tasikmalaya Jabar

Dibandingkan dengan PTN lainnya, Unsil termasuk sebagai salah satu PTN yang biaya UKT-nya terjangkau. Unsil membagi pengelompokkan UKT menjadi 8 golongan dengan UKT tertinggi Rp8 juta. Beberapa prodi di Unsil yang mendapatkan UKT tertinggi tersebut, yaitu Prodi S1 Sistem Informasi, S1 Teknik Sipil, S1 Informatika, S1 Teknik Elektro, dan S1 Kesehatan Masyarakat.

3. Institut Teknologi Sumatera (Itera) – Lampung

Itera menjadi salah satu kampus teknologi negeri yang besaran UKT tertingginya cukup terjangkau, yaitu Rp9,5 juta. UKT di Itera dibagi menjadi 12 kelompok dengan besaran yang sama untuk semua prodi sebagai berikut.

  • UKT 1: Rp500 ribu
  • UKT 2: Rp1 juta
  • UKT 3: Rp2 juta
  • UKT 4: Rp2,75 juta
  • UKT 5: Rp3,5 juta
  • UKT 6: Rp4,25 juta
  • UKT 7: Rp5 juta
  • UKT 8: Rp5,75 juta
  • UKT 9: Rp6,5 juta
  • UKT 10: Rp7,25 juta
  • UKT 11: Rp8 juta
  • UKT 12: Rp9,5 juta

4. Universitas Andalas (Unand) – Padang Sumbar

Unand membagi pengelompokkan UKT-nya menjadi 7 kelompok dengan besaran UKT yang cukup murah. Untuk Prodi Kedokteran dikenakan biaya UKT sebesar Rp12 juta, sedangkan prodi lainnya di Unand UKT tertingginya hanya mencapai Rp3,3 juta untuk golongan 7.

5. Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) – Karawang Jabar

Sama seperti Unimed dan Unsil, Unsika juga membagi golongan UKT mahasiswanya menjadi 8 kelompok dengan UKT tertinggi untuk mahasiswa S1 Farmasi sebesar Rp13,3 juta. UKT tertinggi kedua di Unsika berlagu bagi mahasiswa D3 Kebidanan, sedangkan untuk UKT terendah di Unsika mencapai Rp500 ribu.

BACA JUGA: Syarat Mendaftar Sekolah Gratis di SMP, SMA, dan SMK Swasta Lewat PPDB Bersama Jakarta 2024

Jika Mommies ingin mengetahui daftar PTN lainnya yang UKT-nya di bawah Rp15 juta, Mommies bisa lanjut membaca di sini.

Penulis: Shandya Pricilla

Cover: Ivan Samkov on Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan