banner-detik
SELF

Kartu Lansia Jakarta Cair Juni 2024, Ini Manfaat hingga Cara Mendaftar

author

Mommies Daily10 Jun 2024

Kartu Lansia Jakarta Cair Juni 2024, Ini Manfaat hingga Cara Mendaftar

Kabar baik untuk para lansia! Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mencairkan Kartu Lansia Jakarta pada Juni 2024. Simak manfaat, syarat, hingga cara mendaftarnya di sini.

Program Kartu Lansia Jakarta adalah program bantuan untuk warga lanjut usia di DKI Jakarta yang tidak memiliki penghasilan tetap atau penghasilannya sangat kecil dan tidak bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Selain itu, program ini juga untuk lansia yang terlantar secara psikis dan sosial serta lansia yang sakit menahun dan hanya bisa terbaring di tempat tidur saja.

Program ini dihadirkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan tujuan membantu memenuhi kebutuhan dasar bagi warga lansia yang membutuhkan karena kondisi kesehatan atau sosial mereka. Warga lansia yang memenuhi syarat untuk mengikuti program ini akan menerima bantuan berupa kartu ATM yang diterbitkan oleh Bank DKI dengan dana sebesar Rp600.000 yang cair setiap tiga bulan sekali. Kartu ATM tersebut juga bisa digunakan untuk bertransaksi.

Melalui Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta, Pemerintah Provinsi Jakarta akan mencairkan Kartu Lansia Jakarta pada Juni 2024 yang akan dimulai pada minggu keempat bulan Juni sampai dengan minggu kedua bulan Agustus 2024. Tahun ini, jumlah penerima bantuan ada sebanyak 149.549 orang.

Syarat Menjadi Penerima Kartu Lansia Jakarta

Bagi Mommies yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai Kartu Lansia, ini beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Foto: Anies Baswedan

1. Usia 60 Tahun ke Atas

Program ini memang dibuat khusus untuk lansia yang usianya sudah mencapai 60 tahun atau lebih. Jadi, lansia yang belum mencapai usia ini tidak akan masuk ke dalam daftar penerima kartu.

2. Berekonomi Rendah dan Terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)

Penerima kartu harus berasal dari golongan ekonomi rendah dan sudah terdaftar dalam DTKS sebagai warga yang berhak menerima bantuan sosial ini.

3. Tidak Memiliki Penghasilan Tetap atau Penghasilan Sangat Kecil

Syarat selanjutnya yang harus dipenuhi yaitu calon penerima kartu tidak boleh memiliki penghasilan tetap atau memiliki penghasilan yang sangat kecil sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

4. Menderita Penyakit Menahun, Terbaring di Tempat Tidur, atau Terlantar Secara Psikis dan Sosial

Selain dirancang untuk lansia berusia 60 tahun ke atas, program ini juga ditujukan untuk lansia yang menderita penyakit menahun, terbaring di tempat tidur, atau terlantar secara psikis dan sosial.

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Tempat Medical Check Up Lansia 2024 dan Biayanya!

Cara Mendaftar Kartu Lansia Jakarta

Berikut cara mendaftar yang wajib Mommies ketahui.

  1. Unduh aplikasi Cek Bansos
  2. Buka aplikasi Cek Bansos
  3. Siapkan NIK dan KK
  4. Registrasi
  5. Ikuti arahan di aplikasi sampai selesai
  6. Setelah selesai registrasi, klik menu daftar usulan untuk mendaftar data terpadu kesejahteraan sosial

Cara Cek Status Penerima Kartu Lansia Jakarta Secara Online

Mommies juga bisa mengecek status penerima secara online. Yuk, ikuti caranya di sini.

  1. Buka browser pada perangkat yang digunakan, lalu kunjungi link siladu.jakarta.go.id.
  2. Setelah halaman berhasil terbuka, Mommies bisa langsung masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau Nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP) lansia yang terdaftar di wilayah DKI Jakarta.
  3. Pastikan nomor NIK atau KTP sudah sesuai dan benar, kemudian klik tombol ’Cek’.
  4. Terakhir, sistem akan secara otomatis menampilkan informasi mengenai status sebagai penerima Kartu Lansia Jakarta berdasarkan data yang telah dimasukkan.

BACA JUGA: Lansia Juga Butuh Bergaul dan Beraktivitas, Ini 7 Rekomendasi Komunitas Lansia di Indonesia

Itulah manfaat, syarat, cara mendaftar, dan cara mengecek status penerima Kartu Lansia Jakarta secara online. Untuk informasi selengkapnya, Mommies bisa mengunjungi akun Instagram resmi Pemprov DKI Jakarta @dkijakarta.

Penulis: Shandya Pricilla

Cover: Mikhail Nilov on Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan