banner-detik
LIFESTYLE

Wajah Beruntusan Akibat Sinar Matahari dan Polusi, Ini Cara Mengatasinya

author

Mommies Daily27 May 2024

Wajah Beruntusan Akibat Sinar Matahari dan Polusi, Ini Cara Mengatasinya

Polusi udara yang meningkat dan paparan sinar matahari bisa menyebabkan wajah beruntusan. Simak cara mengatasinya di sini.

Beruntusan sering membuat kondisi kulit menjadi kasar dan tidak rata. Hal ini disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat karena adanya minyak dan kotoran. Minyak dan kotoran tersebut berasal dari polusi udara yang mengandung partikel-partikel berbahaya dan radikal bebas.

Kadar polusi udara yang semakin meningkat setiap harinya memiliki dampak besar bagi kesehatan kulit wajah manusia, karena berbagai polutan udara bisa memengaruhi kulit secara langsung dan meningkatkan risiko terjadinya berbagai masalah pada kulit. 

Beruntusan sering terjadi di area jidat atau kening dan menjadi salah satu masalah kulit wajah yang sering kali membuat seseorang jadi kurang percaya diri dengan penampilannya. 

Bagi Mommies yang sedang mengalami masalah beruntusan pada wajah, berikut Mommies Daily berikan beberapa tips untuk mengatasinya.

Tips Mengatasi Bruntusan pada Wajah

Berikut cara mengatasi beruntusan pada wajah yang bisa diikuti di rumah.

1. Rajin Membersihkan Wajah

Wajah yang bersih adalah kunci utama untuk menciptakan kulit sehat dan terhindar dari beruntusan. Mommies dianjurkan untuk mencuci muka setelah beraktivitas agar debu dan minyak berlebih di kulit terangkat. Mommies bisa mencuci muka 2 kali sehari menggunakan sabun cuci muka yang memiliki pH seimbang dan kandungan ringan.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Shampoo dan Vitamin untuk Rambut Kering dan Kusam, Mulai dari Rp10.000

2. Melakukan Eksfoliasi

Melakukan eksfoliasi wajah dipercaya mampu membersihkan wajah dan pori-pori kulit secara menyeluruh serta membentuk jaringan kulit baru, sehingga kulit terlihat lebih cerah. Eksfoliasi hanya boleh dilakukan sebanyak 2-3 kali per minggu atau seminggu sekali.

3. Menggunakan Produk yang Mengandung Retinoid

Kandungan retinoid akan membantu mencegah beruntusan ringan dan mengurangi produksi minyak berlebih di kulit. Sayangnya, retinoid akan membuat kulit Mommies lebih sensitif dengan sinar matahari. Oleh karena itu, Mommies harus tetap menggunakan sunscreen pada siang hari dan jika beraktivitas di luar ruangan. Bagi Mommies yang sedang hamil dan menyusui, tidak dianjurkan menggunakan produk yang mengandung retinoid.

Foto: Ron Lach on Pexels

4. Menjaga Kulit Tetap Lembap

Pelembap dapat meredakan beruntusan atau jerawat serta membuat kulit terlihat lebih segar. Mommies bisa memilih produk pelembap yang berlabel noncomedogenic untuk menghindari beruntusan pada wajah semakin parah.

5. Pakai Produk yang Mengandung Salicylic Acid

Kandungan salicylic acid dalam produk perawatan kulit dapat membersihkan pori-pori dan mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk di wajah. Produk yang mengandung salicylic acid juga dipercaya dapat menyembuhkan beruntusan.

6. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki kandungan polisakarida yang bisa mendorong pertumbuhan sel kulit baru. Kandungan gel bening yang ada di dalam lidah buaya juga membantu obat jerawat lebih efektif untuk menyembuhkan beruntusan. Kini, gel lidah buaya sudah banyak digunakan pada produk sabun, pelembab wajah, masker, lotion, dan salep.

7. Menangani Beruntusan dengan Masker Madu dan Kayu Manis

Madu dan kayu manis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Kedua bahan ini sering digunakan untuk menyembuhkan beruntusan dan mencerahkan wajah. Madu Manuka adalah salah satu jenis madu yang bisa digunakan sebagai obat alami jerawat. Sebelum menggunakan masker madu dan kayu manis, pastikan Mommies tidak memiliki alergi dengan kedua bahan ini agar tidak terjadi reaksi alergi.

BACA JUGA: Bikin Wajah Kencang, Ini 5 Manfaat Gua Sha hingga Rekomendasinya

Penulis: Shandya Pricilla

Cover: Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan