banner-detik
PARENTING & KIDS

8 Tempat Wisata Liburan Sekolah yang Murah, Banyak yang Gratis!

author

Mommies Daily07 Jun 2024

8 Tempat Wisata Liburan Sekolah yang Murah, Banyak yang Gratis!

Libur sekolah telah tiba! Mommies yang mau mengajak anak-anak berlibur tapi terhalang biaya tenang saja, karena 10 tempat wisata liburan sekolah ini murah!

Juni juga dikenal sebagai bulan libur sekolah. Saat mempertimbangkan destinasi wisata liburan sekolah biasanya biaya jadi faktor tertinggi. Penting untuk memilih tempat liburan yang akan dinikmati oleh semua orang dalam keluarga tapi juga murah.

Banyak orang tua yang merasa bahwa liburan adalah kesempatan lain untuk belajar. Pilihan destinasi wisata edukasi semakin populer karena para orang tua mencari lebih banyak cara untuk menggabungkan kecintaan mereka pada perjalanan dengan kesempatan untuk membuat momen-momen yang dapat diajarkan.

Rekomendasi Destinasi Wisata untuk Liburan Sekolah

Selain destinasi wisata edukasi ada kok tempat-tempat yang memang cocok untuk anak dan lebih fokus kepada unsur hiburan. Kalau Mommies tidak keberatan dengan tempat-tempat seperti ini, berikut ini ada beberapa destinasi wisata liburan sekolah yang murah dan bahkan gratis, loh!

1. Pantai Ancol

Foto: pinimg

Kita mulai dulu dari destinasi wisata liburan sekolah di Jakarta. Asyiknya, Jakarta juga berulang tahun di bulan Juni sehingga banyak tempat wisata yang murah dan dibuat gratis. Seperti Ancol yang untuk masuknya gratis selama periode 1-21 Juni 2024.

Selain bisa main-main di pantai Ancol, biasanya ada banyak festival jajanan dan bazaar besar di kawasan wisata tersebut. Kalau mau lebih hemat dan murah, Mommies juga bisa bawa makanan dan minuman sendiri.

2. Museum Macan

Foto: Instagram @museummacan

Jika Mommies ingin mencari wisata edukasi di pusat kota bisa mampir ke Museum Macan. Museum yang terletak di wilayah Jakarta Barat ini sedang melaksanakan pameran terbaru Patricia Piccinini: CARE.

Pameran ini menampilkan seni karya patung surealis. Pameran ini cocok untuk semua usia tetapi mencakup materi sensitif. Pendampingan anak-anak oleh orang tua disarankan. Untuk tiketnya juga murah, mulai dari Rp50.000 untuk anak-anak.

BACA JUGA: 3 Jenis Gangguan Belajar pada Anak SD, Gejala, dan Cara Mengatasinya Menurut Psikolog

3. Monumen Nasional (Monas)

Foto: pinimg

Monas selalu jadi destinasi wisata libur sekolah favorit karena untuk masuk ke area taman benar-benar gratis. Apalagi tahun ini dalam menyambut ulang tahun Jakarta di kawasan ini akan dihelat gelaran acara yang menampilkan acara air mancur menari dan video mapping.

4. Ragunan

Foto: pinimg

Mencari tempat wisata liburan sekolah yang adem tapi juga bisa memberi wawasan? Ragunan, jawabannya. Dengan tiket masuk yang murah, mulai dari Rp3.000 untuk anak-anak, Mommies dan keluarga sudah bisa berlibur dengan puas.

Mommies dan anak bisa jalan santai sambil melihat para binatang di dalam kebun binatang Ragunan. Kalau capek bisa menyewa sepeda seharga Rp10.000 per orang dan sepeda ganda sebesar Rp15.000 per orang untuk mengelilingi kawasan kebun binatang.

5. Kebun Raya Bogor

tempat wisata liburan

Foto: pinimg

Nah, Kebun Raya Bogor selalu menjadi primadona destinasi wisata saat liburan, terutama bagi keluarga. Lokasinya yang bisa dicapai menggunakan angkutan umum seperti KRL juga membuat destinasi wisata liburan sekolah ini sangat terjangkau.

Di dalam Kebun Raya Bogor, Mommies dan anak bisa berjalan-jalan atau piknik sambil menikmati alam. Ada berbagai taman seperti Taman Orchidarium dan Taman Astrid. Harga tiket masuk pada akhir pekan dan libur nasional sebesar Rp 25.500 per orang, sepeda Rp 20 ribu per unit, mobil Rp 50 ribu per unit.

6. Farmhouse Susu Lembang

tempat wisata liburan

Foto: detik

Buat Mommies yang berdomisili di Bandung atau memang merencanakan libur sekolah di Bandung pasti sudah tak asing dengan Farmhouse Susu Lembang. Daya tarik dari Farmhouse Susu Lembang salah satunya karena menawarkan konsep suasana ala Eropa.

Untuk harga tiket masuk juga tergolong murah, yaitu mulai dari Rp35.000. Mommies bisa merogoh kocek cukup dalam untuk menyewa kostum yang berkisar antara Rp85.000 – Rp135.000.

7. Taman Foto Bandung

Butuh wisata gratis di Bandung? Coba datang ke Taman Foto Bandung deh. Bandung memiliki sejumlah taman menarik untuk didatangi anak-anak, salah satunya adalah Taman Foto atau Taman Fotografi.

Nah, disana ada banyak fasilitas yang ditawarkan, seperti taman bermain anak, akses Wifi, dan kursi-kursi yang bisa dipakai untuk bersantai.

8. Tebing Koja

tempat wisata liburan

Foto: Tangerang News

Daerah Tangerang, khususnya yang ada di area Maja juga menyimpan destinasi wisata liburan sekolah yang super murah. Dibalut dengan pemandangan hamparan sawah dengan padi yang menguning, lokasi wisata Tebing Koja yang merupakan bekas tambang pasir ini sangat cocok buat tempat foto-foto.

Cukup membayar tiket masuk Rp5 ribu, Mommies dan keluarga bisa menikmati suasana tebing yang menjulang tinggi sambil berfoto-foto.

BACA JUGA: Lahir di Era Digital, Ini 5 Tantangan Orang Tua Membesarkan Gen Alpha

Penulis: Imelda Rahma

Cover: pch.vector on Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan