banner-detik
PARENTING & KIDS

Atasi Hidung Tersumbat, 7 Alat Penyedot Ingus Ini Solusinya

author

Mommies Daily03 Jun 2024

Atasi Hidung Tersumbat, 7 Alat Penyedot Ingus Ini Solusinya

Alat penyedot ingus bisa menjadi alternatif untuk mengatasi pilek pada bayi. Lalu, apakah aman jika sedot ingus bayi dilakukan? Cek jawabannya di sini!

Berbeda dengan orang dewasa, sistem imun bayi belum berkembang sempurna. Oleh karena itu, bayi jadi lebih gampang terkena penyakit, salah satunya terserang pilek. Saat mengalami pilek, biasanya bayi jadi susah bernapas karena hidungnya tersumbat ingus sehingga tidurnya tidak nyenyak dan jadi lebih rewel pada malam hari.

Ketika anak mengalami pilek sampai susah bernapas pastinya membuat orang tua khawatir dan ingin segera menyembuhkan pileknya dengan cara yang efektif dan aman. Salah satu cara yang bisa Mommies lakukan adalah dengan menggunakan alat penyedot ingus bayi yang bisa membantu bayi bernapas lebih aman dan bebas. Alat ini juga direkomendasikan oleh Dokter Anak, terutama jika pilek sudah sangat mengganggu kenyamanan bayi.

Alat sedot ingus yang berbentuk seperti balon dengan pipet yang terbuat dari karet lunak dan berukuran kecil ini sangat aman digunakan pada bayi di bawah usia 6 bulan. Penggunaan alat sedot ingus bayi ini juga bisa membantu tidur Si Kecil lebih pulas.

Bagi Mommies yang sedang mencari alat penyedot ingus bayi yang aman digunakan, berikut Mommies Daily berikan rekomendasinya.

Cara Menggunakan Alat Sedot Ingus Bayi yang Aman

Sebelum mengetahui rekomendasi alat penyedot ingus bayi, yuk, pelajari dulu cara menggunakannya yang benar.

  • Mommies harus cuci tangan sebelum menggunakan alat sedot ingus bayi
  • Sebelum memasukkan pipet ke lubang hidung bayi, pastikan Mommies memencet bagian balot dari alat penyedot ingus sehingga udara yang ada di dalamnya akan keluar
  • Sambil Mommies tetap mempertahankan posisi pencetan tersebut, masukkan pipet ke lubang hidung bayi secara perlahan
  • Saat dirasa pipet sudah berada di dalam lubang hidung, Mommies bisa melepaskan pencetan tadi sampai lendir pilek bayi tersedot ke dalam pipet maupun bagian dalam balon
  • Keluarkan alat sedot ingus dari lubang hidung bayi secara perlahan
  • Sebaiknya hindari memencet balon berulang-ulang saat berada di dalam lubang hidung bayi

Alat sedot ingus sangat aman digunakan untuk bayi jika dilakukan dengan benar. Sebab, jika tidak dilakukan dengan hati-hati akan melukai dinding lubang hidung bayi.

BACA JUGA: Bayi Kejang, Kenali Penyebab dan Tanda-tandanya

7 Rekomendasi Alat Sedot Ingus yang Aman untuk Bayi

Berikut 7 rekomendasi alat sedot ingus bayi yang aman lengkap dengan kisaran harganya.

1. Pigeon Nose Cleaner

alat penyedot ingus bayi pilek
Foto: e-commerce

Pigeon Nose Cleaner memiliki pompa karet dan sedotan silikon yang bisa menyedot ingus keluar dari hidung bayi. Ukuran sedotan silikonnya yang sudah disesuaikan dengan ukuran lubang hidung bayi, dijamin aman saat digunakan. Untuk membersihkan sedotan dan tutupnya, Mommies hanya perlu merendamnya dengan air hangat atau mendidih lalu cuci dengan sabun yang aman untuk bayi. Sedangkan untuk bagian pompa karet dibersihkan menggunakan air hangat dan sabun.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp89.500 – Rp141.000

2. Mothercare Nasal Aspirator

Foto: Mothercare

Alat sedot ingus yang satu ini merupakan salah satu jenis pembersih ingus manual yang bisa digunakan untuk bayi baru lahir dan bayi yang lebih tua. Mommies juga bisa menggunakannya tanpa bantuan listrik atau baterai. Untuk membersihkannya, Mommies hanya perlu memisahkan wadah dan ujungnya, lalu cuci dengan air hangat yang sudah dicampurkan dengan sabun.

Kisaran Harga: Rp169.000

3. Lucky Baby Nasal Aspirator

Foto: e-commerce

Lucky Baby Nasal Aspirator adalah alat penyedot ingus yang terbuat dari silikon, sehingga aman digunakan untuk bayi. Selain itu, alat penyedot ingus bayi ini juga mudah dilepas pasang untuk dibersihkan serta mudah dibawa bepergian karena bisa digunakan secara manual tanpa bantuan listrik.

Kisaran Harga: Rp39.900

4. Baby Safe Nasal Aspirator

Foto: e-commerce

Baby Safe Nasal Aspirator terbuat dari bahan bebas BPA sehingga sudah memenuhi standar keamanan alat perawatan bayi. Mommies bisa menggunakannya dengan cara memencet tabung yang terbuat dari silikon agar ingus masuk melalui alat penyedot. Setelah selesai, Mommies bisa membersihkannya dengan merendam ke dalam campuran air hangat serta sabun.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp32.000 – Rp57.000

5. Dr Isla Nasal Aspirator

Foto: e-commerce

Alat penyedot ingus elektrik ini memiliki empat tombol yang berfungsi untuk menyalakan, mematikan, mengontrol kecepatan, dan memutar musik. Selain itu, Dr Isla Nasal Aspirator juga dilengkapi dengan tiga jenis alat sedot silikon yang bisa membersihkan flu, ingus, dan ingus kering.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp699.000 – Rp899.000

6. YOUNG YOUNG

Foto: e-commerce

Alat penyedot ingus bayi YOUNG YOUNG bisa digunakan secara manual dan aman digunakan untuk bayi berusia 0-3 tahun. Setelah selesai menggunakan alat penyedot ingus ini, Mommies bisa membersihkan alat sedot dan pompa karetnya menggunakan sabun dan air hangat. 

Kisaran Harga: Rp40.250

7. Little Baby Premium Baby Nose Cleaner Aspirator

Foto: e-commerce

Little Baby Premium Baby Nose Cleaner Aspirator dilengkapi sistem anti-reflux yang berfungsi untuk menyedot ingus dengan maksimal sampai tidak akan kembali lagi ke hidung bayi. Alat penyedot ingus bayi ini terbuat dari silikon premium pada kepala aspiratornya sehingga aman dan nyaman saat digunakan.

Kisaran Harga: Rp49.500

BACA JUGA: MD New Parents 101: Sleep Training untuk Bayi 0-2 Tahun, Perlukah?

Penulis: Shandya Pricilla

CoverFreepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan