banner-detik
LIFESTYLE

Jarang Disadari, 5 Kebiasaan Ini Dapat Memicu Flek Hitam pada Wajah

author

Mommies Daily09 Jun 2024

Jarang Disadari, 5 Kebiasaan Ini Dapat Memicu Flek Hitam pada Wajah

Kebiasaan sehari-hari yang kerap dianggap sepele ini justru bisa memicu munculnya flek hitam pada wajah, loh, Mommies. Apa saja? Yuk, simak di sini!

Setiap perempuan tentu mendambakan kulit bersih, lembut, sehat, serta glowing bukan, Mommies? Namun, permasalahan kulit kerap tidak terhindarkan dan dapat menurunkan rasa percaya diri jika tidak diberikan perawatan. 

Beberapa permasalahan kulit wajah yang kerap terjadi meliputi jerawat, komedo berlebih, kerutan, kusam, serta flek hitam. Flek hitam atau ephelis merupakan bintik-bintik kecil pada wajah yang berwarna lebih gelap daripada area sekitarnya. Meskipun tidak berbahaya, kondisi ini tentu akan mengganggu penampilan. 

Flek hitam terbentuk ketika melanin atau kumpulan pigmen alami memproduksi melanosome secara berlebihan sehingga pigmen kulit membuat kulit menjadi lebih gelap. Masalah kulit ini paling banyak disebabkan karena paparan sinar matahari dalam waktu yang lama. Tidak hanya terjadi pada orang lanjut usia saja, flek hitam bahkan dapat terjadi pada remaja.

Kebiasaan yang Menjadi Pemicu Munculnya Flek Hitam

Terkadang, secara tidak sadar Mommies melakukan aktivitas yang dapat memicu munculnya flek hitam. Lantas, apa sajakah kebiasaan yang dapat menjadi pemicu munculnya flek hitam? Simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

BACA JUGA: Rahasia Awet Muda Shin Hye Sun, Masih Sering Berperan sebagai Murid SMA!

1. Suhu Panas Api Kompor ketika Memasak

 

 

Sebagai seorang ibu, tidak jarang Mommies menghabiskan banyak waktu di dapur untuk memasak dan menyiapkan makanan baik itu untuk si kecil ataupun suami. Ternyata panas dari suhu kompor ketika memasak dapat membahayakan kesehatan kulit wajah.

Hal ini tentu cukup asing bagi sebagian orang, namun nyatanya panas kompor dapat menjadi pemicu munculnya flek hitam. Panas yang dihasilkan dari matahari dan dan panas api berbeda ya, Mommies. Sinar matahari menghasilkan panas radiasi, sedangkan panas dari api kompor adalah jenis panas yang melakukan kontak langsung dengan kulit. 

Panas dari api kompor yang menyembur ke wajah tersebut menyebabkan pembuluh darah vaskular di bawah kulit menjadi mudah rusak ketika kondisinya panas. Hal tersebutlah yang menyebabkan munculnya flek hitam karena pigmen kulit yang hendak muncul ke permukaan terhambat serta menumpuk di bawah pembuluh darah yang rusak tersebut.

Dengan demikian, penggunaan sunscreen itu sangatlah penting untuk diaplikasikan meskipun berada di dalam ruangan ya, Mommies. Mommies dapat menggunakan sunscreen pada pagi hari sebelum beraktivitas. 

2. Paparan Sinar Matahari Langsung tanpa Tabir Surya

 

 

Kebiasaan selanjutnya yang menyebabkan munculnya flek hitam adalah ketika permukaan wajah terkena paparan sinar matahari langsung dan Mommies tidak menggunakan tabir surya. 

Sinar matahari membawa sinar UV yang berupa radiasi gelombang elektromagnetik yang dapat menyebabkan masalah jika terlalu sering terkena kulit. Hal inilah yang menyebabkan produksi melanin pada kulit akan terjadi secara berlebihan sehingga kemudian munculnya hiperpigmentasi yang membuat warna kulit di area tertentu jadi terlihat lebih gelap dibandingkan area lainnya.

Oleh karena itu, penggunaan sunscreen sangatlah penting untuk digunakan terutama ketika Mommies sering berkegiatan di luar ruangan yang menyebabkan kulit terkena paparan sinar matahari secara langsung. Sunscreen memang tidak dapat menghilangkan flek hitam secara langsung, namun penggunaan sunscreen yang teratur dapat membantu mencegah munculnya flek hitam lebih banyak. 

Mommies yang beraktivitas di luar ruangan disarankan untuk menggunakan sunscreen yang setidaknya memiliki SPF 30. Jangan lupa juga untuk menunggu selama 15 – 30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan serta mengoleskan kembali sunscreen ke wajah setiap 2 jam sekali untuk perlindungan yang lebih optimal. 

BACA JUGA: Bikin Wajah Kencang, Ini 5 Manfaat Gua Sha hingga Rekomendasinya

Jika mau tahu kebiasaan lainnya yang dapat menjadi pemicu munculnya flek hitam pada wajah, Mommies dapat membaca artikel selengkapnya di sini, ya.

Penulis: Nariko Christabel

CoverFreepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan